Manfaat Musik Klasik Untuk Bayi Dalam Kandungan

Posted on

ArenaWanita.com | Manfaat Musik Klasik Untuk Bayi Dalam Kandungan – Manusia memiliki kemampuan yang unik, yaitu menciptakan dan menikmati musik. Musik dapat mempengaruhi emosi pendengarnya dan mengaktifkan daerah di otak manusia, daerah yang sama saat kita mengalami kecanduan pada makanan ataupun obat-obatan.

Bahkan bayi yang berusia dua tahun mampu memberikan respon yang berbeda ketika mendengarkan sesuatu. Saat mendengar suara yang lembut, bayi akan merasa nyaman dan tenang. Sebaliknya ketika mendengar suara yang kasar dan keras, bayi akan memalingkan muka/menangis.

Penelitian menjelaskan bahwa bayi yang baru lahir belum dapat melihat lingkungan dengan jelas, namun dapat mendengar dengan baik. Bahkan bayi dapat membedakan mana suara ibunya dari suara lain. Dari sini dipercaya bahwa bayi selama dalam kandungan juga dapat mendengarkan suara yang berasal dari luar ibunya.

Dr. Afred Tomatis adalah orang yang pertama kali mengemukakan teori efek Mozart. Teori ini berpendapat bahwa menperdengarkan musik klasik selama bayi dalam kandungan akan meningkatkan IQ anak saat dewasa. Lalu apa saja manfaat musik klasik untuk bayi dalam kandungan?

Penelitian Rosalind Lai (2011) menunjukkan manfaat musik klasik untuk bayi dalam kandungan dengan melakukan percobaan pada hewan mamalia. Dari penelitiannya ditemukan bahwa memperdengarkan musik, khususnya musik klasik kepada bayi dalam kandungan dapat meningkatkan neurogenesis atau terbentuknya sel neuron dalam hippocampus. Hippocampus merupakan pusat memori dalam otak yang mengatur ingatan jangka pendek, jangka panjang, dan memori spasial.

Manfaat Musik Klasik Untuk Bayi Dalam Kandungan

Bagian ini merupakan bagian yang penting karena apabila bagian ini mengalami kerusakan maka dapat mengakibatkan penderita kehilangan memori. selain itu, mendengarkan musik klasik selama kehamilan dapat meningkatkan sinapsis, atau hubungan sel neuron satu dengan sel neuron lain. Semakin banyak hubungan yang terjadi maka akan semakin cepat pula respon terhadap suatu stimulus.

Studi lain membuktikan bahwa semakin banyak neurogenesis yang terjadi pada hippocampus, serta semakin banyak sinapsis yang terjadi maka semakin baik pula memori yang didapat. Atas dasar itulah disimpulkan mendengarkan musik klasik dapat meningkatkan kecerdasan anak.

Namun demikian, manfaat musik klasik untuk bayi dalam kandungan masih diperdebatkan apakah itu manfaat secara langsung atau tidak langsung. Manfaat langsung yaitu dengan memperdengarkan musik klasik dapat mengubah susunan protein sehingga terjadi neurogenesis di hippocampus. Namun hal ini masih belum dapat dibuktikan. Manfaat tidak langsung yaitu dengan menurunkan tingkat stres ibu selama masa kehamilan.

Musik telah terbukti menurunkan tingkat stres seseorang. Stres yang dialami ibu berakibat lepasnya hormon kortisol yang dapat menurunkan terjadinya neurogenesis dan mempercepat kematian sel neuron bayi dalam kandungan, sehingga disimpulkan dengan mendengarkan musik klasik, tingkat stres ini berkurang sehingga neurogenesis dapat berjalan normal.

Baca juga:

Pendapat lain mengatakan bahwa musik klasik dapat mengubah jumlah hormon steroid dalam tubuh bayi. Hormon ini juga berperan dalam pembentukan sel neuron dalam hippocampus. Terlepas dari manfaat langsung atau tidak langsung, mendengarkan musik klasik terbukti menurunkan tingkat stres ibu selama kehamilan serta meningkatkan neurogenesis di otak bayi. Sehingga mendengarkan musik klasik selama kehamilan sangat disarankan untuk dilakukan.

Baca Juga:

loading...