11 Makanan Perusak Kulit, No 1 dan 2 Pasti Sering Kamu Makan!

Posted on

ArenaWanita.com | Makanan Perusak Kulit – Makanan sangat penting bagi kesehatan, termasuk bagi kesehatan kulit. Mengonsumsi makanan yang tepat dapat membuat kulit menjadi lebih indah. Makanan yang tepat dapat menambahk nutrisi dan mineral bagi tubuh sehingga kecantikan kulit menjad maksimal.

Sayangnya, banyak orang yang tidak peduli dengan makanan yang dikonsumsi karena tidak tahu bahwa makanan memengaruhi kecantikan kulit.

Akibatnya, banyak orang yang salah makan tanpa memperhatikan kecantikan kulit. Apabila dicermati, mengonsumsi makanan bernutrisi dapat menjad perawatan kulit yang maksimal. Makanan dapat membantu mengatasi banyak masalah kulit, seperti jerawat, kulit kusam, kulit kering, dan sebagainya.

Namun, ternyata tidak semua makanan baik bagi kesehatan kulit. Ada beberapa makanan yang harus dihindari agar kulit tidak rusak. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk berhati-hati ketika memilih makanan agar tidak muncul masalah di kulit.

Apabila Anda penggemar beberapa makanan berikut ini, ada baiknya mulai dihindari. Makanan ini adalah makanan yang dapat merusak kulit indah Anda.

1. Gula

Makanan Perusak Kulit - Gula

Gula menempati urutan pertama sebagai makanan perusak kulit. Gula menyerang kolagen sehingga membuat kulit bernoda dan mudah keriput. Kebiasaan mengonsumsi banyak gula dapat meningkatkan kada gula di dalam darah yang merusak kolagen. Ancaman mengerikan dari gula adalah penuaan dini.

Apabila Anda penggila gula, ada baiknya mulai dikurangi. Alihkan peran gula dengan asupan gula dari makanan alami, seperti buah-buahan. Buah-buahan pun mengandung kadar glukosa alami yang justru baik bagi kesehatan.

2. Garam

Makanan Perusak Kulit - Garam

Garam memang baik sebagai pproduksi yodium. Namun, terlalu banyak mengonsumsi garam justru tidak baik bagi kesehatan kulit. Terlalu banyak mengonsumsi garam dapat menyebabkan retesi air dan menimbulkan kantong mata. Karena masalah itu, wajah Anda akan terlihat lebih tua. Garam membuat tubuh mengalami dehidrasi yang berdampak pada membengkaknya kulit bagian mata.

Garam yag berlebihan membuat enumpukan cairan di tubuh. Tidak hanya pad amata, bahkana bagian tubuh lain dapat pula membengkak. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mengurangi konsumsi garam sejak dini.

3. Tepung

Makanan Perusak Kulit - Tepung

Tepung terbuat dari hasil refinasi sehingga kurang baik untuk tubuh dan kulit. Tepung kurang memiliki gizi. Tepung yang bisamenghindarkan dari merusak kulit adalah tepung jenis whole wheat grain.

4. Alkohol

Makanan Perusak Kulit - Alkohol

seperti diketahui, alkohol tidak baik bagi kesehatan, termausk kesehatan kulit. Alkohol memberikan dampak negatif pada kecantikan kulit. Alkohol dapat membuat kulit menjaid kering dan kusam seperti tidak terawat. Selain itu, alkohol membuat kulit mudah berjerawat karena kelembaban kulit kurang akibat iritasi.

Perlu diketahui bahwa alkohol bersifat diuretik. Artinya, alkohol memicu urin kelura lebih sering daripada tidak mengonsumsi alkohol. Pengeluaran urin dalam jumlah banyak mengakbatkan dehidrasi yang menyerap kelembaban kulit. Kulit pun cepat berkerut dan memunculkan garis halus yang merusak keindahan kulit.

5. Kafein

Makanan Perusak Kulit - Kafein

Kafein membuat hormon adrenal meningkat sehingga produksi kortisol pun meningkat dalam tubuh. Hal ini membuat kulit menjadi tampak lebih tua dari usia sebenarnya. Efek diuretik membuat tubuh cepat mengalami dehdrasi yang membuat kulit menjadi keriput dan terlihat tua. Seperti yang diketahui, dehidrasi menyumbang besar dalam mempercepat proses penuaan.

Untuk menghindari kafein, ada baiknya beralh ke teh hijau yang kandungan kafeinnya hanya sedikit. Dapat juga mengonsumsi buah dan sayur yang membuat kulit lembab dan sehat.

6. Makanan Instan

Makanan Perusak Kulit - Makanan Instan

Makanan instan membuat aktivitas manusia menjadi lebih praktis dan menghemat waktu. Namun, makanan instan justru membuat kecantikan kulit berkurang drastis. Makanan instan mengandung garam ang membuat tubuh dehidrasi dan kulit pun kehilangan kelembabannya.

7. Makanan Berlemak

Makanan Perusak Kulit - Makanan Berlemak

Banyak ahli menyatakan bahwa lemak adalah musuh utama bagi kulit. Lemak menyebabkan peradangan pada kulit sehingga pori-pori kulit menjad besar akibat tertutup kotoran. Lemak juga pemicu utama jerawat di kulit. Agar efek peradangan berkurang, sebaiknya kurangi konsumsi lemak. Dapatkan lemak dari makanan yang sehat dan tidak berisiko peradangan.

8. Fastfood

Makanan Perusak Kulit - Fastfood

Selain makanan instan, fastfood adalah jenis makanan yang buruk. Jenis makanan ini merupakan semua jenis keburukan untuk kulit karena mengandung lemak, MSG dan sodium tinggi, dan terbuat dari berbagai macam  bahan kimia. Fastfood sangat rentan membuat kulit tampak buruk.

9. Cangkang Udang

Makanan Perusak Kulit - Cangkang Udang

Cangkang udang mengandung yodium yang tinggi. Seperti diketahui, yodium yang berlebihan justru berefek tidak baik untuk kulit. Yodium menyebabkan dehidrasi sehingga kulit menjadi kering dan muncul jerawat. Oleh karena itu, hindari memakan cangkang udang ketika menikmati udang.

10. Susu

Makanan Perusak Kulit - Susu

Susu memang tidak terlalu merusak kulit. Namun, beberapa olahan susu dapat membuat kulit bermasalah. Terlalu banyak mengonsumsi susu, khususnya susu skim, membuat kulit rentan terkena jerawat. Pada yang alergi, susu juga dapat menyebabkan gatal dan merah-merah.

11. Makanan yang Mengandung Glycemic Index Tinggi

Makanan Perusak Kulit - Makanan yang Mengandung Glycemic Index Tinggi

Pasta, kue, roti putih, dna sirup jagung adalah salah satu penyebab munculnya jerawat di kulit, terutama wajah. Apalagi bagi  orang yang memiliki wajah berminyak. Makanan ini mengandung glycemic yang tinggi sehingga dapat menyebabkan gula darah naik.

Demikianlah beberapa makanan yang dapat membuat kulit menjadi rusak. Ada baiknya apabila Anda mengurangi konsumsi makanan tersebut agar kulit Anda tetap cantik. Semoga bermanfaat.