Manfaat Mengkonsumsi Vitamin C untuk Kulit

Posted on

ArenaWanita.com | Manfaat Mengkonsumsi Vitamin C untuk Kulit – Vitamin C pada dasarnya sering dianggap sebagai obat penyembuh sariawan, sakit gigi, dan semacamnya. Padahal di balik itu semua justru terdapat banyak sekali manfaat mengonsumsi vitamin C untuk kulit. Apa sajakah itu? Berikut ini merupakan ulasan mengenai manfaat mengkonsumsi vitamin C untuk kulit.

Manfaat mengonsumsi vitamin C untuk kulit sangat beragam. Hal ini senyawa penting bagi imunitas dan daya tahan tubuh. Kebanyakan beraktivitas dan kurangnya pola makan dapat menyebabkan menurunnya daya tahan tubuh. Dengan menurunnya daya tahan tubuh, kita juga akan mudah terserang berbagai penyakit.

Dalam mengatasi permasalahan kulit, vitamin C bisa dijadikan sebagai antioksidan untuk memperbaiki jaringan kulit yang telah rusak akibat radikal bebas yang tidak bisa ditangkal. Vitamin C juga berperan penting dalam kelangsungan peredaran darah sehingga menjadikan kulit terlihat lebih segar.

Selain itu, vitamin C juga mampu merangsang pembentukan kolagen kulit dan menjaganya dari beragam kerusakan. Kolagen dibentuk dari adanya produksi hidroksiprolin dan hidroksilin yang memiliki fungsi untuk mengikat molekul penghasil kolagen. Kolagen juga mampu meremajakan kulit, sehingga kulit tidak kusam. Inilah yang kemudian menjadikan kulit semakin kencang. Sifatnya sebagai water holder dapat memberikan kelembaban pada kulit dan mencegahnya dari risiko kekeringan, sebab air memiliki sifat untuk menyimpan air.

Kebaikan mengonsumsi vitamin C dalam jumlah tepat dan teratur dapat menghambat adanya proses penuaan dini, menghaluskan kulit, serta membentuk pigmen di kulit. Dengan begitu kulit lebih terlihat bersih dan cerah. Selain itu, dalam merawat kulit, vitamin C juga bisa menjadi perisai bagi kulit terhadap cahaya matahari. Paparan sinar matahari akan terhalang oleh adanya kandungan vitamin C yang mengandung antioksidan.

Manfaat Mengkonsumsi Vitamin C untuk Kulit

Sumber yang bisa Anda cari untuk menemukan vitamin C adalah buah-buahan dengan rasa asam, seperti jeruk, stroberi atau nanas, dan sayuran, sebagai contoh brokoli, seledri, dan tomat. Atau cara lain yang kini telah dikembangkan dalam peningkatan asupan vitamin C, dapat Anda tempuh, yakni dengan menggunakan cara olesan dan penyuntikan ke pembuluh darah (intervena).

Namun, sebelum melakukan hal ini, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter agar disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Memang, hal ini bisa lebih ampuh dan efektif dalam memasukkan asupan vitamin C ke peredaran darah. Vitamin C yang masuk ke dalam tubuh melalui cara injeksi dipercaya lebih efektif dan lebih terasa khasiatnya karena zat yang terkandung didalamnya langsung masuk ke dalam pembuluh darah.

Baca juga:

Nah, telah Anda amati berbagi manfaat mengonsumsi vitamin C untuk kulit. Tentunya zat ini sangat penting, terutama untuk menjaga ketahanan tubuh dan mengurangi berbagai risiko kerusakan kulit. Oleh karenanya, rajin-rajinlah mengonsumsi vitamin C ini sebagai asupan nutrisi penting tubuh Anda.

Kata Kunci Halaman Ini:

vitamin c untuk kulit, manfaat vitamin c untuk kulit, manfaat vitacimin, manfaat vitamin c bagi kulit, manfaat vit c untuk kulit, fungsi vitamin c untuk kulit, vit c untuk kulit, manfaat vitamin c, manfaat ester c bagi kulit, manfaat vitacimin untuk kulit