Makanan Penutup Unik Khas Jepang yang Mungkin Baru AW’ers Lihat

Posted on

ArenaWanita.com – Pecinta Manga, penyuka Harajuku dan penggemar Sakura pasti sudah tentu ingin mengunjungi negara yang satu ini. Ya, apalagi kalau bukan Jepang. Selain banyak tempat-tempat unik yang wajib dikunjungi, negara matahari terbit ini dikenal sebagai pusatnya jajanan atau kuliner-kuliner yang aneh ataupun tidak lazim. Mulai dari soda rasa belut, es krim rasa daging ataupun wafer dengan rasa wassabi.


Tetapi selain yang aneh dan tak lazim, Jepang juga mempunyai sejumlah makanan penutup atau desert yang unik yang sangat sayang anda lewatkan jika anda mengunjungi negera tersebut. Nah, kira-kira apa saja makanannya? Inilah informasinya dalam makanan-makanan penutup unik khas Jepang berikut ini.

Edamame Mochi

Kue mochi pastiny sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Kue ini juga kue yang tidak asing di Jepang, namun umumnya mochi di Jepang selalu diisi dengan pasta kacang merah. Tetapi berbeda dengan desert khasen daento hoku Jepang, disana terdapat desert unik yaitu edamame mochi. Dimanan kue mungil putih ini tidak diisi pasta kacang merah melainkan diberikan pasta kacang edamame diatas kue mochi.

Mochi edamame ini sendiri di Jepang disebut juga zunda mochi. Kue ini biasanya akan banyak dibuat saat musim panen edamame dan disajikan bersama dengan teh hijau. karena pembuatannya yang sangat mudah, kue ini biasanya selalu hadir disetiap rumah penduduk di kota Tohoku.

Edamame Mochi

Ice Cream Hotdog

Bagi anda para pecinta ice cream sepertinya wajib mencicipi dessert Jepang yang satu ini ice cream hotdog. Dari namanya pasti anda sudah tau bagaimana bentuk dari dessert yang satu ini. Tentunya menyerupai bentuk hotdog namun tidak dengan daging atau sosis dibagian tengahnya melainkan ice cream yang terletak dibagian tengahnya. Rasa ice cream hotdog sendiri merupakan kombinasi dari hangat dan dingin, dimana roti hotdog yang digoreng hingga memberikan rasa hangat. Sedangkan ice cream yang terletak dibagian tengahnya dibuat khusus dari susu khas Hokaido damn mewakili rasa dingin sebagai pelengkapnya.

Hmm, terbayang ya bagaimana rasanya sekaligus sensasi krimi berpadu dengan dinginnya ice cream dalam ice cream hotdog. Nah, bagi anda yang ingin mencicipi dessert unik ini anda harus mengunjungi daerah Kansa yang terletak dikota Osakka. Desa ini sendiri juga dikenal sebagai Amerika Mura atau desa Amerika, karena daerah ini merupakan wilayah hiburan yang sangat bergaya Amerika. Mulai dari jalanan, para penduduk hingga jajanan yang merupakan paduan Amerika dan Jepang. Jadi bagi anda yang ingin merasakan paduan Amerika dan Jepang silahkan mencicipi kuliner yang satu ini.

Ice Cream Hotdog

Maple Leaf Manju

Maple leaf manju merupakan dessert khas unik khas jepang lainnya yang juga merupakan kue mochi. Bedanya manju merupakan variasi kecil mochi dimana adonannya harus didiamkan terlebih dahulu sebelum dibuat. Nama maple leaf sendiri karena kue mochi yang satu ini dibentuk serupa dengan daun-daun yang berguguran di wilayah selatan Honshu Chugoku. Kue mochi ini umumnya diisi dengan pasta kacang merah, namun kini banyak isi tambahan yan bervariasi berupa buah dan coklat.

Kue yang juga dikenal dengan nama Momijhi manju ini diciptakan pada awal tahun 1400 Dimia Chima. Kue ini sendiri dibentuk sebagai lambang keindahan dari dedaunan dimia chima. Nah, jika anda ingin mecicipi kue ini anda bisa membelinya disepanjang pulau Dimia Chima. Karena kue iini biasanya sudah dikemas sebagai salah satu souvenir, dimana anda bisa membeli kue yang juga baru diproduksi hari itu juga.

Maple Leaf Manju

Uiro Permen Beras

Dessert unik berikutnya merupakan permen beras yang bernama uiro. Dessert unik ini sendiri berasal dari kota Nagoya yang terbuat dari beras uruchi atau beras non ketan dan gula. Cemilan yang dibuat dengan cara dikukus ini biasanya tersedia beraneka warna, mulai dari putih, hitam ,coklat, hujau serta merah muda sesuai dengan rasanya. Jika anda mencobanya uiro ini akan terasa manis dengan tekstur lembut dan kenyal. Bagi beberapa penduduk uiro dikenal sebagai gula tradisional yang dilestarikan oler beberapa generasi. Varian rasanya sendiri dari rasa original, stawberry, green tea, sakura hingga rasa cessna.

Uiro Permen Beras

Yaki Imo

Saat berlibur ke Jepang kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi strip food atau jajanan khas Jepang. Nah, salah satu jajanan yang wajib anda cicipi adalah sweet potato didaerah Kyushu. Daerah ini sangat terkenal dengan ubi jalarnya yang dipanggang ataupun digoreng dan memiliki rasa yang manis. Biasanya para penjual menambahkan bubuk wijen sebagai pelengkap rasa jajanan ini. Jajanan ini sendiri biasa dikenal dengan sebutan yaki imo dan biasanya dijual ditenda-tenda mobil dijalan-jalan daerah kyushu. Jadi bagi anda yang ingi menjelajah strip food di Jepang jangan lupa mencoba jajajnan manis yang satu ini.

Yaki Imo

Sudachi

Selain berbagai makanan penutup lain yang unik, di Jepang juga terdapat minuman jus asam uni yang dihasilkan dari sudachi. Sudachi sendiri merupakan nama buah jeruk yang mirip lemon atau jeruk nipis. Buah ini sendiri biasanya diolah menjadi jus asam dan digunakan sebagai bumbu makanan, biasanya digunakan untuk memasak mie, ikan ataupun sayuran. Selain itu sudachi merupakan bumbu standar yang digunakan dalam pembuatan soda dan alkohol di Jepang. Namun tidak ingin meminumnya langsung, anda bisa mencoba dessert yang diolah dengan menggunakan sudachi. Mulai dari es krim, mochi, pasta kacang ataupun mouse. Sudachi sendiri banyak dihasilkan di Shikoku yang merupakan pulau terkecil dari 4 pulau utama Jepang.

Sudachi

Nah, itulah beberapa dessert atau makanan penutup unik khas dari Jepang. Semoga informasi tadi bisa menambah wawasan kita tentang kuliner-kuliner unik diberbagai negara terutama di Jepang.


Kata Kunci Halaman Ini:

dizzert khas jepang, hidangan penutup ala jepang, makanan penutup jepang, resep kue uiro jepang, resep makanan penutup dari jepang, unik aneh makanan penutup