Banyak Loh Manfaat Minyak Kayu Putih Itu, Simak Yuk

Posted on

ArenaWanita.com – Minyak kayu putih dihasilkan dari hasil penyulingan daun dan ranting kayu putih. Minyak asin ini dipakai sebagai minyak pengobatan, dapat dikonsumsi diminum atau lebih umum dibalurkan kebagian tubuh. Khasiatnya adalah sebagai penghangat tubuh, pelemas otot dan mencegah perut kembung.


Minyak ini mengandung terutama eukaliptol merupakan komponen paling banyak sekitar 60 %, alfa terpineol dan ester asetatnya, alfa pinen dan limonen. Minyak kayu putih telah digunakan sejak lama karena mempunyai sifat anti seftik dan anti bakteri. Minyak ini sering digunakan sebagai obat rumah untuk pilek, infeksi sinus, hidung tersumbat, flu dan masalah pernapasan.

Meneteskan beberapa tetes minyak kayu putih disapu tangan juga merupakan hal yang umum dilakukan. Selain manfaat dan fakata-fakta tadi, masih banyak jutaan khasiat minyak kayu putih dalam kehidupan. Bahkan banyak dari khasiat tersebut yang mungkin masih asing ditelinga anda. Apa sajakah manfaat minyak kayu putih yang belum banyak diketahui orang tersebut? berikut informasinya.

  • Mengatasi Sinusitis

Manfaat pertama dari minyak kayu putih adalah untuk mengatasi sinusitis. Sinusitis adalah penyakit yang disebabkan oleh alergi maupun infeksi virus, jamur ataupun bakteri pada salah satu dari ke 4 pasang rongga sinus dalam tengkorak manusia. Infeksi pada sinus akan menyebabkan kemacetan pada selaput lendir, sehingga terjadi pembengkakan dan peradangan.

Pembengkakan terjadi karena adanya hambatan atau sumbatan udara dan lendir pada selaput lendir. Nah, selain menggunakan obat resep dokter, ternyata sinusitis dapat pula diatasi dengan memanfaatkan minyak kayu putih yang mudah ditemukan dimana-mana. Minyak kayu putih menghandung cineole suatu zat yang dapat melawan infeksi sinus. Minyak kayu putih dapat diminum dengan dosis 200 mg setiap 3 kali sehari.

Sinusitis

Hal ini dapat membantu mempercepat pemulihan pada penderita sinusitis akut. Jika minyak kayu putih ini digunakan dalam inhalasi uap, maka dapat membantu meredakan hidung tersumbat. Selain itu minyak kayu putih juga memiliki sifat anti bakteri dan bertindak sebagai ekspektoran, membantu membersihkan lendir dari saluran pernapasan.

  • Sebagai Penghalus Kulit

Penghalus Kulit

Manfaat lain dari minyak kayu putih adalah sebagai penghalus kulit. Untuk menjadikan kulit lebih halus dan lembut, coba campurkan beberapa tetes minyak kayu putih dengan krim untuk scrub. Lakukan perawatan ini secara teratur kalau ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Selain itu minyak kayu putih juga dapat menghilangkan flek atau tanda pada kulit.

Untuk bahu dan punggung pijat dengan minyak kayu putih yang mengandung vitamin E, karena bisa memudahkan anda saat memijat. Disamping itu, penggunaan minyak kayu putih dapat menenangkan kulit serta mencegah datangnya bakteri, virus dan jamur. Minyak tersebut bisa mengobati infeksi kulit serius seperti kandidiasis yang biasa hidup dirongga mulut, itu sebabnya minyak kayu putih juga biasa dipakai setelah mencukur bulu yang tumbuh diatas permukaan kulit anda.

  • Pembersih Lantai yang Efektif

Pembersih Lantai

manfaat terakhir dari minyak kayu putih adalah untuk membersihkan lantai. Seperti kita ketahui kegiatan menyapu dan mengepel merupakan salah satu metode pembersihan yang dilakukan secara teratur oleh kebanyakan kalangan ibu rumah tangga. Dan salah satu cara aman adalah dengan menggunakan campuran baking soda dan minyak kayu putih. Bahan baking soda memiliki kemampuan untuk menghilangkan noda membandel dari lantai.

Baca juga:

Sementara minyak kayu putih memiliki sifat anti bakteri yang membunuh kuman dan bakteri, plus memberikan aroma yang menyegarkan dirumah. Selain itu, cara lain yang cukup mudah anda harus mencampurkan beberapa tetes minyak ini dengan air panas. Masukan dalam botol dan semprotkan pada lantai yang ingin dibersihkan.

Nah, itulah beberapa manfaat minyak kayu putih yang masih banyak belum diketahui orang. Informasi diatas tadi semoga menambah wawasan anda dan bermanfaat.


Kata Kunci Halaman Ini:

Baking soda dan minyak kayu putih, mengobati jamur kulit dengan kayu putih