Dibalik Penampilannya yang Geli, Inilah Manfaat Lendir, Cangkang, dan Daging Bekicot

Posted on

ArenaWanita.com – Bekicot atau acacinafuligen adalah siput darat yang tergolong dalam suku acacinaday. Berasal dari Afrika Timur yang menyebar ke hampir seluruh penjuru dunia akibat dalam terbawa dalam perdagangan. Di Indonesia bekicot memiliki nama daerah yang berbeda-beda. Misalnya Jawa Tengah dan Jawa Timur biasa mengenalnya dengan bekicot atau sifut.

Di daerah Jawa Barat biasa mengenalnya dengan keong racun. Moluska ini sekarang menjadi salah satu spesies inspasik di bumi, sehingga beberapa negara bahkan dilarang pemeliharaanya sebagai hewan kesayangan termasuk Amerika Serikat.

Menurut habitatnya bekicot dibedakan menjadi satu habitat, dikebun biasanya spesies halisekspi, akatinaekspidua. Dan habitat disawah biasanya keong mas tutut, bekicot atau halisekspi akatinaekspi berbeda dengan keong mas, keong sawah atau tutut.

Bekicot tidak memiliki parasi di dalam tubuhnya, sedangkan keong mas keong sawah dan tutut yang hidup di air sawah atau aliran kali biasanya ada cacingnya yang berbahaya bagi manusia.

Ada beberapa bagian bekicot yang dapat di manfaatkan, salah satunya lendirnya. Khasiat lendir bekicot telah lama digunakan sejak zaman Yunani kuno, hal ini akhirnya menyebar ke beberapa daerah Eropa. Ramuan yang terbuat dari lendir bekicot dipercaya dapat menyembuhkan kulit terbakar dan menyembuhkan bekas luka dengan hasil kulit yang halus dan sehat.

Krim Kecantikan dari Lendir Bekicot

Walau menjijikan lendir bekicot masih dipakai hingga saat ini, untuk industri kecantikan. Di Amerika ekstrak lendir bekicot telah menjadi trend yang di sukai, tim yang mengandung lendir bekicot di gunakan sebagai bahan untuk obat jerawat. Seorang peternak bekicot Chili tanpa melihat kulitnya sembuh secara cepat dan tanpa bekas luka setelah diberi lendir bekicot. Sejak saat itu khasiat lendir bekicot telah merebak ke seluruh dunia.

Di Korea Selatan telah memproduksi krim kecantikan dari lendir bekicot dengan kandungan ekstrak bekicot hingga 70%. Lendir bekicot di percaya kaya bermanfaat untuk kecantikan, karena mengandung protein, asam dikolat dan elastin secara alami berfungsi untuk melindungi kulit dari kerusakan, infeksi dan paparan sinar UV. Blok beauty brands mengutip sebuah penelitian, yang menyebutkan bahwa lendir bekicot berkhasiat mensimulasi produksi kolagen. Meningkatkan kemampuan kulit untuk menahan kelembaban dan mempercepat penyembuhan luka.

Sate dan Keripik Bekicot

Selain lendirnya, daging bekicot pun sering di konsumsi dan diolah menjadi kudapan nikmat. Pernahkah anda mendengar makanan yang satu ini, sate bekicot. Jika anda baru mendengar disarankan untuk mencobanya. Karena dalama kandungan daging bekicot ternyata kaya protein. Bagi yang ingin mencoba tantangan kuliner ini, maka tidak salah bila mencoba makanan yang satu ini. Daging bekicot selain dapat disajikan dalam olahan sate, ternyata juga bisa diolah untuk makanan ringan berupa keripik, yang lebih dikenal dengan keripik bekicot.

Daging bekicot dapat menjadi alternatif pilihan, karena selain harganya murah tapi rasanya juga bisa di bandingkan dengan sate ayam maupun kelinci. Untuk mendapatkan sate bekicot ataupun keripiknya, anda bisa berkunjung di kabupaten Kediri 15 km arah selatan dari Pare, tepatnya di kecamatan Posoklate. disana kita akan jumpai warung-warung dipinggir jalan yang menjual menu danging bekicot, berupa sate maupun keripiknya.

