Kuliner Legendaris – Sate Goreng Pak Budi

Posted on

ArenaWanita.com – Berlokasi dikawasan Pondok Bambu Jakarta Timur, kedai satu ini hidangkan sate eksentrik dan melegenda. Bukan dibakar tapi sate ini digoreng, unik dan enak. Membuat sate goreng memikat banyak pecinta kuliner.


Bukan hanya dari seantara ibu kota, penggemarnya juga mengalir dari berbagai daerah lainnya. Bahkan sebagian besar telah tercatat sebgai pelanggan setia. Tersaji 30 tahun lalu sate goreng memang tak pernah gagal puaskan hasrat lezat pecintanya. Kedai sekaligus menjadi destinasi alternatif bagi para pecinta sate dan olahan daging kambing.

Sensasi bersantap berbeda ini berawal dari lantai 2 kedai. Dapur mengolah sedikitnya 5 ekor kambing setiap hari. Jumlah ini berlipat ganda saat liburan dan akhir pekan. Jangan salah bahan baku uatamanya bukan daging biasa. Hanya kambing berusia maksimal 4 bulan yang masuk kriteria. Salah satu rahasia hadirnya tekstur empuk dengan gurih khas menggoda.

Hingga kini pilihan bahan baku dan paduan bumbu serta cara pengolahan warisan Budi sosok penciptanya memang masih sangat terjaga. Kekhasan lain gurih istimewa datang murni dari daging, tak ada lemak atau gajih yang ikut serta. Daging ditusuk bukan untuk dibakar, melainkan untuk menjaga kwantitas alias takaran pas tiap porsi.

Warung Sate Goreng Pak Budi

Sate Goreng Pak Budi yang Enak dan Unik

Dari bahan dasar ini daging hasilkan 2 ribu tusuk sate perhari. Sebelum proses lebih lanjut daging disimpan sementara dilemari berbalok es besar. Pendingin khusus untuk daging membuat tekstur serta bahan baku utama segar terjaga, yang juga menjadi pembeda sate bukan berpelengkap saus kacang atau racikan kecap cabai dan bawang.

Melainkan hadir berselimut pekat lezat kuah gulai, nokkoh istilahnya karena kuah mewah berlimpah-limpah. Dalam takaran khusus bawang merah, bawang putih, jahe, laos, Kencur, kunyit, kemiri, pala, kapulaga, daun salam, dau jeruk, ketumbar dan cabai rawit merah berpadu didalamnya. Kayu manis turut serta menjadi sentuhan khasnya. Bumbu halus kemudian dimasak bersama santan dan daging, paru, babat serta tulang.

Kuliner Legendaris - Sate Goreng Pak Budi

Proses memasak lama dengan tungku kuali tanah membuat semua berpadu sempurna dan matang merata. Tahap pamungkas racikan dan penumisan. Proses ini berlangsung sesaat sebelum penyajian, sehingga kesegaran sudah pasti merupakan jaminan. Tekhnik hadirkan tekstur lembut dan empuk tercipta disini, dengan menclupan daging ke air nanas sebagai jurusnya. Dan pelumuran bumbu sebelum menggoreng membuat rasa terserap keseluruh bagian.

Baca juga:

Semua sudah kemudian proses tumis alias goreng. Gurih daging kambing, sedap rempah dan segar tomat serta rawit sontak menyerebak dalam sekejap. Dari aromanya sudah terasa enaknya. Setelah matang dan lengkap berarti. Sate goreng terhidang Rp 29.000,- / porsi. Kedainya memang buka sampai malam, tapi tak jarang di sore hari sajian spesial ini sudah habis tak bersisa. Kondang menjadi salah satu surga pecinta olahan kambing ibu kota, karena selain sate goreng kedai masih punya sederet menu istimewa lainnya.


Kata Kunci Halaman Ini:

gambar penyajian sate goreng, sate goreng kambing