Inilah Makanan Ibu Hamil Agar Anak Cerdas

Posted on

ArenaWanita.com – Kehamilan adalah masa yang cukup penting untuk menentukan kesehatan anak anda kelak. Makanan ibu hamil agar anak cerdas adalah salah satu hal yang harus anda perhatikan. Kecerdasan seorang anak memang dapat ditentukan oleh perkembangannya selama masa pertumbuhan.


Namun, apa yang anda lakukan selama masa kehamilan juga akan berpengaruh terhadap kecerdasan bawaan anak anda. Selain beberapa hal yang lazim dilakukan seperti memperdengarkan musik klasik kepada janin, anda juga perlu memperhatikan asupan nutrisi yang dapat mendukung kecerdasan bayi anda nantinya.

Selain itu, makanan ibu hamil agar anak cerdas dapat dilihat dari kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Beberapa nutrisi seperti omega-3, asam amino kolin, dan juga yang lainnya ternyata memang terbukti berpengaruh terhadap kecerdasan seseorang meskipun asupan itu diberikan sejak ia masih di dalam kandungan. Selain nutrisi untuk otak janin, terdapat juga nutrisi lain yang membantu kecerdasan melalui peningkatan daya tahan terhadap hambatan pertumbuhan.

Otak adalah sel yang selalu berkembang dan dipengaruhi oleh perkembangan dan pertahanan tubuh secara keseluruhan. Jika tubuh bayi di kandungan mampu memiliki pertahanan yang kuat dan perkembangan yang baik, maka otaknya pun akan berkembang dengan baik pula sehingga dapat terlahir kelak sebagai anak yang cerdas.

Makanan ibu hamil agar anak cerdas yang pertama adalah ikan. Di dalam ikan terdapat nutrisi yang sangat penting bagi tumbuh kembang otak anak. Nutrisi tersebut adalah omega-3. Nutrisi atau zat ini dapat diperoleh pada ikan salmon, tuna, dan sejenisnya. Kedua adalah telur. Kandungan asam amino kolin pada telur membuat calon anak anda kelak memiliki memori yang kuat dan akan membantunya untuk mengembangkan jaringan otak. Ketiga adalah sayur bayam.

makanan-ibu-hamil

Bayam kaya akan zat besi sebagai bahan pembuat sel darah merah. Jika sel darah merah yang dimiliki si janin berkembang dengan baik, maka sirkulasi oksigen di dalam tubuhnya pun akan lancar. Ini akan membuat otak janin anda mendapat asupan oksigen yang cukup dan pertumbuhannya menjadi semakin baik. Keempat, garam beryodium. Yodium berkaitan dengan IQ seseorang. Konsumsilah garam beryodium agar anak anda memiliki kecerdasan yang tinggi.

Baca juga:

Selain nutrisi yang sudah disebutkan, terdapat satu aspek lagi yang harus diperhatikan yaitu kekuatan pertahanan janin terhadap serangan bakteri dan radikal bebas. Selama masa kehamilan, sebaiknya anda mengonsumsi buah atau sayuran yang memiliki kandungan antioksidan tinggi. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar anak di dalam kandungan anda memiliki kekebalan yang kuat terhadap berbagai macam gangguan. Semua nutrisi yang diperlukan oleh janin di rahim adalah penting. Maka dari itu, cerdaskan diri dan janin anda dengan mengonsumsi makanan ibu hamil agar anak cerdas.