Manfaat Buah Jambu Biji Bagi Kesehatan

Posted on

ArenaWanita.com | Manfaat Buah Jambu Biji – Salah satu buah khas negara – negara beriklim tropis adalah buah jambu biji. Buah yang sering disebut dengan jambu kelutuk ini memang tergolong banyak di Indonesia. Dan buah yang memiliki banyak biji didalamnya ini tidak sekedar enak untuk dimakan, namun juga banyak memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh.

Untuk mengkonsumsi jambu biji anda bisa memakannya secara langsung atau juga bisa diblender terlebih dahulu. Dan apa saja khasiat dari jambu biji tersebut? Berikut beberapa diantaranya:

  • Mencegah kanker – Jambu biji memiliki senyawa flavonoid dan vitamin C dengan kadar yang tinggi, sehingga jambu biji memiliki sifat antioksidan yang tinggi. Dengan antioksidan yang tinggi inilah yang membuat jambu biji dapat mencegah terbentuknya sel – sel kanker. Terutama kanker paru – paru, prostat, dan payudara.
  • Sebagai obat penderita jantung – Kandungan kalium pada jambu biji dapat membantu penderita jantung koroner untuk mengatur detak jantung agar lebih teratur.
  • Menurunkan darah tinggi – Selain untuk penderita jantung koroner, kalium dalam jambu biji juga berperan dalam menurunkan tekanan darah tinggi dan mengikat lemak jahat yang ada pada tubuh.
  • Menyembuhkan infeksi – Dengan vitamin c yang tinggi maka buah jambu biji dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh, sehingga dapat menyembuhkan flu atau radang lebih cepat.
  • Meningkatkan kinerja otak – Adanya vitamin B pada jambu biji dapat melancarkan sirkulasi darah pada otak, sehingga otak dapat bekerja lebih maksimal.
  • Mengobati sembelit – Di dalam buah jambu biji terdapat serat yang tinggi, oleh karena itu jika orang sedang mengalami sembellit, sebaiknya konsumsi jambu biji untuk memperlancarnya.

Manfaat Buah Jambu Biji Bagi Kesehatan

Dan satu catatan lagi bahwa jambu biji tidak dapat mengobati penderita demam berdarah. Namun, ada bagian pohon jambu biji yang dapat mengatasinya, yaitu daun jambu biji. Dengan meminum minuman yang dibuat dari daun jambu biji akan memberikan efek pada bertambahnya kadar trombosit, sehingga akan memberi kesembuhan pada penderita demam berdarah.

Baca juga:

Sekian penjelasan tentang khasiat buah jambu biji yang dapat saya sampaikan. Semoga menambah pengetahuan bagi anda dan terima kasih.

Baca Juga: