Lagi Ramai Dibicarakan Soal Agamanya, Sosok Gajah Mada Juga Sering Disebut Mirip Pria Muslim Ini

Posted on

ArenaWanita.com – Sosok Patih Gajah Mada hari ini tengah ramai jadi bahan perbincangan. Itu berkaitan dengan agama yang diyakininya waktu itu. Terakhir, beberapa orang yakini, Gajah Mada adalah seseorang penganut agama Islam.

Bahkan juga, hari ini perbincangan itu berjalan ramai di media sosial, baik Facebook ataupun Twitter. Itu dapat dibuktikan dari sebagian aspek yang terakhir diketemukan. Salah satunya penemuan beberapa koin bertuliskan laa illaha ilallah di sekitaran sisa peninggalan Kerajaan Majapahit.

Oleh karenanya, terakhir beberapa orang berkeyakinan nama sesungguhnya dari Gajah Mada yaitu Gaj Ahmada. Walau sekian, hal tersebut pastinya sekarang ini masih tetap jadi pertanyaan, serta belum terjawab.

Tetapi, Gajah Mada memanglah adalah sosok yang cukup fenomenal di nusantara. Namanya di kenal karna cita-citanya menginginkan menjadikan satu semua nusantara dibawah panji Majapahit.

Meskipun, hingga sekarang ini hal tersebut juga masih tetap tersisa beberapa pertanyaan tentang lokasi mana saja yang telah takluk dibawah kekuasaan Majapahit saat itu. Namun paling tidak hal tersebut sudah buat seseorang tokoh, yang pelopor Sumpah Pemuda, M Yamin kagum.

Lagi Ramai Dibicarakan Soal Agamanya, Sosok Gajah Mada Juga Sering Disebut Mirip Pria Muslim Ini
Foto M Yamin

Bahkan juga, karena sangat terpesonanya, Yamin yang berdarah Minang, ikhlas lakukan riset yang cukup lama untuk mencari sosok muka Gajah Mada yang sesungguhnya. Pencariannya itu dikerjakannya di Trowulan.

Trowulan, Mojokerto adalah satu tempat yang diakui adalah sisa pusat Kerajaan Majapahit. Waktu tengah lakukan riset itu, Yamin juga temukan satu celengan yang dipercayainya jadi muka Gajah Mada.

Hingga, dia juga melukis lagi muka itu. Yakni muka seorang yang mempunyai sorot mata yang tajam, dan tulang pipi yang agak menonjol. Muka tersebut yang hingga sekarang ini diakui jadi muka Gajah Mada.

Walau sekian, terakhir hal tersebut juga kembali dipersoalkan. Sebab, ada beberapa pihak yang menuding, bila muka Gajah Mada yang sudah dilukis Yamin, serta dipakai hingga saat ini adalah ilustrasi dari muka Yamin sendiri.

Tak tahu pendapat mana yang benar, tetapi yang tentu hal tersebut hingga saat ini masih tetap memerlukan riset selanjutnya. Diluar itu, hal itu juga kembali pada semasing orang untuk menilainya, serta sama-sama menghormati pendapat satu dengan yanag yang lain. Bila menurut kalian, kurang lebih serupa tidak?