Makanan yang Mengandung Kalori Tinggi Untuk Anak

Posted on

ArenaWanita.com | Makanan Yang Mengandung Kalori – Usia 2-8 tahun adalah masa emas pertumbuhan dan perkembangan anak. Dalam tahap ini anak membutuhkan asupan nutrisi yang seimbang bagi tumbuh kembangnya. Kekurangan nutrisi dalam masa ini akan menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan anak melambat.


Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG), kalori yang harus dipenuhi tiap hari bagi anak usia 2-3 tahun adalah 1000-1400 kalori bagi anak laki-laki dan 1000-1200 kalori untuk anak perempuan, sedangkan anak usia 4-8 tahun membutuhkan 1400-1600 kalori untuk anak laki-laki dan perempuan.

Nilai AKG ini akan lebih tinggi pada anak dengan aktifitas yang lebih tinggi (hiperaktif). Memilih makanan bergizi seimbang untuk balita mungkin sulit bagi sebagian Ibu. Khususnya jika anak mengalami masalah nafsu makan.

Solusi yang dapat diterapkan dalam kasus ini adalah dengan menambahkan jenis makanan yang mengandung kalori tinggi yang disukai anak-anak pada makanan utama atau snack. Dengan begitu nilai AKG per hari dapat tercukupi.

Jenis Makanan Berkalori Tinggi dan Penyajiannya.

Anak tertarik pada makanan dengan rasa yang enak dan penampilan yang menarik. Anak-anak usia 2-8 tahun juga tertarik pada kue atau snack dibandingkan makanan biasa. Cobalah menambahkan jenis makanan yang mengandung kalori tinggi pada snack atau makanan yang disukainya.

Makanan yang Mengandung Kalori Tinggi Untuk Anak

  • Keju : keju adalah jenis makanan yang disukai oleh anak-anak, khususnya ketika menikmati snack. Keju mengandung protein tinggi, lemak, dan vitamin-vitamin yang berguna bagi anak. Usahakan selalu tambahkan atau gunakan keju sebagai pelengkap makanan anak, seperti menambahkan keju pada roti, atau buatlah snack berbahan dasar keju seperti cheesecake.
  • Telur : telur biasanya dikonsumsi dengan cara direbus atau digoreng. Apabila disajikan dengan cara digoreng, gunakan minyak zaitun untuk manambahkan nilai gizinya. Campurkan telur pada makanan favorit anak, misalnya pada pasta.
  • Daging dan turunannya : daging digunkan sebagai sumber asupan protein. Anak-anak biasanya mudah mengonsumsi makanan jenis ini. Olahan daging pun bermacam-macam sehingga ibu dapat memvariasikan menu makanan tiap hari. Sebagai contoh, buatlah yogurt susu coklat yang disukai anak-anak. Siapkan juga bakso daging buatan anda atau ayam goreng keju sebagai menu makanan.
  • Sayur dan buah : anak biasanya sulit mengkonsumsi sayuran. Buatlah snack dari bahan dasar sayur seperti keripik bayam atau kentang goreng. Untuk buah, anda bisa membuat milkshake dengan campuran buah dan es krim kesukaan anak.

Tips Mencukupi Kebutuhan Energi Anak.

Mencukupi kebutuhan energi harian anak memang menjadi tantangan tersendiri. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan membuat tiap suapan menjadi berarti. Berikut tips yang bisa anda gunakan untuk mencukupi kebutuhan harian anak.

  • Menambahkan makanan yang mengandung kalori tinggi dan kaya lemak seperti mentega, margarin, minyak (khususnya minyak zaitun), keju atau mayonaise. Lemak dibutuhkan untuk perkembangan otak pada usia 0-2 tahun.
  • Menyusun jadwal makanan terstruktur dengan jadwal snack untuk menghindari anak membeli snack diluar rumah.
  • Selalu memberikan makanan padat sebelum minuman. Hal ini bertujuan agar jumlah makanan padat yang dikonsumsi bertambah.
  • Hindari minuman berkalori rendah seperti jus buah atau air putih.

Kata Kunci Halaman Ini:

makanan anak tinggi kalori, makanan berkalori tinggi untuk bayi, makanan kalori tinggi balita, buah berkalori tinggi untuk bayi, makanan tinggi kalori untuk bayi, makanan yang mengandung protein tinggi dan kallori tinggi adalah untuk anak usia 2 tahun, cemilan tinggi kalori untuk anak, sup berkalori tinggi untuk balita, kalori tinggi untuk anak umur 2 tahun, makanan anak dengan kalori tinggi