Buah Dan Sayuran, Makanan Yang Mengandung Asam Folat Untuk Ibu Hamil

Posted on

ArenaWanita.comMakanan Yang Mengandung Asam Folat | Bagi ibu yang sedang hamil, menjaga janin agar tetap baik hingga kelahiran anak merupakan tanggung jawab yang tidak bisa ditolerir lagi, hal tersebut dilakukan demi menjaga si jabang bayi agar tetap hidup.

Akan tetapi, masih banyak ibu hamil yang melakukan kegiatan atau mengkonsumsi sesuatu yang dapat membahayakan janinnya seperti melakukan kegiatan yang berat-berat dan mengkonsumsi makanan yang tidak seharusnya.

Salah satu yang dibutuhkan oleh ibu hamil agar janin tetap sehat yaitu makanan yang mengandung asam folat. Asam folat adalah vitamin yang larut air, asam folat ini sama saja dengan vitamin b9 yang sangat penting untuk berbagai fungsi tubuh. Anak-anak memerlukan asam folat untuk memproduksi sel darah merah dan mencegah anemia.

Karena asam folat berguna untuk memproduksi sela darah merah dan mencegah anemia, berarti untuk ibu hamil, asam folat bermanfaat agar ibu hamil tidak mudah lelah, lesu, lunglai, letih, dan lain-lain, sehingga janin bayi ibu hamil akan tetap terjaga dan sehat.

Namun, disarankan bagi ibu hamil yang ingin memenuhi kandungan asam folatnya untuk tidak mengkonsumsinya dari obat-obatan lebih baik mengkonsumsi melalui makanan, karena banyak makanan yang mengandung asam folat diantaranya dari buah dan sayuran. Dengan mengkonsumsi dari buah dan sayuran akan lebih aman bagi ibu hamil dari pada obat-obatan.

Makanan Yang Mengandung Asam Folat Untuk Ibu Hamil

Masih banyak pula ibu hamil yang belum mengetahui sebenarnya apa saja sih buah dan sayuran yang mengandung asam folat. Sebenarnya tidak sulit untuk menemukan makanan yang mengandung asam folat dari buah dan sayuran, karena hampir semua buah dan sayuran mengandung asam folat. Akan tetapi hanya beberepa buah dan sayuran yang memiliki kadar asam folat yang tinggi. Dari buah ada :

  • alpukat
  • wortel
  • jeruk
  • tomat
  • labu
  • pisang
  • blewah.

Sedangkan dari sayuran ada sayur bayam, kembang kol, brokoli dan salad. Buah dan sayuran tersebut diyakini mengandung asam folat yang tinggi dan aman dikonsumsi untuk ibu yang sedang hamil guna mencegah kekurangan sel darah merah dan mencegah anemia. Ternyata tidak hanya buah dan sayuran saja yang mengandung asam folat yang tinggi, ada juga makanan yang mengandung asam folat selain buah dan sayuran seperti, kacang-kacangan.

Baca juga:

Kacang-kacangan tidak hanya mengandung asam folat yang tinggi akan tetapi juga nutrisi lainnya untuk ibu hamil seperti kalsium, vitamin D dan juga protein. Dalam beberapa kacang saja mengandung sekitar 180 mikrogram asam folat, jumlah tersebut hampir setengah dari jumlah asam folat harian yang dibutuhkan ibu hamil. Semoga dengan adanya artikel ini, para ibu hamil dapat mengetahui makanan apa saja yang mengandung asam folat dan selanjutnya untuk dikonsumsi guna mencukupi stamina anda pada saat hamil.

Baca Juga: