Inilah Kuliner Legendaris Martabak Kubang yang Terkenal

Posted on

ArenaWanita.com – Ada yang manis, ada juga yang gurih tinggal pilih mau yang mana. Inilah salah satu penganan yang telah begitu lama dekat dengan lidah warga Indonesia yakni Martabak. Adalah perdagangan antar bangsa yang mengantar martabak ke Nusantara dan Rumpu Melayu umumnya. Kata martabak sendiri sebenarnya berasal dari bahasa arab Kutabak artinya terlipat.

Berujuk pada martabak telur, hidangan ini memang lazim ditemukan di Negara-negara Timur Tengah dan India. Martabak telur atau martabak gurih asin sendiri ada berbagai macam jenisnya, seperti Martabak India, Martabak Aceh dan yang kali ini ada Martabak Mesir dari Minan.

Bilangan Tebet Jakarta Selatan menjadi salah satu tempat menu istimewa ini tersaji. Kedainya sudah ada sejak tahun 1971, masih dan terus ramai hingga kini menjadi bukti bahwa hidangan ini kaya citarasa dan kondang melegenda.

43 tahun lalu (alm) Hj Yusri Darwis menciptakan resepnya. Kala itu Yusri dan keluarga besarnya tinggal di desa Kubang, Kabupaten Limapuluh, Kota Sumatera Barat. Di Kubang pula mereka membuka kedai pertama. Lezat citarasa martabak desa mashyur kemana-mana, menjadi asal mula nama Kubang tersemat dibelakangnya. Kunci kelezatannnya sendiri berawal disini tak lain dapurnya.

Menjaga konsisitensi racikan rempah pamungkas diracik disini, melainkan terdistribusi dari 1 pintu didapur nan jauh dimata. Bubuk ini terbuat dari rempa-rempah khusus, pilihan dan takarannya teruji pengalaman. Dan cabai gunung memang tak main-main efeknya, nikmat dan menyengat. Saus ini terbuat dari campuran kecap manis, asam jawa, gula, gara, cuka dan bumbu pedas khas, juga irisan bawang bombay, tomat dan cabai rawit. Terbayang kan sedap segarnya.

Kuliner Legendaris Martabak Kubang

Daging cincangnya sendiri berasal dari bagian paha dan rusuk sapi. Sudah direbus sebelumnya daging dimasak lagi bersama bumbu. Tak kalah spesial racikan dagingnya berbumbu 19 belas jenis rempah. Antara lain cabai, bawang putih dan jahe, serta tak ketinggalan bubuk rempah andalan, menggunakan juga santan dan bawang merah. Diperlukan tenaga ekstra untuk membumbui sebanyak 40 kg daging sapi, caranya dengan didorong-dorong supaya daging terbumbui dengan merata.

Seperti martabak telur pada umumnya adonan kulit martabak mesir terdiri dari tepung terigu untuk roti, air, garam dan telur ayam negri. Menumisnya bukan dengan minyak, melainkan dengan menggunakan mentega. Bahan boleh sama, ukuran dan cara memasak pasti beda. Martabak mesir ini lebih kenyal, dibandingkan martabak telur biasa yang teksturnya lebih garing. Dan kulitnya mirip dengan roti Prata India, ditambah daging yang begitu pekat dan bumbu yang begitu enak.

Baca juga:

Martabak sedap makin mantap bertaur saus pekat dengan irisan bawang bombay, tomat dan cabai rawit. Sempurnakan citarasa otentik Martabak Kubang Teh Talua. Dalam bahasa Minang Talua artinya telur. Minuman ini memang campuran te susu dengan telur ayam kampung. Kolaborasi unik ini hadirkan citarasa manis gurih spesial. Berbonus segar karena ada campuran air jeruk nipis juga didalamnya. Ingin mencicip? tinggal pilih ke kedai yang mana, di Ibu Kota ada 5 cabangnya. Harga sajian berkisar 7 ribu sampai 47 ribu rupiah perporsia.

Kata Kunci Halaman Ini:

desa kubang kondang, martabak telur yang terkenal

Baca Juga: