Manfaat Buah Pear untuk Ibu Hamil Sejak Zaman Dahulu

Posted on

ArenaWanita.com | Manfaat Buah Pear Untuk Ibu Hamil – Janin yang terdapat di dalam kandungan mendapat asupan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi oleh ibunya. Oleh karena itu, pola makan yang diterapkan oleh ibu hamil perlu untuk dijaga agar nutrisi yang diperoleh janin benar-benar sesuai dengan kebutuhan. Salah satu bahan makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil adalah buah-buahan.

amun buah yang memang sudah sejak zaman dahulu telah dianjurkan oleh Rasulullah saw kepada ibu-ibu hamil adalah buah pear. Rasulullah saw pernah bersabda, “berikanlah buah pear kepada ibu yang sedang hamil karena dapat mempercantik anak yang dilahirkan kelak”. Kemudian apalagi manfaat buah pear untuk ibu hamil yang dapat diperoleh ?, simak ulasannya di bawah ini.

Buah pear banyak mengandung antioksidan seperti asam hidroksi sinamat, beta-karoten, zea-xanthin, dan lutein yang disertai dengan vitamin A dan C sehingga baik untuk menangkal radikal bebas. Terdapat pula kandungan mineral yang baik untuk tubuh seperti zat besi, kaliun, magnesium, mangan, tembaga, serta vitamin B kompleks. Berikut manfaat buah pear untuk ibu hamil yang sudah dikenal sejak zaman Rasulullah saw dulu :

Menjaga Tabung Syaraf Janin

Buah pear mengandung asam folat yang sangat diperlukan oleh ibu hamil, terutama ketika trimester pertama kehamilan. Kandungan asam folat tersebut mampu mencegah gangguan pada tabung syaraf janin karena apabila mengalami gangguan maka akan berdampak pada risiko keterbelakangan mental janin dan terancam lahir secara premature.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin C yang terdapat di buah pear dapat membantu meningkatkan daya tahan ibu hamil. Melalui konsumsi pear tersebut akan membantu tubuh ibu hamil melawan serangan infeksi yang dapat menimbulkan gangguan kehamilan.

Manfaat Buah Pear untuk Ibu Hamil

Menangkal Radikal Bebas

Senyawa antioksidan yang tedapat pada buah pear sangatlah melimpah dan ampuh untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, senyawa antioksidan ini juga dapat menghancurkan sel-sel penyebab penyakit kanker seperti kanker prostat, rahim, usus besar, dan payudara. Oleh karena itu, mengonsumsi buah pear secara rutin bagi ibu hamil sangat dianjurkan karena mampu menjauhkan ibu dan janin dari radikal bebas yang membahayakan tubuh.

Memperlancar Saluran Pencernaan

Serat alami yang terkandung di dalam buah pear sangat baik untuk membantu kelancaran sistem pencernaan. Serat alami tersebut masuk dalam jenis serat yang larut sehingga ibu hamil tak perlu takut lagi terkena sembelit.

Memenuhi Kalori yang Dibutuhkan Ibu Hamil

Ibu hamil selalu khawatir jika tubuhnya semaki gemuk karena kelebihan kalori. Namun anda tak perlu khawatir untuk selalu menyantap buah pear karena kandungan seratnya jauh lebih tinggi daripada kalori. Selain itu, terdapat pula dua jenis karbohidrat yang dibutuhkan oleh ibu hamil yakni fruktosa dan glukosa. Kedua karbohidrat tersebut merupakan jenis yang mudah dicerna dan mampu memberikan enerfi yang sehat.

Baca juga:

Demikian informasi mengenai manfaat buah pear untuk ibu hamil yang dapat kami berikan. Semoga beberapa manfaat tersebut dapat memberikan efek positif bagi tumbuh kembangnya janin di dalam kandungan anda.

Baca Juga: