Langkah Ampuh Mengatasi Besi Berkarat

Posted on

ArenaWanita.com | Langkah Ampuh Mengatasi Besi Berkarat – Setiap rumah pasti memiliki pagar besi yang mengelilingi rumahnya atau hanya terletak di depan, samping atau belakang saja. Pagar – pagar besi ini adalah salah satu ornament rumah yang harus dirawat dengan baik dan benar.


Mengapa demikian? Itu dikarenakan pagar besi rumah mudah berkarat. Karat – karat ini disebabkan oleh factor luar seperti hujan, pergantian musim, panas dan lain sebagainya.

Oleh karena letaknya yang diluar sehingga mudah terkena faktor luar, anda harus segera mencari cara tepat untuk meminimalisir dampaknya supaya tidak semakin besar kerusakan akibat karatnya. Pada artikel ini penulis akan memberikan cara ampuh yang biasa digunakan untuk meminimalisir resiko dari karat pada pagar besi.

Sebelum membahas cara penanganannya anda harus mengetahui penyebab utama terjadinya karat pada pagar besi. Penyebabnya ada dua hal, yang pertama adalah reaksi oksidasi dan kedua adalah reaksi kimia. Penyebab itu didukung oleh 3 unsur lain seperti air, oksigen dan garam.

Dampak yang bisa anda lihat beragam, jika masih awal maka tidak terlalu tampak efeknya namun jika sudah lama maka anda bisa melihat dengan jelas dampaknya yaitu perubahan warna menjadi kecokelatan hingga besi tersebut rapuh.

Langkah Ampuh Mengatasi Besi Berkarat

Jika pagar besi rumah anda masih berada dalam zona kerusakan awal maka masih bisa  diperbaiki menggunakan cara – cara berikut, namun jika sudah dalam zona kerusakan akhir tentu harus diganti yang baru. Penanganannya membutuhkan alat dan bahan berupa cat besi dengan komposisi anti karat, ampelas besi, sikat kawat serta kuas.

Mengatasi Besi Berkarat

Adapun langkah – langkah yang harus anda lakukan antara lain, pertama ambil pagar besi yang berkarat tersebut lalu sikat. Jika sudah lakukan pengampelasan menggunakan ampelas besi sampai pagar besinya terlihat bersih. Selanjutnya, kalau anda melihat ada sisa kotoran baik berupa debu maupun minyak pada pagar besi itu maka bisa anda bersihkan memakai kain lap. Terakhir, anda tinggal melapisi besi yang telah anda ampelas bersih tersebut menggunakan cat berkomposisi anti karat sampai menutupi seluruh permukaan besi tersebut.

Baca juga:

Dengan melapisi besi menggunakan cat anti karat tentu akan berdampak pada pagar besi bisa lebih tahan lama terhadap cuaca yang tak menentu, perubahan musim dan gangguan luar lainnya. Pemilihan warna cat anti karat itu juga bisa anda jadikan aspek penting guna memperoleh nilai artistik rumah anda. Jika anda ingin memakai cat dasar maka anda bisa melapisi itu dan tunggu sehari, dan kemudian baru anda lapisi lagi dengan cat anti karatnya.