Dibalik Cerita Kuliner Legendaris Nasi Ulam Misjaya, Simak Ceritanya

Posted on

ArenaWanita.com – Bicara tentang nasi ulam siapa yang tidak kenal dengan Nasi Ulam Misjaya. Nasi ulam misjaya sudah ada sejak tahun 1994. Rasanya yang nikmat membuat pelanggannya ketagihan. Harga satu posi nasi ulam misjaya berkisar seharga 14 ribu hingga 30 ribu rupiah tergantung lauk yang dipilih, ada bihun, dendeng manis, cumi asin, prekedel, bakwan udang, ayam, telur dadar, telur balado hingga semur tahu dan tempe.

Rasa nasi ulam misjaya sangat berbeda dengan nasi ulam yang lain, biasanya nasi ulam yang lain gurihnya karena taburan kelapa. Nah, kalau nasi ulam misjaya biasanya dengan taburan kacang tanah dan santapan semakin nikmat adalah kuah semurnya yang kuat dengan rasa bumbu serta aneka lauknya.

Resep nasi ulam misjaya diperolehnya dari pedagang nasi ulam keturunan Tionghoa yang dikenal dengan Jalan cek. Baru pada tahun 1972 mis jaya mengganti pikulannya dengan gerobak dan memilih untuk berjualan didepan Klenteng Toa Se Bio dikawasan Pecinang Glodok Jakarta Barat. Nasi ulam misjaya sangat khas, tidak seperti nasi ulam lainnya. Jika nasi ulam lainnya kering, nasi ulam misjaya basah diguyur kuah semur dan kaya akan rempah-rempah.

Proses pembuatan semur ini tidak sederhana yang dibayangkan. Bumbu misjaya terdiri dari kayu manis, salam, serai, garam, lengkuas, jahe, bawang merah, bawang putih, ketumbar dan lada yang telah dihaluskan. Bumbu-bumbu ini kemudian dimasukan kedalam minyak panas, aduk hingga bumbu menjadi matang dan harum. Setelah itu tambhakan kecap dan gula merah, misjaya tidak menggunakan terlalu banyak kecap agar rasa dari rempah-rempah tidak tertutup manisnya kecap.

Langkah selanjutnya adalah masukan telur dan kentang yang telah direbus bersama tahu dan tempe goreng. Beri air secukupnya dan jangan lupa untuk memberi bumbu penyedap biar tambah lezat. Biarkan kuah semur meresap pada telur, kentang, tahu dan tempe. Kunci kelezatan nasi ulam misjaya bukan hanya terletak pada semurnya, tapi juga pada taburannya.

Nasi Ulam Misjaya

Jika pedagang nasi ulam lainnya menggunakan serundeng kelapa, misjaya menggunakan kacang tanah goreng yang ditumbuk halus. Nasi ulam tidak lengkap tanpa prekedel kentang, prekedel misjaya terbuat dari kentang dieng pilihan yang berwarna kuning.

Nasi Ulam Misjaya Enak

Cara membuatnya cukup mudah, pertama kentang yang telah dikupas lalu dipotong-potong. Setelah itu goreng hingga setengah matang. selanjutnya tumbuk halus lada, ketumbar, kunyit, lengkuas, jahe, bawnag merah, bawang putih dan garam. setelah halus masukan sebutir telur dan aduk hingga rata. Bumbu-bumbu ini kemudian diaduk rata dengan kentang yang gtelah ditumpuk halus.

Baca juga:

Bentuk menjadi bulatan-bulatan kecil, lalu goreng hingga matang. Untuk melengkapi nasi ulam misjaya juga dibantu oleh anak dan tetangganya. Ada yang membuat bihun goreng dan adapula yang membuat dendeng goreng manis. Dalam sehari misjaya mampu menghabiskan 35 liter beras untuk membuat nasi ulam. Misjaya berdagang tiap hari mulai berjualan dari jam 4 sore hingga jam 11 malam. Berkat usaha dan kerja kerasnya misjaya mampu memperoleh omset 3 setengah juta rupiah semalam.

Kata Kunci Halaman Ini:

jem operasional nasi ulam misjaya, nasi ulam misjaya, Nasi Ulam Misjaya Jakarta Barat Daerah Khusus Ibukota Jakarta, resep nasi ulam, resep nasi ulam basah kacang tanah, resep nasi ulam betawi asli

Baca Juga: