Beberapa Jenis Makanan yang Mengandung Zat Besi Terbaik

Posted on

ArenaWanita.com | Makanan yang Mengandung Zat Besi – Zat besi merupakan salah satu jenis zat yang sangat diperlukan oleh tubuh kita. Zat besi berfungsi untuk memberikan tenaga dan energy agar kita bisa kuat dan semangat untuk beraktivitas setiap harinya.

Untuk itu, kandungan zat besi harus tercukupi oleh tubuh kita dalam setiap hari. Jika tubuh kita kurang zat besi, maka kita akan merasa cepat lesu, lemas dan bahkan bisa menjadi pusing sampai dengan gejala anemia. Ada banyak makanan yang mengandung zat besi yang bisa kita konsumsi dalam setiap harinya.

Namun juga harus dalam porsi yang sesuai. Kelebihan zat ebsi juga tidak baik untuk tubuh. Karena dapat menyebabkan kegemukan atau kelebihan berat badan.

Tidak hanya orang pada umumnya, ibu hamil juga sangat membutuhkan zat besi. Jika kandungan zat besi pada ibu hamil kurang, maka hal ini akan berefek pada kesehatan bayi di dalam kandungan ibu hamil tersebut.


Kekurangan zat besi akan memberikan pengaruh pada tumbuh kembang sang bayi dan juga berpengaruh pada kecerdasan bayi tersebut. Maka itu mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi secara cukup sangat dibutuhkan.

Makanan yang Mengandung Zat Besi

Diantara sekian banyak jenis makanan yang mengandung zat besi, berikut ini merupakan makanan yang memiliki kandungan zat besi yang paling baik. Diantaranya adalah :

  • Bayam. Masih ingat dengan film Popeye? Di film tersebut Popeye akan selalu makan bayam untuk mendapatkan kekuatan. Namun ternyata tidak hanya dalam film kartun saja, bayam ternyata memang benar-benar memiliki kandungan zat besi yang tinggi yaitu senilai 6,43 mg dalam satu gelasnya. Selain itu bayam juga memiliki kandungan lain seperti potassium, kalsium, dan vitamin A yang sangat baik untuk pembentukan otot tubuh kita.
  • Nasi. Nasi putih merupakan salah satu jenis makanan dengan kandungan zat besi terbaik, yaitu senilai 7,97 mg dalam setiap satu gelasnya. Lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan bayam. Tidak hanya itu saja, nasi putih ternyata juga memiliki kandungan zat mangan yang juga tinggi. Sehingga tak heran jika nasi putih dijadikan sebagai makanan pokok bagi orang asia.
  • Kacang Merah. Tidak hanya nasi dan bayam, kacang merah juga ternyata memiliki kandungan zat besi yang cukup baik. Yaitu 5,2 mg dalam setiap gelasnya. Selain zat besi, kacang merah juga kaya akan kandungan protein, serat, dan vitamin C untuk tubuh.

Baca juga:

Ketiga jenis makanan tersebut merupakan jenis makanan yang mengandung zat besi terbaik untuk tubuh kita. Konsumsi zat besi secara rutin setiap harinya akan sangat bermanfaat untuk menjaga energy dan semangat kita dalam menjalani rutinitas. Karena kekurangan konsumsi zat besi juga bisa membahayakan bagi kesehatan. Terutama bagi ibu hamil yang membutuhkan lebih banyak kandungan zat besi untuk bayi dalam kandungannya.