Kuliner Legendaris Tengkleng Rica Solo

Posted on

ArenaWanita.com | Kuliner Legendaris Tengkleng Rica Solo Mengusung Moto The Spirit of Java atau jiwa dari peradaban Jawa, inilah kota sara tradisi nan kaya budaya Surakarta atau Solo. Kekayaan warisan leluhur teraplikasi pada berbagai seni kehidupan, sandang, papan juga tentunya pangan. Bila berkunjung ke Solo rasanya kurang lengkap kalau tidak mencicipi makanan khasnya yaitu tengkleng.


Kedai berjuluk sesuai menu utama dan nama pemiliknya, warung tengkleng Pak Manto. Menyaji sejak 25 tahun silam, ramai jauh dari kata sepi. Seporsi tengkleng dan Pak Manto punya racikan spesial lezat bersalut bumbu pekat. Dengan cita rasa gurih pedas menyengat inilah tengkleng rica.

Tengkleng merupakan sajian tradisional buah suliknya zaman. Warga tak sanggup membeli daging akhirnya mengolah tulang dengan berbagai cara, Manto kemudian menghadirkannya dalam varian berbeda. Seporsi tengkleng rica terdiri dari setumpuk penuh tulang belulang kambing muda bersalut daging dan berisi sum sum gurih.

Tersaji lengkap dengan irisan kol dan tomat, mantap dengan sensasi hangat nan sedap membuat kelezatan tengkleng rica sukses jadi favorit warga. Sensasi semangkuk tulang kian kondang, membuat wisatawan yang datang belum lengkap kalau tak mampir bertandang. Kunci kelezatan tak lain karena kesetiaan menjaga luhurnya warisan. Termasuk pertahankan kualitas bahan baku bumbu dan tehnik peracikan.

Untuk membuat kaldunya campuran bumbu dan campuran santan dicampur dan digodok selama 1 setengah jam untuk hasilkan tengkleng yang segar. Cara memasaknya masih tradisional, bukan karena tak ingin selaraskan zaman melainkan karena proses memasak lama dengan tungku arang membuat tekstur lembut istimewa dan bumbu meresap sempurna. Namun, tentunya ada trik istimewa dalam prosesnya. Butuh bara api yang besar dan juga sekitar 2 sampai 3 menit kuah santannya akan menguap. Tulang dan daging sebagai bintang utama wajib berkualitas prima.

Kuliner Legendaris Tengkleng Rica Solo Pak Manto

Hanya kambing muda yang masuk kriteria. Bagian kepala tidak sedikit pun ikut serta. Hasilnya semangkuk tulang dengan kelezatan yang melegenda. Ini dia yang namanya nikmat yang sampai ke sus sum tulangnya. Rasa seporsi tengkleng jumbo ini manis pedas dan gurih, tekstur dagingnya empuk dan lembut. Selain tengkleng rica, Manto masih punya sajian istimewa lainnya. Mulai dari sate buntel, tongseng kambing dan juga gulai. Semua lembut pekat lezat gurih menggoda. Semua tersaji mulai Rp 45.000 rupiah perporsi.