Makanan dan Minuman Pencegah Bau Mulut

Posted on

ArenaWanita.com | Makanan dan Minuman Pencegah Bau Mulut – Saat kita sedang berkumpul dengan rekan atau relasi bisnis tentu harus memperhatikan segala hal dalam diri kita. Salah satu permasalahan yang sangat penting untuk anda perhatikan adalah masalah bau mulut. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan bau mulut.

Faktor yang menyebabkan timbulnya bau mulut di antaranya adalah kebersihan serta kesehatan pada mulut anda. Selain itu adanya gangguan kesehatan, kegemaran anda yang sering merokok, serta makanan dan minuman yang anda konsumsi.

Seperti makanan yang beraroma tajam misalnya anda mengonsumsi bawang tentu akan menimbulkan nafas yang tidak sedap dan juga mengakibatkan bau mulut yang tidak sedap pula. Minum minuman beralkohol pun juga bisa menimbulkan bau mulut yang kurang sedap. Faktor makanan dan minuman yang anda konsumsi sifatnya hanya sementara terhadap bau mulut anda.

Tentu anda tidak menginginkan masalah bau mulut ini menyiksa anda bukan? Dengan masalah pada bau mulut anda tentu juga akan menimbulkan aktivitas dan interaksi anda dengan banyak orang pun juga akan terganggu pula. Anda bisa menghindari dan mencegah bau mulut yang terjadi pada anda.


Permen karet

Berikut ini ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu anda untuk mencegah dan menghindari bau mulut yang menyiksa anda ketika sedang melakukan aktivitas dan interaksi dengan banyak orang di tempat kerja atau dalam suasana apapun.

  1. Yoghurt

Kandungan dalam yoghurt terbukti ampuh dalam melawan bakteri-bakteri yang bersarang pada mulut anda. Dalam yoghurt terkandung vitamin D yang fungsinya membantu timbulnya pertumbuhan bakteri yang bersarang pada gigi. Anda bisa mengonsumsi yoghurt untuk mengatasi masalah bau mulut yang anda alami.

  1. Herbal

Bahan-bahan herbal terbukti juga bisa untuk menyegarkan napas. Anda bisa mengonsumsi peterseli, daun mint, kemangi, serta sparmin untuk mengatasi masalah bau mulut pada anda. Konsumsi herbal dapat langsung anda lakukan tanpa harus mengolahnya terlebih dahulu, misalnya dengan direndam di air hangat dan kemudian bisa anda minum. Selain untuk membantu mengatasi bau mulut, kandungan herbal juga mampu menjaga kesehatan pada sistem pencernaan serta memberikan sensasi kesegaran di perut anda.

  1. Sayuran dan buah kaya serat

Sayuran yang kaya serta membantu anda untuk merangsang produksi saliva atau air liur. Fungsi daripada saliva ini adalah membersihkan sisa makanan yang tertinggal di mulut anda. Dengan mengonsumsiwortel atau apel akan membantu anda untuk membersihkan mulut anda dari sisa-sisa makanan yang anda makan dan juga sangat membantu untuk mencegah bau mulut.

  1. Permen karet

Dengan mengunyah permen karet, produksi saliva pada mulut anda akan meningkat dan sama halnya dengan makanan yang berserat akan membantu anda untuk mencegah bau mulut yang sangat mengganggu. Anda bisa memilih permen karet tanpa gula. Karena dengan adanya gula yang terkandung pada permen justru akan meningkatkan tumbuhnya bakteri di dalam mulut anda.

  1. Makanan dengan kandungan Vitamin C tinggi

Fungsi dari vitamin C yakni melakukan pencegahan terhadap bertumbuhnya bakteri serta menjaga kesehatan mulut. Dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya vitamin C akan mencegah timbulnya penyakit gusi berdarah. Penyakit tersebut merupakan pemicu utama dari munculnya bau mulut. Anda bisa mendapatkan vitamin C dari bahan-bahan alami seperti buah-buahan misalnya jeruk, tomat, dan lain sebagainya.

Baca juga:

Demikianlah beberapa jenis makanan yang dapat membantu anda dalam mengatasi masalah bau mulut. Dengan mengonsumsi jenis-jenis makanan di atas niscaya, masalah bau mulut yang anda alami akan berkurang dan interaksi anda dengan orang banyak akan semakin nyaman. Selamat mencoba.