Dibawah Ini Adalah Beberapa Jenis Makanan Pokok Pengganti Nasi

Posted on

ArenaWanita.com – 4 sehat 5 sempurna, itulah slogan untuk makanan sehat dan sempurna. Salah satu syarat makanan yang baik adalah mengandung karbohidrat. Karbohidrat digunakan tubuh untuk menghasilkan energi, sehingga kita dapat beraktivitas dengan normal.


Umumnya, sumber karbohidrat adalah nasi. Namun sebenarnya masih banyak sumber karbohidrat lainnya yang dapat digunakan sebagai pengganti nasi. Berikut aneka makanan pengganti nasi yang terdapat di seluruh Indonesia.

Sagu

Yang pertama adalah sagu, makanan pokok penduduk di Indonesia Timur ini biasanya tumbuh di daerah rawa-rawa atau daerah yang basah dengan air. Pohon sagu berbentuk seperti pohon palem, dan yang di olah adalah batangnya. Bagian dalam batang sagu diserut kemudian di ambi intisari nya. Intisari ini berbentuk bubuk atau tepung sagu yang kemudian dapat di olah menjadi makanan yang di sukai. Tepung sagu kaya akan karbohidrat atau pati, namun sangat miskin gizi lainnya.

Ini akibat kandungan tinggi pati didalam teras batang maupun proses pemanenannya. 100 gram sagu kering setara dengan 355 kalori. Didalamnya rata-rata terkandung 94 gram karbohidrat 0,2 gram protein, 0,5 gram serat. Selain itu juga mengandung 10 miligram kalsium, 1,5 miligram zat besi, lemak, karotin, yamin dan asam askorbat dalam jumlah sangat kecil. Sagu merupakan makanan pokok bagi masyarakat di Maluku dan Papua yang tinggal di pesisir.

Sagu diolah dan di makan dalam bentuk papeda atau bubur sagu. Papeda biasanya disantap bersama kuah kuning yang terbuat dari ikan tongkol atau ikan mubara yang di bumbui kunyit dan jeruk nipis. Selain diolah menjadi papeda, masyarakat Papua juga mengolah sagu menjadi sagu bakar sebagai makanan pengganti nasi. Sagu bakar biasa dimakan di waktu pagi atau sebagai camilan.

Sagu Makanan Pokok Pengganti Nasi

Sesuai dengan namanya bahan pokok sagu bakar adalah tepung sagu, yang kemudian ditambahkan dengan bahan-bahan seperti parutan kelapa dan garam. Sebelum dicampur biasanya sagu di encerkan dengan air terlebih dahulu. Lalu semua bahan itu di aduk sampai mengental dan adonan dimasukan kedalam batu phomo. Batu phomo ini berfungsi sebagai cetakan dan alat untuk membakar. Tidak perlu waktu lama untuk membakarnya cukup 2 menit saja, dan sagu bakar pun siap di hidangkan.

Singkong

Selanjutnya singkong, singkong adalah satu makanan pokok penduduk di beberapa daerah di Indonesia. Singkong merupakan umbi jalar yang dapat di olah menjadi makanan yang mengenyangkan. Selain diolah secara tradisional, tepung singkong juga dapat diolah secara modern untuk menghasilkan makanan yang menarik dan memiliki nilai jual.

Penduduk pulau Jawa khususnya masyarakat Gunung Kidul biasa mengkonsumsi singkong dengan beberapa macam olahan, salah satunya adalah tiwul. Cara mengolah singkong menjadi tiwul cukup sederhana, yaitu dengan mengupas singkong dan menjemurnya hingga kering. Masyarakat Gunung Kidul menyebut singkong kering ini sebagai gaplek.

