Manfaat Daun Ketumbar Untuk Kesehatan

Posted on

ArenaWanita.com – Daun ketumbar atau Coriandrum sativum biasanya banyak dijadikan hiasan ataupun penyedap masakan, terutama untuk beragam kuliner di wilayah Asia Selatan, Asia Tengah, China, Mexico dan juga Rusia.

Bahkan hampir semua jenis masakan Thailand memakai seluruh bagian daun ketumbar, mulai dari daun, batang hingga akarnya sebagai salah satu bumbu masakannya. Aromanya yang unik menjadi salah satu ciri khas dari masakan asal Negeri Gajah Putih tersebut.

Daun ketumbar yang memiliki bentuk menyerupai daun peterseli serta daun seledri, membuat banyak orang seringkali tertukar namun memiliki cirinya tersendiri. Daun ketumbar sendiri memiliki daun yang bentuknya lebih bundar dan warnanya lebih hijau terang daripada daun seledri dan peterseli. Dan tak hanya memberikan aroma yang khas, daun ketumbar yang juga sering disebut dengan cilantro ini ternyata juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan.

Bahkan kabarnya, daun ketumbar sangat bermanfaat untuk mengecilkan perut yang besar. Anda ingin tau manfaat lainnya dari daun ketumbar? Simak informasinya berikut ini.


Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat pertama dari daun ketumbar adalah untuk melancarkan peredaran darah. Banyaknya kandungan vitamin K dalam daun ketumbar, membuat daun ketumbar sangat baik untuk mengatur penggumpalan darah ketika terluka sehingga dapat mencegah terjadinya pendarahan. Dengan mengkonsumsi setidaknya 1 genggam daun ketumbar setiap harinya, maka anda telah memenuhi kebutuhan vitamin K untuk tubuh sekitar 12, 5 mg vitamin K yang tentu saja sangat baik untuk melancarkan peredaran darah.

Daun ketumbar segar juga banyak mengandung vitamin C yang sangat efektif untuk menurunkan kadar kolestrol dalam darah. Selain itu daun ketumbar dapat mencegah pembentukan kolestrol dalam lapisan arteri dan pena, sehingga mampu mengurangi resiko penyakit jantung. Kolestrol jahat atau LDL pun akan berkurang dengan mengkonsumsi daun ketumbar. Sebuah penelitian bahkan menunjukan, bahwa daun ketumbar sangat bermanfaat untuk pasien diabetes karena dapat merangsang sekresi insulin sehingga mampu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Manfaat Daun Ketumbar Untuk Kesehatan

Mengecilkan Perut Besar

Menurut para ahli The University of Western Ontario Canada, daun ketumbar kaya akan limonen yang mampu menghambat perut mengabsolut lemak-lemak jenuh dan mengantarnya ke liver untuk dikeluarkan. Beberapa studi terpisah juga menyebutkan, bahwa 1 sendok teh daun ketumbar mempu menenangkan saluran cerna, sehingga dapat mengatasi perut kembung dalam waktu 24 jam saja. Hal ini dikarenakan, daun ketumbar memiliki banyak minyak esensial dan aroma yang dapat membantu sekeresi enzim dan cairan pencernaan dalam perut, sehingga dapat merangsang sistem pencernaan tetap sehat.

Menciptakan Rasa senang       

Manfaat lain dari daun ketumbar adalah membangkitkan rasa senang hanya dalam waktu sekejap saja. Menurut sebuah studi di Jepang, didalam daun ketumbar banyak mengandung champerol yaitu sejenis fisokemikol yang mampu mempercepat pembakaran glukosa, sehingga mempercepat penambahan energi dan meningkatkan rasa senang dengan melumpuhkan monoamin oksidaz sejenis enzim yang bertugas untuk menjaga hormon bahagia.

Baca juga:

Itulah tadi beberapa manfaat daun ketumbar untuk kesehatan. Selain daunnya, biji ketumbar juga dapat dimanfaatkan untuk mengeluarkan gas dalam perut, mengatasi mual, meredakan inflamasi, sakit rematik, sakit kepala dan juga stress mental. Semoga informasi tadi bermanfaat untuk anda.