Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil

Posted on

ArenaWanita.com | Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil – Buah pisang merupakan salah satu jenis buah-buahan yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Tak jarang banyak orang yang mengkonsumsinya. Apalagi faktor mudahnya kita untuk mendapatkannya dan harganya yang sangat terjangkau membuat orang sering mengkonsumsinya.Biasanya ketika kita memesan catering makanan, pasti disitu ada buah pisang.


Memang buah pisang ini sering digunakan membuat kue atau minuman seperti sup buah dan es pisang ijo. Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan apalagi manfaat buah pisang untuk ibu hamil. Manfaat yang bisa kita rasakan adalah sebagai berikut kita akan merasakan ceria, hal ini dikarenakan kandungan triptofan yang terdapat di buah pisang membantu meningkatkan suasana hati seseorang dan dapat mengurangi depresi.

Didalam buah pisang terdapat kandungan asam folat atau yang biasa kita kenal dengan nama vitamin B9. Vitamin ini adalah salah jenis vitamin yang dapat larut dalam air. Asam folat ini bermanfaat dalam pembentukan asam nukleat dan hemoglobin.

Oleh karena itu asam folat ini sangat bermanfaat dan penting bagi ibu hamil karena jika ibu hami kekurangan asam folat ini maka ibu hamil akan mengalami gangguan pembentukan eritrosit atau sel darah merah yang akan menyebabkan anemia. Jika anemia ini terus berlanjut maka akan membahayakan ibu hamil dan bisa menyebabkan kematian.

Manfaat buah pisang untuk ibu hamil lainnya adalah asam folat dapat membantu perkembangan selubung saraf yang membentuk sumsum tulang belakang dan otak bagi bayi pada masa kehamilan. Asma folat ini juga akan mengurangi resiko kelahiran prematur dan mengurangi resiko kelainan yang bisa terjadi pada bayi pada saat dilahirkan seperti cacat dan rendahnya berat badan.

Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil

Kepastian manfaat asam folat yang terdapat di dalam buah pisang bisa dibuktikan dengan beberapa penelitian yang membuktikan bahwa ibu hamil yang rutin mengkonsumsi buah pisang pada masa kehamilannya akan mempunyai resiko 70% tidak melahirkan bayi yang cacat. Selain itu masih ada banyak manfaat buah pisang untuk ibu hamil yaitu sebagai sumber energi, apalagi ibu hamil itu sangat membutuhkan energi ekstra pada masa kehamilan.

Beradasarkan penelitian, ibu hamil akan membutuhkan energi sekitar 1500 KJ dalam sehari sedangkan jika kita mengkonsumsi dua buah pisang saja,kita akan mendapatkan energi sebesar 1000 KJ. Oleh karena itu, buah pisang ini sangat berguna bagi ibu hamil dalam memenuhi kebutuhan energinya.

Baca juga:

Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah pisang ternyata juga bermanfaat bagi ibu hamil. Vitamin ini membantu pembentukan gusi, tulang, pembuluh darah dan kulit pada bayi. Apalagi pada masa kehamilan, ibu hamil akan membutuhkan banyak vitamin C dan buah pisang bisa menjadi salah satu alternatifnya. Dari beberapa informasi diatas dapat kita simpulkan bahwa ada banyak sekali manfaat buah pisang  untuk ibu hamil yang bisa anda rasakan. Selamat mencobanya.


Kata Kunci Halaman Ini:

bolehkah ibu hamil makan pisang nangka, pisang nangka untuk ibu hamil, manfaat pisang nangka untuk ibu hamil, manfaat pisang nangka bagi bumil, ibu hamil makan pisang nangka, Manfaat pisang nangka buat ibu hamil, manfaat pisang ijo, ibu hamil makan pisang raja nangka apa bisa, bolehkah ibu hamil makan pisang dan nangka, saat hamil boleh ga makan pisang nangka