Pada zaman dahulu gaplek di tumbuk dengan menggunakan lumpang batu hingga menjadi tepung singkong, dan seiring era zaman modernisasi gaplek juga bisa di giling dengan mesin penggilingan khusus. Tepung singkong kemudian diberi air dan diaduk hingga membentuk butiran –butiran kecil sebesar kacang hijau. Butiran-butiran kecil ini keemudian di kukus hingga 20 sampai 30 menit, sehingga jadilah tiwul yang siap disantap. Untuk memperoleh rasa yang lebih gurih, biasanya tiwul dikukus dengan menggunakan kayu bakar. Makanan tradisional pengganti nasi ini paling nikmat disantap jika masih hangat dengan ikan asin dan sambal bawang.

Singkong Makanan Pokok Pengganti Nasi

Nasi Jagung

Nah kalau makanan ini telah di abadikan menjadi salah satu judul lagu klasik, yaitu nasi jagung. Nasi jagung atau nasi empok adalah variasi nasi khas bagi masyarakat Madura. Nasi ini terdiri dari nasi putih yang di campur dengan biji jagung yang telah dimasak bersama dengan nasi. Nasi jagung sama dengan nasi putih yang biasa dimakan dengan lauk pauk lainnya. Cara membuat nasi jagung sendiri tidak terlalu rumit, hampir sama dengan memasak nasi pada umumnya. hanya saja komposisi beras yang di gunakan sedikit, sisanya menggunakan jagung yang sudah di tumbuk.

Nasi jagung ini muncul zaman penjajahan. Dahulu masyarakat terkendala membeli beras, sebab harga beras yang cukup tinggi. Jagung yang di gunakan membuat nasi adalah jagung yang sudah di keringkan, kemudian di pipil dan di tumbuk kasar. Nasi jagung biasanya di konsumsi dengan sayur urab, ikan asin goreng tepung, sambal terasi, kering tempe serta peyek teri. Biji jagung sendiri kaya akan karbohidrat, kandungan karbohidrat dapat mencapai 80% dari seluruh bahan kering biji jagung.

Nasi Jagung Makanan Pokok Pengganti Nasi

Mie

Yang terakhir adalah mie. Mie adalah salah satu jenis makanan yang paling popiler di Asia. Khususnya di Asia Timur dan Asia Tenggara. Menurut catatan sejarah mie pertama kali dibuat di dataran Cina sekitar dua ribu tahun yang lalu, pada masa pemerintahan dinastihan. Dari Cina mie berkembang dan menyebar ke Jepang, Korea, Taiwan dan negara-negara Asia Tenggara. Bahkan meluas sampai ke benua Eropa. Di benua Erupa mie mulai dikenal setelah Markopolo berkunjung ke Cina dan membawa oleh-oleh mie. Namun pada perkembangannya di Eropa, mie berubah menjadi pasta seperti yang kita kenal saat ini.

Mie Makanan Pokok Pengganti Nasi

Bahan mie adalah gandum, yang kemudian digiling halus hingga menjadi tepung putih halus yang biasa kita kenal dengan tepung terigu. Cara membuat mie cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan tepung terigu dengan garam ,air dan telur hingga menjadi adonan. Kemudian adonan di rol atau ditarik memanjang hingga tipis dan membentuk untaian. Untaian mie biasanya di simpan di lemari es dan di rebus terlebih dahulu sebelum di sajikan.

Baca juga:

Mie biasa disajikan dalam bentuk mie goreng atau mie rebus. Hanya saja untuk menemani dikala musim hujan, mie rebus lebih nikmat disantap dengan rasa yang cukup pedas. Hmmm nikmat kan.. Nah dengan seiring program pemerintah yang menganjurkan agar kita mengurangi konsumsi nasi gak ada salahnya loh kalau kita mencoba salah satu jenis makanan pokok tadi.


Kata Kunci Halaman Ini:

makanan pokok pengganti nasi, olahan sagu pengganti nasi, macam macam makanan khas pengganti nasi, nama makanan pengganti nasi dengan sagu, makanan pokok selain nasi, Cara mendapatkan makanan pokok, makanan pokok selain beras, bahan pengganti nasi tepung beras, bahan pangan pengganti nasi, yg bisa menjadi makanan pokok selain beras & sagu