Kuliner Pindang Ikan Khas Kota Palembang Sumatera Selatan

Posted on

ArenaWanita.com | Kuliner Pindang Ikan Khas Kota Palembang – Di kota Palembang Sumatera Selatan, pindang ikan patin menjadi kuliner pilihan selain Pempek dan tekwan. Rasa pedas asam dan manis menyatu bersama ikan patin yang tebal.


Tidak sulit untuk menemukan rumah makan yang menyedikan ikan patin. Salah satunya adalah rumah makan pindang Musi Rawas. Nama rumah makan ini diambil dari nama kabupaten Musi Rawas di provinsi Sumatera Selatan. Musi Rawas berjarak 217 km dari kota Palembang.

Rumah makan Musi Rawas menyajikan makanan khas Sumatera Selatan. Menyantap pindang disini menjadi pilihan tepat, bagaimana rasa makanan khas Sumatera Selatan selain pempek yang sudah terkenal atau tekwan yang pejualnya bertebaran di seantero kota Palembang. Rumah makan Musi Rawas ini berlokasi dijalan angkatan 45 no 18. Menu andalan rumah makan Musi Rawas antara lain pindang brengkes tempoyak, ikan seluang dan udang sungai goreng.

Pindang adalah masakan berkuah asam pedas dan kaya bumbu bahan baku. Bumbu yang sering digunakan adalah sereh atau serey daun salam, daun kemangi, bawang merah, asam jawa dan cabai. Anda akan menemukan berbagai varian pindang disini, diantaranya pindang patin, pindang salai, pindang ikan baung dan pindang tulang dari iga sapi.

Rumah makan pindang Musi Rawas meniru pada penyajian pada rumah makan Padang. Pada zaman dulu, lauk disajikan pada berbagai piring siap santap. Kemudian pelanggan ditanya apakah ingin menambah menu lain yang belum tersaji di meja, terutama yang ditawarkan adalah pindang.

Pindang Musi Rawas

Pindang Musi Rawas

Bila berkunjung ke Palembang tentunya rumah makan yang satu ini jadikan wisata kuliner anda. Apalagi disaat berlibur bersama keluarga dan kerabat terdekat anda hmm selamat mencoba.

Pindang Ikan Baung

Olahan selanjutnya yang tak kalah nikmat adalah pindang ikan baung. Baung adalah salah satu jenis ikan sungai yang biasanya dijadikan sebagai bahan untuk membuat pindang ikan. Dikarenakan baung memiliki rasa daging yang gurih serta tidak terlau amis. Kelebihan ikan ini terletak pada tekstur pada dagingnya yang lembut dan tebal tanpa duri halus. Biasanya penikmat ikan baung dapat memilih pindang sesuai potongan bagian ikan yang disukai nya seperti bagian kepala, badan atau buntut.

Pindang Ikan Baung

Kuliner ini diolah dengan cara merebus air yang diberi racikan bumbu rempah yang terdiri dari cabe, bawang merah, bawang putih, lengkuas, kunyit, daun sereh, asam jawa,gula merah dan irisan nanas. Proses memasaknya pun tergolong sederhana potongan ikan dimasak dengan dilumuri air jeruk nipis terlebih dahulu dan direbus bersama kuah. Bila sudah matang, cara penyajiannya cukup dipisahkan antara kuah dan daging ikan baungnya. Saat  menu ini dipesan ikan disuguhkan dengan mangkok dan disiramkan kuah sehingga ikannya tidak hancur sementara kuahnya tetap hangat. Aromanya mantap dan bisa membuat rasa lapar muncul tiba-tiba. Lebih nikmat jika pindang Ikan Baung ini disajikan dalam keadaan hangat.

Baca juga:

Dengan harga tidak terlalu mahal sekitar Rp 15.000 / porsinya. Sedapnya menu unik pindang baung bisa membuat badan kembali menjadi segar. Cita rasa gurih asam pedas yang menawan dari kuah dan daging ikan yang lembut mampu menimbulkan sensasi tersendiri dilidah. Sejak awal disajikan menu ini sudah menggoda indra penciuman karena harum kemangi yang dipadukan dengan aroma campuran rempah dengan berbagai bahan tambahan lainnya. Bagi anda penggemar masakan pedas sambal terasi menjadi pilihan  yang makin mengundang selera saat menyantap pindang baung khas Sumatera Selatan ini. Selamat mencoba.


Kata Kunci Halaman Ini:

cara membuat pindang baung khas palembang, Cara memasak pindang ikan sluang khas palembang, pindang ikan ala kota palembang, pindang baung palembang, pindang baung, nama ikan yang biasanya dijadikan pindang, ikan khas sumatra, ikan khas musi, cara memasak pindang musi, pindang makanan khasa sumatra