Makanan Serat Terbaik Untuk Pencernaan Lancar

Posted on

ArenaWanita.com | Makanan Serat Terbaik Untuk Pencernaan Lancar – Salah satu menu makanan yang sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh kita adalah serat. Serat berguna untuk melancarkan pencernaan. Manfaat serat bagi kesehatan manusia diantaranya adalah menurunkan kolesterol, menurunkan lemak, serta racun yang terdapat pada tubuh dan juga mencegah terjadinya kanker usus besar.


Sayuran dan buah-buah mengandung serta yang sangat tinggi. Lalu buah dan sayuran yang bagaimana yang kaya akan serat? Di bawah ini akan disajikan makanan serat terbaik untuk pencernaan lancar. Semoga bermanfaat bagi anda dan mulai untuk mengonsumsi serat dalam tubuh anda.

Jagung

Jagung merupakan sumber energi sama halnya dengan nasi. Banyak mengandung karbohidrat dan kaya serat. Kandungan jagung sangat kaya vitamin serta antioksidan yang baik dan berguna untuk mencegah radikal bebas serta memperbaiki sel tubuh yang rusak. Jagung sangat baik untuk menjadi menu diet bagi anda yang ingin menurunkan berat badan.

Kedelai putih

Kedelai putih selain kaya serat juga merupakan sumber protein, zat besi, dan pottasium. Manfaatnya efektif dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Dengan memakan tempe atau tahu dan olahan kedelai lainnya kebutuhan anda akan serta sudah terpenuhi.

Kedelai hitam

Bahan makanan ini memang jarang dikonsumsi dan dijual secara langsung. Kedelai hitam merupakan bahan dasar pembuat kecap. Di dalam kedelai hitam terkandung nutrisi yang lebih banyak dibandingkan kedelai putih. Komposisinya terdapat 15 gr serar per mangkuk kedelai hitam. Selain itu juga kaya akan protein, flavonid yaitu suatu antioksidan kuat yang fungsinya melindungi dari berbagai efek radikal bebas.

Makanan Serat Terbaik Untuk Pencernaan Lancar

Kacang merah

Kacang merah sangat menyehatkan. Terutama bila anda sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan. Tidak hanya berserat, kacang merah juga bisa digunakan sebagai pengganti nasi, karena kaya akan protein dan zat besi. Kacang merah bisa diolah dengan dibuat sup, bubur, atau campuran pada es buah.

Alpukat

Alpukat kaya akan asam folat yang mengandung lemak sehat dan mampu menjaga jantung anda. Alpukat sangat kaya akan serat meskipun nampak lembut di mulut dan efektif untuk anda yang sedang menjalani program diet. Alpukat sangat baik untuk menurunkan kolesterol dalam darah dan mampu mengurangi resiko penyakit kardiovaskuler.

Beras merah

Beras merah lebih kaya nutrisi dibandingkan beras putih yang biasa kita konsumsi. Seratnya yang tinggi sangat baik untuk melancarkan pencernaan anda. Beras merah juga sangat cocok untuk anda yang sedang diet. Dengan mengonsumsi beras merah, maka akan terhindar dari resiko diabetes karena kandungan gula dalam beras merah lebih sedikit dibandingkan beras putih.

Edamame

Edamame adalah sejenis kacang kedelai hijau yang besar. Rasanya renyah. Dalam edamame terdapat kandungan serat dan protein yang tinggi dan juga zat besi seperti halnya kedelai biasa. Hanya dengan direbus dan langsung dimakan anda telah mendapatkan kebutuhan akan serat dalam tubuh anda.

Baca juga:

Demikian beberapa makanan serat terbaik untuk pencernaan lancar yang bisa anda konsumsi tiap harinya. Selain memenuhi kebutuhan akan serat, makanan-makanan di atas juga bisa mengurangi makanan yang berlemak dan sangat penting untuk menjaga kesehatan pencernaan anda.