Hindari Beberapa Makanan Yang Menyebabkan Kulit Tidak Sehat Berikut Ini

Posted on

ArenaWanita.com – Memiliki kulit bersih, indah dan sehat adalah dambaan bagi setiap orang. Berbagai carapun dipilih banyak orang untuk mendapatkan kulit bersih dan sehat. Diantaranya dengan menjalani perawatan skin care atau dokter kulit. Padahal, kesehatan kulit hanya ditentukan oleh rutinitas perawatan, namun juga oleh asupan makanan setiap hari.


Terdapat sejumlah makanan yang harus dihindari jika seseorang ingin memiliki kulit sehat, makanan-makanan tersebut memiliki kandungan zat yang juga dikonsumsi belebihan akan tidak baik untuk kesehatan kulit. Dan, kali ini ArenaWanita.com telah merangkum sejumlah makanan yang ternyata dapat menyebabkan kulit tidak sehat. Berikut informasinya.

  • Kerang – kerangan  

Bagi anda yang gemar seafood berhati-hatilah, karena ada sejumlah jenis hewan laut yang juga dikonsumsi bisa menyebabkan kulit tidak sehat. Ya, jenis kerang-kerangan seperti kerang termasuk juga udang, kepiting dan lobster memiliki kandungan yodium tinggi. Kandungan yodium memang dibutuhkan tubuh, tapi jika dikonsumsi secara berlebihan bisa mengganggu kondisi kulit. Menurut pakar kesehatan kulit, mengkonsumsi yodium secara berlebihan bisa menyebabkan dehidrasi serta munculnya jerawat.

Tak hanya kelebihan yodium, devisi asoandium juga bisa menyebabkan masalah pada tubuh seperti keterbelakangan mental, kenaikan badan tidak normal, berkurangnya kesuburan, kulit kasar dan lesu. Belum ditetapkan berapa jumlah yang tepat dari yodium untuk kebutuhan harian tubuh. Namun, juga dikira-kira kisarannya antara 0,04 hingga 0,01 ml gram perhari. Jadi jika ingin memiliki kulit yang sehat, seseorang harus membatasi atau menetapkan takaran makanan yang mengandung yodium seperti halnya kerang-kerangan.

  • Roti Tawar

Meski mengandung karbohidrat tinggi yang baik untuk tubuh, namun taukah anda jika mengkonsumsi roti secara berlebihan bisa mengganggu kesehatan kulit. Roti dianggap sebagai makanan yang bisa menyebabkan kulit tidak sehat karena mengandung indeks glikemik tinggi. Artinya makanan ini dapat meningkatkan kadar gula dalam darah yang juga mempengaruhi kulit. Makanan ini juga kerap dikaitkan dengan munculnya jerawat. Roti putih telah disempurnakan dengan menggunakan gula, yang dapat meningkatkan kadar insulin dalam tubuh.

Hal inilah yang mengakibatkan peningkatan testosterone hingga mengarah pada timbulnya jerawat. Untuk indeks glikemik itu adalah ukuran kecepatan makanan diserat menjadi gula darah. Semakin tinggi indeks glikemik suatu makanan, maka semakin cepat dampaknya terhadap kenaikan gula darah. Dan bagi para penderita diabetes, namun tetap mengkonsumsi makanan dengan indeks glikemik tinggi itu akan membuat kulitnya akan terlihat pucat.

makanan-yang-menyebabkan-kulit-tidak-sehat

  • Makanan Yang Digoreng

Makanan lain yang dianggap bisa menyebabkan kulit tidak sehat adalah gorengan atau makanan yang digoreng. Makanan ini cukup banyak disukai orang karena dianggap sebagai cemilan murah meriah. Namun, perlu diketahui makanan yang digoreng dapat menyumbat pori-pori, menyebabkan jerawat serta meningkatkan tingkat pengelupasan pada kulit. Tak hanya itu, makanan jenis ini lama dicerna serta dapat meningkatkan racun dalam tubuh, karena kaya akan lemak trans.

Jerawat adalah masalah kulit yang bermula ketika minyak dan sel-sel kulit mati menyumbat pori-pori. Ketika itu masuk kedalam pori-pori, jerawat itu kemudian menjadi membengkak dan kemerahan. Jerawat bisa menimpa siapa saja dan tidak ada seorang pun yang 100% tak pernah mengalami jerawat. Jerawat muncul ketika produksi sebum dari kelenjar minyak dilapisan kulit meningkat. Dan minyak bisa memicu hormon androgen yang menjadikan seseorang bertambah jerawatnya.

  • Telur

Telur memang memiliki kandungan nutirsi, vitamin, protein dan mineral yang bagus untuk tubuh. Dengan menggoreng sebutir telur saja, seseorang sudah mendapatkan asupan setara dengan 1 piring nasi. Namun demikian telur juga mengandung kadar kolestrol tinggi, karenanya menurut sebuah penelitian sangat tidak dianjurkan mengkonsumsi telur dengan jumlah banyak dalam 1 hari. Sperti ditulis strongfit.com, mengkonsumsi telur dalam jumlah banyak dapat meningkatkan kadar kolestrol dalam tubuh. Seperti diketahui 1 butir telur mengandung 200 ml gram kolestrol dan 5 gram lemak.

Penutupan kolestrol dalam tubuh dikhawatirkan akan menyumbat arteri atau aliran darah dalam tubuh. Bukan hanya itu, kadar kolestrol tinggi dalam tubuh juga akan menyebabkan kulit menjadi tidak sehat. Karenanya mereka yang mengidap kolestrol bisa dilihat dari warna kulit kekuningan, pucat, pembengkakan pada sebagian kulit serta terdapat bercak pada sekitar kelopak mata. Bukan hanya itu, mengkonsumsi telur secara berlebihan juga dianggap sebagai biang timbulnya bisulan, jerawat serta gatal-gatal.

Baca juga:

Demikianlah, beberapa makanan yang dapat menyebabkan kulit tak sehat. Semoga informasi tadi dapat bermanfaat bagi anda semua.


Kata Kunci Halaman Ini:

makanan sehatmakanan sehat dapat disempurnakan dengan