Sate Bekicot

Anda bisa menikmati ditempat ataupun dibawa pulang. Melalui teknik pengolahan tertentu, daging bekicot yang berlendir dapat berubah menjadi aneka sajian kuliner nan lezat dan bergizi. Teknik memasak bekicot cukup panjang, bekicot yang didapat itu langsung dipisahkan dari cangkangnya dengan cara di kepruk. Selanjutnya daging bekicot di cuci sampai bersih dan di potong menjadi dua hingga tiga bagian. Potongan daging kemudian di masukan dalam racikan bumbu bawang putih, merica, kecap dan cuka. Proses perendaman ini di lakukan cukup lama, agar bumbu bisa meresap kedalam daging.

Keripik Bekicot

Disaat merendam bekicot dalam bumbu, pembuatan sambal kacang bisa dilakukan bersamaan. Seperti saos sate lainnya isiannya kacang tanah, bawang putih, garam, daun jeruk purut dan cabe rawit. Satu porsi sate bekicot berisi 50 tusuk, dan tiap tusuk sate terdiri dari 3 potongan daging bekicot kecil-kecil. Karena ukurannya yang mini panjang tusukannya pun hanya setengah tusuk sate ayam atau kambing. Membuat satu tusuk sate bekicot akan tandas dalam sekali gigit. Satu porsi biasanya cukup untuk 2 orang dewasa dengan harga 15 ribu rupiah.

Untuk rasa anda tidak bakal terlalu menemukan tekstur daging bekicot kok. Karena semua sajian menyesuaikan jenis olahan yang dibuat gurih dan rasa kenyal yang anda temukan saat anda menggigit sate bekicot. Beberapa waktu lalu Majelis Ulama Indonesia mengeluarkan fatwa haram mengkonsumsi daging bekicot. Fakta ini tentu menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Fatwa ini muncul setelah beberapa tahun warga sudah mengkonsumsi dan menjadikan bekicot sebagai lahan penghidupan.

Manfaat Cangkang Bekicot

Ternyata bagian cangkang bekicot juga dapat di manfaatkan menjadi pakan ternak. Cangkang bekicot yang sudah tidak terpakai ternyata dapat di manfaatkan menjadi tepung untuk bahan campuran pakan ternak. Cangkang bekicot banyak mengandung kalsium dan di percaya baik kesehatan ternak seperti ayam atau sapi. Di pabrik sederhana ini cangkang bekicot digiling selama 2 kali, hingga menjadi tepung untuk bahan campuran pakan ternak. Cangkang yang dapat digiling adalah cangkang yang sudah kering. Sebelumnya dikeringkan dijemur dibawah terik matahari, tepung halus cangkang bekicot terbagi menjadi beberapa variasi. Tepung yang besar butirannya ini yang biasanya di pakai sebagai bahan campuran pakan ayam.

tepung bekicot

Sedangkan butirannya yang lebih halus lebih cocok untuk pakan sapi. Dalam satu bulan pabrik sederhana di daerah Kediri ini mampu memproduksi hingga 100 ton tepung bekicot, dan hebatnya jumlah sebanyak ini selalu habis terjual. Bali, Blitar dan Cepu adalah daerah langganan produksi kreatif pemanfaatan cangkang bekicot ini. Harga tiap tepung cangkang ini bervariasi, tergantung kualitas ukuran butirannya.

Baca juga:

Semakin halus butiran tepung semakin pula harga tepungnya. Tepung cangkang bekicot sangat baik untuk penggemukan hewan ternak. Selain mengandung kalsium, tepung bekicot juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Banyak yang menganggap bekicot hewan yang tak berguna, namun bila kita selidiki binatang ini ternyata memiliki berbagai macam manfaat baik untuk manusia maupun untuk hewan lainnya.

Kata Kunci Halaman Ini:

manfaat bekicot untuk pakan ternak, manfaat keong racun, manfaat lendir bekicot, kandungan cangkang bekicot, manfaat cangkang bekicot, manfaat keong, cangkang bekicot mengandung, pengolahan bekicot menjadi pakan ternak, manfaat lendir keong racun, kandungan cangkang keong sawah

Baca Juga: