Manfaat Buah Alpukat Untuk Ibu Hamil

Posted on

ArenaWanita.com | Manfaat Buah Alpukat Untuk Ibu Hamil – Ibu hamil membutuhkan nutrisi yang baik, sehingga asupan makanan mereka juga tidak boleh asal-asalan dan harus bergizi. Makanan yang dikonsumsi haruslah yang mempunyai nilai gizi sempurna dan salah satu makanan yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil adalah buah. Buah dapat membantu ibu hamil untuk mendapatkan asupan makanan yang dibutuhkan oleh si janin.


Kandungan yang terkandung di dalam buah dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan janin yang ada di rahim dan dapat menjaga kesehatan baik ibu hamil ataupun janinnya. Salah satu buah yang baik bagi ibu hamil adalah buah alpukat.

Buah alpukat mengandung beberapa vitamin yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Disini kita akan membahas lebih detail dengan manfaat buah alpukat untuk ibu hamil.

Didalam buah alpukat terkandung zat asam folat yang tinggi, zat ini bermanfaat untuh menguatkan saraf bayi dan menurunkan resiko kelainan yang akan dialami oleh bayi seperti cacat. Asam folat ini adalah salah satu jenis vitamin yang bisa larut dalam air sehingga dapat tersimpan di dalam tubuh lebih lama dan merupakan bagian dari vitamin B kompleks.

Asam folat ini juga membantu ibu hamil dalam menjaga dan memproduksi DNA dan RNA agar sempurna serta mengurangi rasa mual yang sering melanda ibu hamil.

Manfaat Buah Alpukat Untuk Ibu Hamil

Besarnya manfaat buah alpukat untuk ibu hamil karena berdasarkan penelitian yang dilakukan di Amerika, bayi akan mengalami bibir sumbing, cacat pada saluran kemih, gangguan jantung dan cacat anggota lainnya jika bayi tersebut kekurangan asam folat. Kekurangan asam folat juga akan berdampak buruk bagi kesehatan ibu hamil karena akan mengakibatkan ibu hamil menjadi mudah lelah, mudah lupa, anemia, deperesi, dan susah tidur bahkan ibu hamil bisa terkena kanker pankreas. Hal ini disebabkan kekurangan asam folat sehingga janin harus mangambil cadangan energi ibunya.

Manfaat buah alpukat untuk ibu hamil selanjutnya adalah adanya lemak tak jenuh tunggal di dalam buah alpukat yang berguna untuk meningkatkan kadar kolesterol HDL dan menurunkan kadar kolesterol LDL  lemak tak jenuh ini juga dapat berperan sebagai suplemen atau penambah energi. Selain itu di dalam buah alpukat juga terkandung unsur kalium yang sangat baik bagi tubuh, unsur kalium ini dapat membantu menstabilkan detak jantung, menutunkan tekanan darah, membantu pembentukan sistem saraf pada janin serta melindungi bahaya dari serangan radikal bebas yang biasa menyerang sel-sel tubuh.

Baca juga

Selain itu manfaat buah alpukat untuk ibu hamil lainnya adalah kandungan zat besi dan tembaga yang terdapat di buah alpukat, kedua unsur ini dapat membantu pembentukan eritrosit atau sel darah merah sehingga dapat mencegah anemia. Adapula unsur magnesium dan kalsium yang dapat membuat tulang ibu hamil menjadi lebih kuat pada masa kehamilan. Semoga bermanfaat.


Kata Kunci Halaman Ini:

makanan untuk menguatkan detak jantung janin, makanan yg baik utk jatung bayi dlm kandungan, manfaat alpukat untuk menguatkan kandungan, makanan untuk jantung janin, makanan penambah detak jantung janin, makanan ibu hamil untuk jantung janin, makanan apa yg bagus buat detak jantung janin, makanan apa yang supaya denyut jantung janin kuat, tips menguatkan jantung bayi dlm kandungan, Buah untuk memperkuat detak jantung janin