Kumpulan Resep Masakan Untuk Lebaran dan Cara Membuatnya

Posted on

ArenaWanita.com | Kumpulan Resep Masakan Untuk Lebaran – Lebaran merupakan hari besar umat islam dimana semua keluarga berkumpul dalam satu rumah untuk saling bermaaf-maafan. Selain menjadi hari dimana semua orang saling bermaafan, lebaran merupakan hari untuk berkumpulnya semua masakan.


Pastinya di setiap rumah telah di sediakan berbagai macam menu masakan bukan hanya untuk keluarga Anda tapi juga untuk tamu yang sengaja datang di hari penuh berkah tersebut. Untuk itu kami berikan beberapa kumpulan resep masakan untuk lebaran yang pasti cocok untuk Anda sekeluarga.

Resep masakan yang pertama adalah opor ayam. Siapa yang tak kenal opor ayam, makanan yang berbahan dasar ayam ini telah menjadi masakan wajib saat lebaran tiba. Biasanya opor selalu dihidangkan bersama ketupat dan bawang goreng sebagai pelengkapnya. Resep dan cara membuatnya sangatlah mudah, pertama yang harus Anda lakukan adalah merebus ayam hingga empuk.

Kemudian panaskan minyak dan tumis bumbu halus, serai, lengkuas, daun jeruk, daun salam. Setelah itu masukan rebusan ayam kedalam bumbu bersama kaldunya. Masukan santan, aduk perlahan dan jangan sampai santan menggumpal. Masak perlahan hingga kuah menyusut dan bumbu meresap. Setelah itu opor ayam siap untuk di sajikan. Resep masakan yang kedua adalah tape ketan.

Bagi masyarakat yang tinggal di daerah jawa khususnya jawa tengah dan jawa timur, tape ketan telah menjadi panganan khas untuk lebaran. Selain cara membuatnya yang sangat mudah, bahan-bahannya pun terbilang murah. Yang harus Anda lakukan pertama kali yaitu mencuci beras ketan hingga bersih, kemudian rendam selama 12 jam. Setelah itu buang air rendaman dan cuci lagi hingga bersih sebelum di kukus selama 30 menit.

opor-ayam

Tuangkan diatas nampan, ini bertujuan agar tape cepat dingin, biarkan selama 2 jam. Siapkan wadah berpenutup, letakan tape di dasar wadah kemudian beri ragi, letakan tape lagi diatasnya kemudian beri ragi lagi, lakukan terus hingga memenuhi wadah, lalu tutup rapat. Biarkan selama tiga hari hingga proses fermentasi selesai, dan jangan pernah dibuka agar proses fermentasi berhasil.

Setelah tiga hari, tape ketan siap untuk dinikmati. Kumpulan resep masakan untuk lebaran yang terakhir adalah kacang bawang. Cara membuatnya terbilang yang paling mudah, Anda hanya menggoreng kacang yang sebelumnya dicampur dengan bawang putih dan garam.

Baca juga:

Itulah tadi tiga kumpulan resep masakan untuk lebaran dan cara membuatnya. Mudah bukan? Anda tidak perlu repot-repot kursus memasak dan Anda bisa mencobanya dirumah untuk disajikan saat lebaran nanti. Selain bahan bakunya yang mudah di dapat, masakan sederhana tadi bisa menjadi perekat hubungan Anda dengan keluarga. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua yang sebentar lagi akan merayakan hari besar idul fitri.