Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil yang Tersembunyi

Posted on

ArenaWanita.com | Manfaat Buah Alpukat Untuk Ibu Hamil – Menjaga kesehatan ibu dan janin merupakan suatu hal yang harus dijaga oleh ibu hamil. Banyak beragam cara yang dapat dilakukan untuk mewujudkannya seperti berolahraga, menjaga kebersihan, sampai mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.


Salah satu bahan makanan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan ibu dan janin adalah buah-buahan. Bahkan tidak jarang ditemui dokter kandungan yang merekomendasikan buah-buhan tertentuk untuk dikonsumsi, salah satunya adalah buah alpukat.

Daging buah alpukat yang berwarnya kuning mengandung vitamin dan mineral yang terdiri dari vit (B5, B6, C, E, & K), asalm folat, karotenoid, kalium, lutein, magnesium, dan serat. Melalui kandungan tersebut, apa saja manfaat buah alpukat untuk ibu hamil yang dapat diperoleh ?. Ikuti ulasan di bawah ini dan temukan jawabannya.

Buah alpukat yang memiliki nama lain avocado merupakan salah satu buah yang berasal dari benua Amerika tepatnya meksiko. Syarat tumbuhnya buah ini terbilang menarik karenamembutuhkan wilayah yang beriklim tropis sehingga tak heran jika buah ini juga dapat tumbuh di Indonesia. Berikut beberapa manfaat buah alpukat untuk ibu hamil :

Mengurangi dan Menghilangkan Rasa Mual

Meskipun belum ditemui adanya penelitian yang membuktikan bahwa buah alpukat dapat menghilangkan rasa mual, namun banyak ibu-ibu terutama di benua tempat buah ini berasal mengakui bahwa buah ini sangat ampuh untuk mengatasi problematika ibu hamil tersebut. Alasan ilmiah yang mungkin dapat menjelaskan hal ini adalah kandungan vit B6 di buah alpukat yang melimpah sehingga mampu menekan kelebihan asam lambung hingga ke kondisi normal.

Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil

Menjaga Kesehatan Kulit

Buah alpukat memang sudah dikenal memiliki khasiat yang baik untuk kulit. Ibu yang berada dalam proses kehamilan umumnya mengalami perubahan hormon dan berdampak pada kulit yang menjadi semakin sensitif. Oleh karena itu, kandungan vitamin E pada buah alpukat dapat melembabkan dan menjaga kecantikan kulit ibu hamil.

Memaksimalkan Pertumbuhan Otak Janin

Kandungan asam folat yang terdapat pada buah alpukat sangat bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan otak janin karena kebutuhan nutrisi tabung sarah serta spina bifida janin dapat terpenuhi dengan baik. Oleh karena itu, agar janin anda cerdas meskipun masih berada di dalam kandungan maka konsumsilah buah ini secara rutin.

Menyeimbangkan Kadar Gula Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa buah alpukat ternyata sangat dianjurkan untuk ibu hamil yang memiliki latar belakang penyakit diabetes minimal 1 buah/hari. Anda dapat mengonsumsinya secara langsung maupun mengolahnya menjadi jus.

Baca juga:

Meskipun banyak sekali manfaat buat alpukat bagi ibu hamil yang dapat diperoleh tetapi buah ini sebaiknya dihindari apabila ibu memiliki alergi lateks. Apabila anda tetap mengonsumsinya maka akan menyebabkan gatal-gatal di sekujur tubuh. Oleh karena itu, periksakan terlebih dahulu kondisi ibu hamil apakah memiliki alergi maupun kelainan lainnya atau tidak. Demikian informasi yang dapat kami sajikan dan semoga bermanfaat bagi proses kehamilan anda.


Kata Kunci Halaman Ini:

buah-buhan apa saja khusus ibu hamil