Resep Makanan yang Dapat Mengurangi Berat Badan

Posted on

ArenaWanita.com | Resep Makanan yang Dapat Mengurangi Berat Badan –¬†Memiliki berat badan yang berlebihan tentunya bukan merupkan suatu kondisi yang menguntungkan bagi semua orang. Selain karena mengganggu penampilan, berat badan yang berlebihan ternyata juga dapat memicu datangnya penyakit.

Untuk itu, bila anda ingin memiliki bentuk tubuh yang ideal, konsumsilah macam-macam makanan yang dapat mengurangi berat badan berikut ini.

1. Jenis-jenis Buah-Buahan

Walaupun semua jenis buah memiliki kandungan serat, namun tidak semuanya yang memiliki serat dalam jumlah yang cukup banyak. Agar diet yang anda lakukan lebih manjur, konsumsilah apel fuji dan pir secara bergantian setiap hari. Kedua buah ini merupakan contoh buah-buahan yang berserat banyak yakni sekitar 4 sampai 5.5 gr. Sebagai variasi hidangan, anda bisa mengolah apel fuji dan pir menjadi jus, pie, puding, atau bisa juga dengan memakannya secara langsung.

2. Jenis Sayur-Sayuran

Selain buah, kandungan serat juga banyak kita temukan di dalam sayur. Serat sendiri memiliki efek untuk memberikan rasa kenyang secara cepat dan mempertahankannya dalam waktu yang lama, sehingga anda tidak akan merasa lapar lagi dan lagi. Jenis makanan yang dapat mengurangi berat badan dari kategori sayur-sayuran adalah jamur, bawang putih, tomat, paprika merah, kembang kol, dan kacang hitam. Semua sayuran tersebut memiliki kandungan kalori yang rendah sehingga cocok untuk anda yang sedang diet. Agar sajian lebih menarik, anda bisa mengolah bahan-bahan tersebut misalnya menjadi steak. Jamur yang memiliki cita rasa dan tekstur bak daging dapat digunakan sebagai bahan utama steak. Kemudian gunakan tomat, paprika merah, dan bawang putih untuk saosnya. Lalu rebus kacang hitam untuk dijadikan cemilan.

3. Bahan Makanan

Bila anda hobi memakan gorengan sedangkan tubuh anda sudah terlampau gemuk, kali ini cobalah mengganti minyak goreng atau mentega menjadi minyak zaitun untuk menggoreng gorengannya. Selain mengandung lemak HDL yang baik untuk tubuh, minyak zaitun juga berkalori rendah, memiliki antioksidan, serta bermanfaat untuk mencegah terjadinya peradangan. Selain minyak zaitun, keju juga memiliki manfaat sebagai makanan yang dapat mengurangi berat badan. Di dalamnya, terdapat kandungan asam linoleat yang berfungsi membakar lemak. Agar kesehatan anda tetap terjaga, konsumsilah keju maksimal 3 hari sekali saja. Sebab, ragi fermentasi dalam keju dapat membahayakan lambung bila dikonsumsi terlalu banyak.

Makanan yang Dapat Mengurangi Berat BadanBahan makanan yang baik untuk diet lainnya adalah quinoa. Ia adalah bijih-bijihan gandum yang baik digunakan sebagai pengganti nasi. Bila memakannya, anda akan merasa kenyang lebih lama dan ia tidak menyebabkan kegendutan. Agar menu makanan yang dapat mengurangi berat badan anda semakin lengkap, konsumsilah juga yogurt sebagai hidangan pencuci mulutnya. Ia memiliki kandungan protein, karbohidrat, dan lemak yang bila bersatu akan berkhasiat menjaga kestabilan kadar gula di dalam tubuh, sehingga rasa kenyang akan terjaga lebih lama.

Kata Kunci Halaman Ini:

resep makanan menurunkan berat badan, resep puding untuk menurunkan berat badan

Baca Juga: