Kuliner Legendaris – Soto Ikan Gurame Cibinong Bogor

Posted on

ArenaWanita.com – Hidangan ikan berkuah biasanya berwujud sup atau pindang. Nah, kuliner legendaris ala kota Cibinong kabupaten Bogor Jawa Barat ini hadir sebagai variasi. Tersaji hangat dalam pekat kuah rempah berbaur segar bahan-bahan alami, plus level pedas yang bisa dipesan sesuka hati dan inilah Soto Ikan Gurame.


Sedap dan sungguh menggugah selera. Rasa asin berpadu pedas mendominasi soto ikan gurame ini, ditambah dengan tekstur ikannya yang lembut bercitarasa gurih dan tak ada bau amisnya sama sekali. Hanya satu kata saja yakni sedap.

Lezat istimewa semangkuk soto ikan gurame ini berawal di empang alias kolam yang terhampar tepat dibelakang restoran. Ya, bahan baku bukan ikan hasil belanja apalagi ikan beku, melainkan buah budidaya dan hasil tangkapan sendiri. Salah satu kelezatannya adalah ikannya yang segar, karena baru ditangkap setelah dipesan.

Selain gurame, didalam kolam ada beberapa jenis ikan lain seperti Ikan Mas dan Patin. Pasokan baru datang tiap 2 hari sekali. Dari kolam ini Gunadhi menjala sedikitnya 20 ekor ikan perhari, tak sembarangan ada spesipikasi tersendiri untuk tiap menu. Demi kesegaran ikan langsung dibersihkan. Ada tehnik khusus untuk menjaga kandungan gizi juga rasa gurihnya.

Kuliner Legendaris - Soto Ikan Gurame Cibinong Bogor

Ukuran akan sangat berpengaruh pada sajian secara keseluruhan. Nah, untuk menghilangkan aroma tanah dan amis yang mengganggu, rahasianya adalah dengan cara direndam dan diberi bumbu terdiri dari kunyit, jahe dan bawang putih. Memperkaya citarasa racikan soto ikan menggunakan aneka rempah, mulai dari bawang putih, bawang merah, kunyit, jahe, cabai rawit merah, jeruk nipis, salam dan serai.

Ciri khasnya belimbing wuluh yang juga hasil kebun sendiri. Takaran bumbu tergantung ukuran ikan, maka pengalaman sangat tentukan kelezatan. Proses menumis akan tajamkan citarasa, komposisi, temperatur serta lama memasak hasilkan tekstur lembut beraroma harum nan segar. Tak ketinggalan konsistensi, kunci dari terjaganya kelezatan sajian ini.

Hidangan spesial soto gurame hadir dari keinginan sederhana Ica Liliana sang pemilik hadirkan varian berbeda sajian ikan. Sejak sang vioner tiada, pengelola beralih ke putra pertamanya. Kesetian pada warisan leluhur membuat hingga kini, soto ikan menjadi menu pavorit rumah makan ini. Bahkan meski bukan resep tradisonal, soto ikan gurame sudah menjadi salah satu icon kuliner legendaris kota.

Belum termasuk pesanan khusus seperti untuk pesta dan resepsi, dalam sehari tersaji 10 hingga 20 porsi. Jumlah ini berlipat 2 bahkan 3 saat pekan liburan atau hari-hari besar tiba. Lezat dan jadi pilihan sajian sehat, tak heran kebanyakan pemesan juga sudah terdaftar pelanggan setia. Selain soto, restoran masih punya deretan menu lain yang akan puaskan para pecinta sajian ikan yakni Patin Bumbu Rujak misalnya. Juga tak ketinggalan tersedia pula menu khas tradisional yaitu Laksa Cibinong.

Kuliner Legendaris Laksa Cibinong

Kuliner legendaris berbahan ikan tersaji dengan harga beragam, untuk soto gurame mulai dari Rp 13.000,- per 100 gram atau per 1 ons ikan. Tinggal pesan sesuai kebutuhan selaras keinginan. Berlokasi disekitar akses utama kota Jalan Mayor Oking Ciriung Cibinong, rumah makan menyaji hidangan ini setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga pukul 9 malam.


Kata Kunci Halaman Ini:

gurame enak di cibinong, soto gurame, Soto gurameh, variasi kuliner soto gurami