Manfaat Buah Semangka untuk Ibu Hamil yang Patut Diketahui

Posted on

ArenaWanita.com | Manfaat Buah Semangka untuk Ibu Hamil – Sejatinya buah-buahan merupakan bahan makanan yang bermanfaat bagi tubuh karena beragam nutrisi yang dikandungnya. Iklim tropis dan tanah yang subur membuat Indonesia dapat ditumbuhi aneka ragam buah buahan yang salah satunya adalah semangka.


Buah ini dapat ditemui dengan warna yang berbeda yaitu kuning dan merah. Kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya pun tidak main-main karena terdiri dari vitamin (A, B, & C), air, asam amino, asam aminosetat, asam fosfat, asam malat, arginin, betain,bromine, desktrosa, karoten, likopen, lemak, natrium, kalium, serat, dan masih banyak lagi.

Tak heran rasanya jika banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dari mengonsumsi buah semangka melihat kandungan nutrisinya yang selengkap itu. Bagi seorang ibu hamil pasti direpotkan oleh adanya pantangan-pantangan dalam mengonsumsi makanan termasuk buah-buahan.

Namun tak perlu khawatir dengan buah yang satu ini karena berdasarkan beberapa penelitian buah semangka tidak hanya aman bagi ibu hamil tetapi juga sangat bermanfaat bagi ibu dan kandungannya. Apa saja manfaat buah semangka untuk ibu hamil ?, simak ulasannya di bawah ini.

Beberapa kandungan nutrisi yang terdapat di buah semangka memang sangat dibutuhkan oleh ibu yang sedang mengandung seperti vitamin, magnesium, dan kalium. Selain itu, kandungan serat yang terdapat di buah semangka juga sangat baik untuk melancarkan pencernaan ibu hamil.

Manfaat Buah Semangka untuk Ibu Hamil

Berikut manfaat buah semangka untuk ibu hamil yang patut anda ketahui :

Meringankan Efek Pembengkakan

Gejala yang sering dialami oleh ibu hamil adalah pembengkakan pada beberapa bagian tubuh seperti tangan dan kaki. Melalui konsumsi buah semangka maka pembengkakan tersebut dapat berkurang karena kandungan mineralnya mampu melancarkan penyumbatan penyumbatan yang terjadi di pembuluh darah dan otot.

Mengatasi Morning Sickness

Melalui konsumsi buah semangka setiap paginya akan membuat ibu hamil menjadi lebih segar dan tenang ketika mengawali hari-harinya. Inilah mengapa buah semangka efektif untuk mengatasi morning sickness pada ibu hamil.

Mencegah Dehidrasi

Salah satu masalah yang menghinggapi ibu hamil adalah dehidrasi. Apabila ibu hamil mengalami dehidrasi maka akan menyebabkan kontraksi prematur dan berdampak pada bayi yang lahir dalam kondisi prematur. Oleh karena itu, kandungan air dalam semangka yang cukup tinggi dapat menghindarkan ibu hamil dari risiko dehidrasi.

Mencegah Pigmentasi

Pigmentasi merupakan salah satu masalah yang menyerang bagian kulit ibu hamil. Melalui konsumsi buah semangka yang rutin akan mengembalikan tekstur kulit ke kondisi normalnya karena dapat melancarkan pergerakan usus halus dan organ pencernaan lainnya.

Baca juga:

Meskipun manfaat buah semangka bagi ibu hamil sangatlah banyak, namun bukan berarti buah ini bebas dari efek samping. Apabila terlalu banyak mengonsumsinya dapat membuat kadar gula darah ibu menjadi tinggi dan sebaiknya jauhkan dari ibu hamil yang menderita diabetes. Konsumsilah buah semangka dalam kondisi segar karena apabila terlalu lama akan mengakibatkan kadar asam yang tinggi. Demikian informasi yang dapat kami sajikan dan semoga bermanfaat bagi ibu-ibu hamil sekalian.