Kuliner Legendaris Siomay Mang Dede

Posted on

ArenaWanita.com – Merupakan kuliner asal daratan Mongolia, menjadi satu dari keluarga dimsum paling populer didunia. Inilah hidangan istimewa yang di Indonesia tersaji beselimut saus kacang pekat. Siomay, banyak disuka banyak pula variannya, Salah satu yang melegenda Siomay Mang Dede namanya.

Kelezatan siomay Mang Dede berhulu sejak pagi masih dini, tepatnya saat Dede Suhana sang pemilik beserta isterinya meracik sendiri sajian spesial mereka. Aktivitas ini sudah berlangsung sejak awal tahun 2000-an.

Bumbu murni kolaborasi cabai dan kacang tanah. Tak ada tambahan bumbu lain selain campuran cabai dan kacang tanah. Cabai kering kualitas super pilihan sendiri senantiasa jadi pilihan, untuk menjaga mutu dan citarasa. Kacang disangrai juga diolah sendiri dari awal, agar kualitas dan kematangan terpelihara. Pemasakan bumbu berlangsung sekitar 2 jam. Pangkal dari lekat gurih spesial dan tekstur pekat yang jadi ciri khasnya.

Semakin dekat dengan waktu penyajian, bintang utama dipersiapkan. Kedai mengolah sedikitnya 60 kg tenggiri setiap hari. Ikan dipasok khusus langsung dari nelayan. Hanya tenggiri berobot 2, 5 sampai 3 kg yang masuk kriteria. Kurang dari itu, aroma kelembutan dan rasanya masih kurang. Lebih dari itu daging ikan justru akan terlalu kasar. Seluruh pengolahan berlangsung maksimal, agar bisa terasa kepekatan sesuia standar dan keinginan.


Selain ikan tepung sagu sebagai pelekat, juga didatangkan langsung dari pabrik, alasanya agar kenyal khas siomay tetap sama. Perkaya citarasa dan adonan ditambahkan daun bawang segar, telur, bawang putih, gula dan garam. Mang Dede memproduksi rata-rata 5000 siomay setiap hari. Semua untuk memasok 9 kedainya. Jumlah ini berlipat ganda bila datang pesanan khusus untuk resepsi, pesta dan lain sebagainya.

Siomay Mang Dede

Dedikasi dan proses memasak dari hati berbuah kedai yang tak pernah sepi. Salah satunya kedai yang berlokasi di Cikarang Bekasi. Penikmat sebagian besar adalah para pelanggan setia. Setelah mencoba semua sulit berpaling, karena kelezatan siomay sudah kadung lekat dilidah dan lengket dihati.

Harganya Rp 13.000 / porsi. Bisa memilih, tapi versi lengkapnya terdiri dari siomay, kol, kentang dan telur. Sebagai pecinta siomay, anda pasti pernah merasakan siomay dengan tekstur yang mulai dari kenyal sampai agak keras. Mulai dari bumbunya yang agak kental sampai terlalu encer.

Baca juga:

Tapi Siomay Mang Dede beda sekali, karena dengan kekenyalan tertentu mudah untuk memotongnya dan juga mengunyahnya. Ditambah lagi bumbunya dengan kekentalan yang pas, sehingga menikmati satu porsi siomay ini tidak membuat anda enek. Selamat Mencoba.