Ini Loh Ternyata Manfaat Rambut Jagung Untuk Kesehatan

Posted on

ArenaWanita.com – Jagung bakar, jagung rebus, pop corn ataupun puding jagung merupakan daftar makanan favorit yang terbuat dari jagung. Namun, taukah anda ada banyak manfaat lain dari jagung yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan anda.


Salah satunya dengan memanfaatkan bagian kecil jagung yaitu rambut jagung. Nah, jika anda biasa membuang sisa-sisa rambut pada jagung, mungkin sebaiknya kini anda mengetahui apa saja manfaatnya untuk kesehatan anda. Apa saja manfaatnya? Berikut beberapa diantaranya.

Pereda Panas Dalam

Saat mengalami panas dalam sebagian besar dari kita cenderung memilih untuk membeli minuman pereda panas dalam yang dujual di berbagai toko. Namun ternyata ada cara yang lebih alami untuk mengatasi panas dalam yakni dengan menggunakan air rebusan rambut jagung.

Panas dalam dapat anda atasi secara bertahap. Minuman dibuat dengan cara merebus 30 hingga 40 gram rambut jagung dan irisan daun pandan dengan air secukupnya. Rebus hingga mendidih lalu biarkan dingin, lalu minumlah secara teratur.

Manfaat Rambut Jagung untuk Kesehatan

Mengatur Gula Darah

Diabetes kini merupakan penyakit yang umum ditemukan karena semakin banyaknya jumlah penderita. Penyakit ini sendiri timbul akibat meningkatnya kandungan gula darah dalam tubuh manusia. Jika gula darah kita tidak dikontrol, maka seorang penderita diabetes bisa menderita komplikasi seperti penyakit jantung, struk hingga dapat menyebabkan kematian. Nah, rambut jagung ternyata bisa mengatasai berlebihnya gula darah ditubuh. Menurut penelitian yang dilakukan International Journal of Biological makromolekul pada tahun 2012 nutrisi ekstra dari rambut jagung sangat baik untuk mengatur gula darah didalam tubuh, sehingga dapat mencegah serta mengobati penyakit diabetes. Proses pengolahan obat alami ini sendiri cukup mudah, caranya dengan merebus 50 gram rambut jagung dengan 2 gelas air. Lalu minum air rebusan ini 2 kali setiap hari secara rutin untuk mengatur gula darah dalam tubuh anda.

Menurunkan Tekanan Darah

Bagi anda yang menderita darah tinggi mungkin rambut jagung adalah salah satu solusinya. Nutrisi pada rambut jagung segar atau yang telah diproses menjadi teh, dipercaya mampu menurunkan tekanan darah dalam tubuh secara perlahan dan bertahap. Caranya dengan menggunakan air rebusan rambut jagung. Bahan yang diperlukan adalah 30 hingga 50 gram rambut jagung, satu batang jahe ukuran sedang dan air secukupnya. Rebus bahan-bahan tadi hingga mendidih, setelah dingin saring air tersebut dan tambahkan madu secukupnya. Minumlah minuman ini secara teratur untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi. Selain menurunkan tekanan darah tinggi, ramuan ini juga bisa memiliki fungsi lain yaitu melancarkan buang air kecil. Jadi bagi anda yang susah buang air kecil, minumlah secara rutin agar bisa mendapatkan manfaatnya.

Mengobati Batu Ginjal

Berikutnya rambut jagung juga dipercaya bisa mengobati penderita batu ginjal. Untuk mengobati penyakit ini diperlukan jagung muda 4 tongkol, 1 genggam rambut jagung dan daun keji beling sebanyak 8 helai. Cara pembuatannya adalah dengan merebus semua bahan dalam 110 ml air. Air rebusan tersebut diminum sehari sekali selama 14 belas hari. Nah, setelah batu keluar baik berupa kerikil ataupun butiran buih, pengobatan ini harus segera dihentikan. Selanjutnya anda bisa meneruskan dengan meminum jamu kumis kucing atau meniran. Caranya dengan mengambil masing-masing 30 gram daun meniran dan tumis kucing untuk diseduh seperti teh.

Mencegah Resiko Infeksi Saluran Kandung Kemih

Manfaat jagung selanjutnya adalah mencegah resiko infeksi saluran kandung kemih. Caranya rambut jagung cukup anda seduh dan diminum setiap pagi. Beberapa penelitian membuktikan bahwa hal ini bisa membantu seseorang terhindar dari resiko masalah saluran kandung kemih. Karena nutrisi yang terkandung dalam rambut jagung mampu membersihkan dan membunuh bakteri sekitar kending, sehingga anda terhindar dari infeksi.

Baca juga:

Itulah beberapa manfaat rambut jagung untuk kesehatan. Semoga artikel diatas tadi bisa menjadi bermanfaat bagi anda. Terimakasih!


Kata Kunci Halaman Ini:

gambar rambut jagung