Manfaat Minum Air Hangat Untuk Diet

Posted on

ArenaWanita.com | Manfaat Minum Air Hangat Untuk Diet – Diet untuk menurunkan berat bedan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Sebagian besar diet dilakukan dengan pola pengaturan makan yang ketat dengan menghitung jumlah kalori per satu kali makan atau menghindari beberapa jenis makanan. Namun ada juga diet yang dilakukan dengan sangat sederhana, salah satunya adalah dengan menggunakan air hangat.

Diet air hangat dilakukan dengan cara meminum air hangat saat bangun tidur dipagi hari dan sebelum makan. Meskipun terdengar sangat mudah, manfaat minum air hangat untuk diet telah terbukti bekerja dengan efektif untuk meningkatkan suhu dalam tubuh sehingga proses sirkulasi dan detoksifikasi lebih cepat terjadi.

Adapun manfaat minum air hangat untuk diet dapat dirangkum sebagai berikut:

Tidak ada larangan mengonsumsi makanan apapun.

Berbeda dengan diet pada umumnya, diet air panas tidak melarang anda untuk menikmati menu favorit anda. Anda tidak perlu repot lagi menghitung seberapa besar kalori yang telah anda konsumsi hari ini, karena prinsip diet ini adalah mengonsumsi air hangat saat bangun tidur dan sebelum makan.

Lebih aman dari diet yang lain.

Karena tidak ada larangan atau anjuran untuk meninggalkan makan, maka diet air panas tidak memiliki resiko untuk mengalami defisiensi nutrisi. Berbeda dengan diet vegan yang hanya mengonsumsi sayuran dan buah sehingga beberapa mineral mungkin tidak terpenuhi.

Meningkatkan metabolisme dan panas tubuh.

Dengan meminum air hangat setelah bangun tidur, anda tidak hanya mengganti cairan tubuh yang hilang selama tidur namun juga meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuhmu. Dengan sirkulasi yang baik, maka racun yang ada dalam tubuh juga semakin cepat dibuang keluar tubuh.

Manfaat Minum Air Hangat Untuk Diet

Melancarkan buang air besar.

Dengan meminum air yang suhunya diatas suhu dalam tubuh maka akan meningkatkan metabolisme. Metabolisme yang lebih cepat akan membantu menghilangkan rasa sakit saat buang air besar.

Meskipun manfaat air hangat untuk diet sangat besar, namun perlu diperhatikan hal-hal berikut agar diet air panas yang anda lakukan dapat berhasil. Beberapa hal tersebut antara lain:

  • Meminum air hangat perlahan-lahan. Saat meminum air hangat, minumlah sedikit-sedikit dalam waktu maksimal 10 menit. Apabila lebih dari 10 menit, suhu air akan menurun, sehingga diet ini tidak bekerja optimal.
  • Suhu yang digunakan sebaiknya mendekati 50°C. Anda bisa memanaskan air menggunakan poci atau memanaskan dengan microwave.
  • Pilih air yang telah disuling. Ada sedikit perbedaan hasil apabila anda menggunakan air keran, air suling atau air mineral.

Baca juga:

Jangan meminum air hangat terlalu banyak. Batasi konsumsi air hangat anda 5gelas perhari. Apabila panas tubuh meningkat drastis, sel-sel tubuk rawan untuk rusak. Metabolisme yang terlalu tinggi juga tidak terlalu baik bagi tubuh.

Baca Juga: