Ternyata Manfaat Lada Hitam Untuk Rambut Itu Banyak

Posted on

ArenaWanita.com – Lada Hitam atau dalam bahasa latin bernama Piper nigrum, selama ini dikenal sebagai salah satu rempah yang seringkali dipakai agar masakan lebih memiliki citarasa pedas tersendiri. Sama seperti lada putih, lada hitam juga tumbuh dari tanaman yang sama.

Hanya saja lada hitam dan lada putih memiliki cara pengolahan yang berbeda, sehingga menghasilkan warna tekstur dan rasanya masing-masing. Lada hitam sendiri diambil dari buah lada yang hampir busuk dan mengering, akibat terkena paparan sinar matahari terus-menerus, sehingga membuat kulitnya berwarna kehitaman.

Lada hitam yang telah dipanen kemudian direndam dengan air garam, agar kulitnya terkelupas dan hanya meninggalkan bagian dalamnya saja. Dan ternyata lada hitam tak hanya digunakan sebagai salah satu bumbu masakan untuk meningkatkan rasa makanan.

Tapi juga memiliki khasiat lain yang berkaitan dengan kesehatan. Dengan kandungan vitamin C dan K, kalium, serat dan juga besi, lada hitam dipercaya dapat mengobati beragam penyakit dan juga mengatasi berbagai permasalahan kesehatan rambut. Apa sajakah manfaat lada hitam untuk rambut? Semuanya terangkum dalam informasi menarik berikut ini.

Membuat Rambut Tebal dan Kuat

Rambut yang tebal kuat dan sehat, biasanya menjadi idaman bagi banyak orang. Karena dengan rambut yang sehat penampilan seseorang terlihat semakin menawan. Selain menggunakan Lidah Buaya, Seledri, Kemiri, ternyata lada Hitam juga dapat membuat rambut anda menjadi lebih tebal kuat dan sehat. Caranya sendiri sangat mudah, yaitu dengan membuat sendiri hermas yang terbuat dari lada hitam dan biji lemon.

Membuat Rambut Tebal

Untuk membuatnya, anda hanya perlu mencampur 1 sendok teh lada hitam bubuk, 1 sendok teh biji lemon yang telah dihaluskan serta beberapa tetes oliv oil hingga mengental. setelah itu, pakaikan ramuan hermas lada hitam tersebut kekulit kepala anda hingga merata. Lalu diamkan selama kurang lebih 20 menit. cuci rambut dengan air hangat, kemudian bersihkan dengan shampo. Dengan memakai hermas lada hitam secara teratur, pertumbuhan rambut akan lebih cepat. Rambut juga menjadi tebal kuat dan tentu saja sehat alami.

Mengatasi Ketombe

Mengatasi Ketombe

Walaupun bentuk lada hitam yang kecil, namun dalamnya mengandung beragam manfaat yang baik termasuk salah satunya adalah kandungan anti bakteri dan anti inflamasi yang dipercaya dapat mengatasi permasalahan ketombe pada rambut. Dengan kandungannya tersebut, lada hitam dapat membunuh bakteri penyebab infeksi pada kulit kepala, sehingga dapat mencegah pertumbuhan ketombe. Seperti yang diketahui, ketombe sangat mengganggu penampilan seseorang serta menimbulkan rasa gatal yang berlebih.

Untuk mengatasi permasalahan ketombe pada rambut, anda hanya perlu mencampurkan 1 sendok teh lada hitam yang telah dihaluskan dengan youghurt. Setelah tercampur merata, balurkan pada rambut dan diamkan kurang lebih 30 menit. Setelah itu bilas rambut dengan air saja, tidak perlu menggunakan shampo. Hal ini dilakukan agar campuran lada dan youghurt dapat meresap hingga kekulit kepala. Keesokan harinya barulah rambut dibilas dengan memakai shampo, karena lada hitam dapat menyebabkan kulit kepala terbakar sehingga jangan menggunakan terlalu berlebihan.

Menghilangkan Uban

Menghilangkan Uban

Uban atau rambut putih dikepala biasanya identik dengan seseorang yang telah beranjak tua. Namun ternyata banyak pula anak muda yang berusia dibawah 30 tahun telah memiliki uban. Biasanya, hal ini disebabkan karena stress atau kurangnya figmen pada rambut setelah kantong rambut tak lagi dapat mewarnai rambut sehingga timbulah uban. Untuk menghilangkan uban agar tak lagi mengganggu penampilan, anda juga dapat memanfaatkan lada hitam.

Caranya pun sangat mudah, campurkan 1 gram lada hitam dengan 100 gram youghurt tanpa gula. Setelah itu oleskan secara perlahan kekulit kepala dan rambut. Diamkan selama 1 jam, lalu cuci rambut dengan air hangat dan shampo. Lakukan perawatan ini setiap minggu, sehingga rambut anda terlihat lebih hitam tanpa uban. Selain menggunakan lada hitam, anda juga dapat menggunakan kopi bubuk yang dicampur dengan youghurt untuk mendapatkan manfaat yang sama.

Mencegah Kebotakan

Mencegah Kebotakan

Kebotakan biasanya menjadi salah satu permasalahan yang cukup mengganggu. Untuk mencegah kebotakan biasanya seseorang rela melakukan apa saja, tentu saja dengan biaya yang cukup mahal demi dapat mempertahankan keutuhan rambur kepala. Dan untuk mencegah kebotakan sebenarnya anda dapat melakukan sebuah cara dirumah, hanya dengan memanfaatkan lada hitam yaitu dengan membuat shampo lada hitam. Caranya yaitu dengan memanfaatkan campuran lada hitam dan youghurt. Pasta lada hitam dan youghurt ini, lalu digosokan kerambut, seperti halnya saat menggunakan shampo. Setelah itu diamkan beberapa menit dan bilaslah dengan air biasa.

Baca juga:

Nah, itulah beberapa manfaat lada hitam untuk rambut. Semoga informasi diatas tadi menjadi bermanfaat untuk anda. Selamat mencoba.

Kata Kunci Halaman Ini:

lada hitam buat rambut, lada hitam untuk masalah rambut, lada hitam untuk rambut, manfaat lada hitam buat rambut