Kumpulan Resep Takjil Buka Puasa: Cara Membuat Kolak Pisang

Posted on

ArenaWanita.com | Kumpulan Resep Takjil Buka PuasaUdah tau caranya bikin kolak pisang? Nah kalo belum tahu resepnya dan cara membuatnya, jangan mengalihkan pandangan dulu ya dari kumpulan resep takjil buka puasa ini, karena disini akan dijelaskan tentang resep takjil buka puasa yang memang sudah sangat terkenal dan memang wajib ada di bulan Ramadhan ini. Yap, makanan itu adalah kolak.


Kolak ini adalah jenis makanan yang berkuah seperti bubur, tapi mempunyai berbagai macam jenis seperti kolak pisang, kolak buah, kolak umbi dan banyak lain sebagainya. Diantara jenis-jenis kolak tersebut, yang paling terkenal adalah kolak pisang. Belum tahu kan cara membuat kolak pisang ini? Karena itulah disni kita akan memberi resep dan cara pembuatan kolak pisang untuk anda sekalian.

Kolak ini sangat flexibel, bisa disajikan secara hangat maupun secara dingin. Sehingga bagi yang tidak suka dingin maupun hangat bisa dimodifikasi dengan cara-cara lain. Yuk kita langsung menuju ke resep dan bahan dasar pembuatan kolak ini.

Bahan-bahan dasar yang diperlukan untuk membuat kolak pisang ini adalah pisang, buah nangka, ubi kuning, dan santan kelapa. Agar lebih terasa manis dan gurih bahan-bahan seperti gula pasir, gula merah, daun pandan, fanili, dan santan siap saji.

Lalu bagaimana cara membuatnya dengan bahan-bahan tersebut? Santai dulu saja, di kumpulan resep takjil buka puasa ini semuanya akan dijelaskan dengan gamblang. Jadi tidak usah khawatir jika ada step yang miss, karena disini juga akan dijelaskan cara pembuatannya. Untuk membuatnya sebelumnya siapkan dahulu alat-alat yang dibutuhkan seperti kompor, panci dan alat-alat masak lain yang biasa dibutuhkan.

Takjil Buka Puasa

Setelah semuanya telah dipersiapkan dengan baik, mari kita lanjut ke cara pembuatan kolak pisang ini. Pembuatannya sangat mudah dan praktis jadi tidak perlu ribet-ribet nuggu waktu yang lama maupun ribet dengan step-step pembuatan. Untuk pertama-tama, rebus air dulu di kompor dan panci yang telah dipersiapkan. Campurkan ubi di air yang direbus tersebut, perebusan berakhir sampai ubi lunak. Setelah ubi dirasa telah lunak, masukkan gula pasir, gula merah, garam, fanili, santan, dan daun pandan kedalam panci rebusan air dan ubi. Kecilkan api kompor dan aduk secara perlahan.

Baca juga:

Setelah tercampur dengan rata, masukkan pisang yang sebelumnya telah diiris-iris secara serong. Setelah dirasa sudah cukup, berarti kolak pisang sudah siap untuk disajikan. Bagaimana? mudah sekali kan? Dengan kolak pisang anda dapat menikmati buka puasa bersama keluarga dengan nyaman dan tentunya sangat lezat dan dapat menjadi pelega dahaga sejenak untuk membatalkan puasa. Mungkin hanya sekelumit informasi tentang cara pembuatan kolak ini yang bisa kami sampaikan di kumpulan resep takjil buka puasa ini. semoga menjadi manfaat suatu saat dan selamat berbuka puasa.