Maraknya Pengedaran Kosmetik Berbahaya di Internet

Posted on

ArenaWanita.com | Badan Pengawas Obat dan Makanan atau lebih sering disebut dengan BPOM, pada 13 Mei 2013 kemarin telah mengumumkan sekitar 17 jenis produk kosmetik yang dapat digolongkan sebagai kostemik berbahaya.

Seperti kita, dengan semakin berkembangnya teknologi maka oknum oknum terkait kosmetik berbahaya mulai melirik internet sebagai lahan jualan mereka. Adapun 17 jenis produk yang termasuk kedalam kosmetik berbahaya berasal dari 6 merek, yaitu dr. Nur Hidayat, Green Aliva, Chrysant, Hayfa, Cantik dan Tabita.

Maraknya Pengedaran Kosmetik Berbahaya di Internet

Menurut penuturan dari Kepala BPOM, Bapak Lucky Slamet, dunia internet dapat dipastikan sangat banyak sekali digunakan oleh para penjual kosmetik berbahaya. Kenapa ?? karena para pembelu tidak dapat melihat produk yang ditawarkannya secara langsung. Bahkan saat ini jual beli kosmetik berbahaya yang menggunakan fasilitas online tengah menjadi sebuah tren.

Rata – rata para pembeli mempunyai ketertarikan yang luar biasa terhadap keuntungan yang akan didapatkan apabila menggunakan produk kosmetik berbahaya yang di jual via internet. Apalagi untuk obat pemutih kulit yang banyak sekali peminatnya. Padahal pihak BPOM tidak pernah mengeluarkan surat izin untuk mengedarkan produk kosmetik tersebut.


Ada baiknya apabila AW’ers mendapatkan tawaran produk kosmetik lewat online, tanyakan terlebih dahulu untuk bahan yang digunakan, serta nomer notifikasi yang dikeluarkan oleh BPOM. BPOM sendiri saat ini telah melakukan koordinasi bersama Kementerian Kesehatan juga Kementerian Komunikasi dan Informatika terkait berjamurnya peredaran kosmetik berbahaya yang ilegal di dunia maya. Bahkan Kemenkominfo sendiri telah melakukan sebuah tindakan yaitu dengan screening beberapa website yang melakukan jual beli kosmetik berbahaya tersebut.

Maraknya Pengedaran Kosmetik Berbahaya di Internet

AW’ers harus sangat bijak dalam menentukan kosmetik yang akan digunakan setiap hari. Berikut ini adalah beberapa tips dalam menentukan kosmetik :

  • Umumnya kosmetik yang menggunakan bahan alami mempunyai batas umur untuk ketahanannya sekitar 3 sampai dengan 3 tahun, namun ada juga memberikan ketahan selama satu tahun.
  • Taruhlah kosmetik pada suhu ruang, bila suhu panas, maka aroma kosmetik bisa dipastikan berubah. Namun bila warnanya berubah, maka ada baiknya jangan digunakan.
  • AW’ers haruslah lebih paham apakah kosmetik yang saat ini digunakan telah mempunyai brand image yang natural atau belum. Perlu AW’ers ketahui bahwa produk kosmetik yang menggunakan bahan dasar alami jelas lebih aman, serta tingkat kelembabannya sudah disesuaikan dengan tipikal kulit penggunanya.
  • Apabila terhadapat sebuah produk kosmetik dimana produk tersebut menawarkan dapat membuat kulit AW’ers putih atau cerah hanya dengan waktu tiga minggu, umumnya menggunakan bahan kimia yang banyak juga berbahaya. Sebab, produk – produk yang memakai jenis bahan alami umumnya baru akan terlihat pada minggu ke-4 hingga minggu ke-5.
  • Mencari lebih banyak informasi tentang sejarah serta reputasi dari perusahaan yang mengedarkan serta memproduksi kosmetik.
  • Lihatlah kembali komposisi produk kosmetik yang AW’ers gunakan, sudahkah yakin bila AW’ers tidak alergi bila didalam produk tersebut terdapat salah satu zat yang malah berbahaya.
  • Bila AW’ers memang tidak memahami dengan jenis, kegunaan, bahkan komposisi kosmetik, coba tanyakan terlebih dahulu ke beauty consultant yang terdapat di gerai kosmetik di kota AW’ers.

Baca juga:

Diatas tadi adalah artikel mengenai Maraknya Pengedaran Kosmetik Berbahaya di Internet. Semoga bermanfaat dan dapat menambah kewaspadaan AW’ers dalam memilih serta menentukan kosmetik. Cantik alami itu butuh proses dan tidak ada yang instan.