Kuliner Legendaris Pecak Gurame Khas Betawi H Nasun

Posted on

ArenaWanita.com – Jakarta, kota metrpolitan dengan sejuta kisah dan serangkaian sejarah. Pernah berjuluk batavia ibu kota negara ini juga merupakan tempat bertemunya berbagai teradisi dan berbagai budaya. Semua berpadu dan bermetamorfosa didalamnya, juga senantiasa terjaga hingga kini. Teraplikasi dalam berbagai wujud temasuk pada ragam kuliner khasnya.

Terhidang dikawasan Jaga Karsa Jakarta Selatan, menu tradisional nan sedap melegenda Pecak Gurame salah satunya. Dari dulu sampai sekarang warung pecak gurame khas betawi ini masih ada ditempat yang sama, meskipun telah terjadi beberapa perombakan tapi bangunan aslinya masih dipertahankan hingga sekarang sebagai peninggalan legenda Hj Nasun.

Tersaji sejak tahun 1982 lezat nikmat pecak gurame (alm) Hj Nasun terjaga sampai hingga kini, sederhana namun kaya citarasa juga menjadi pemuas rindu bagi para pemburu kuliner tradisional. Menjadi sebagian dari alasan warung pecak gurame selalu ramai, gurih segar ikannya dan hangat sedap kuahnya tak pernah kecewakan siapapun yang menyantapnya.

Itu pula sebabnya menu ini memikat banyak pelanggan setia. Khas melegenda pecak gurame murni hasil racikan (alm) Hj Nasun dan sang isteri. Sepeninggal keduanya, anak cucu serta keponakan melanjutkan dinasti kejayaan ini.

Bicara rahasia kelezatan rentu semua kembali keresep warisan sang piuner, bahan dan bumbu semua masih terjaga sama. Rempah kuah terdiri dari jahe, kencur, kacang, bawang merah, cabe merah dan kemiri. Selain hadirkan lezat, jahe dan kencur dengan takaran mewah ini berkhasiat sajikan hangat dimulut juga diperut. Manjaga tekstur dan aroma aslinya bumbu-bumbu dihaluskan dengan cara diulek.

Kuliner Legendaris Pecak Gurame Khas Betawi

Kunci spesial lainnya tentu saja terletak pada bahan baku utama yaitu ikan gurame segar. Setiap hari kedai mengolah tak kureang 30 kg ikan. Megolah sesaat langsung setelah membersihkan, menjaga kesegaran dan manis alami ikan terasa hingga terhidang.

Gabus Pucung Haji Nasun

Pecak gurame kondang karena kuah andalannya gurih ringan santan ini tak lain berasal dari parutan kelapa pilihan. Proses terakhir mematangkan bumbu halus dengan santan, sampai mendidih dan juga sampai matang. Melihat proses panjang memasak ini kita tentu jadi tau kan rahasia lezatnya. Ya, kesetiaan dan kesabaran. Pecak gurame istimewa tersaji mulai 90 ribu rupiah perporsi utuh dan rasanya bagai mecicip Jakarta dalam sebuah dimensi yang berbeda. Sederhana namun tentunya kaya citarasa.

Baca juga:

Pecak gurame jadi andalan utama, warung Nasun sajikan pula berbagai hidangan khas betawi lainnya seperti Gabus Pucung spesial salah satunya. Ingin juga mencicip seporsi kisah kota jakarta ini? silahkan datang kapan saja mulai pukul 9 pagi hingga pukul 3 sore kecuali hari jumat ya! karena setiap jumat warungnya tutup. Selamat mencoba.

Kata Kunci Halaman Ini:

resep pecak gurame, gurame pecak, warung gurame pecak betawi