Ternyata Ini Martabak Populer yang Banyak Dicari Orang

Posted on

ArenaWanita.com – Menyebut nama martabak pasti sudah terbayang, lapisan kulit renyah yang membungkus adonan telur bawang dan potongan daging yang lezat na gurih. Ada 2 jenis martabak yang kita kenal. Pertama martabak telur yang biasanya berisi daging dan telur. Kemudian ada martabak manis, yang biasanya berisi cokelat, kacang serta keju. Kedua jenis martabak ini memang selalu menggoda selera ya, jika disajikan bersama teh hangat ataupun kopi.

Terlebih jika disajikan saat musim penghujan. Kita bisa menjumpai banyak penjual martabak yang mangkal di pinggiran jalan, hampir setiap kota di Indonesia. Di bayangan kita pasti akan terlintas makanan yang terbuat dari terigu, dan di panggang lalu di jual di pinggir jalan dengan menggunakan gerobak. Ayo kita tengok beberapa martabak yang banyak di kenal di tanah air.

Martabak Air Mancur

Pertama kita ke Bogor, kota hujan ini memang dikenal memiliki beberapa kuliner unik yang menggoda selera. dan kalau singgah ke kota Bogor jangan lupa untuk mencicipi kelezatan martabak air mancur. Yang konon katanya sudah sangat kondang di kota Bogor. Sebagian besar warga Bogor rasanya tidak ada yang tidak mengenal tempat ini.

Martabak air mancur mencoba untuk mengubah cara berpikir, kebanyakan orang Bahwa martabak adalah makanan kelas rendah di pinggiran jalan. Martabak ini menyuguhkan rasa dan tempat bernuansa restoran. Berlokasi di jalan Jendral Sudirman nomor 64, martabak air mancur hampir tidak pernah sepi pengunjung. Yang membuat kita selalu menunggu dalam waktu yang cukup lama.

Toko Martabak Air Mancur Tampak Depan

Tempat Pembuatan Martabak Air Mancur

Tapi hal itu tidak lantas membuat martabak air mancur jadi sepi pengunjung. Pada saat akhir pekan atau musim liburan, antriannya selalu bertambah panjang. Meski hari biasa juga harus mengantri. Selain martabak telur yang terbuat dari adonan telur yang gurih, di timpahi daging sapi yang kenyal. Disini juga menawarkan martabak manis dengan adonan kulit tipis, sehingga saat kita menggigit rasanya sangat renyah.

Martabak air mancur menyediakan berbagai rasa pavorit, seperti martabak jagung spesial, martabak keju stawberry, martabak tipis kering, martabak telur kornet, martabak telur sosis dan masih banyak lagi menu-menu yang ditawarkan disini. Harganya pun bervariasi, antara 15 ribu rupiah hingga 40 ribu rupiah perkotaknya.

Daftar Menu Martabak Air Mancur

Martabak Air Mancur Siap Santap

Martabak Bangka

Lalu selanjutnya ada martabak bangka. Siapa yang tidak mengenal makanan yang satu ini. Iyaa sesuai dengan namanya, martabak bangka adalah makanan khas bangka. Jika dilihat secara sepintas, memang martabak ini tidak ada bedanya dengan martabak manis pada umumnya. tetapi martabak bangka sebenarnya memiliki kekhasan tersendiri.

Ciri khas martabak bangka yaitu kulit martabak terbuat dari tepung terigu, yang di campur soda kue, telur ayam, air, ragi dan santan. Adonan ini menggunakan wadah, seperti wajan besi yang tebal. Hanya dalam waktu singkat kulit martabak ini matang, permukannya bolong-bolong yang dikenal dengan istilah sarang. Diatas permukaan yang bersarang itu bisa diisi dengan keju parut, gula pasir, meses, kacang tanah, ketan hitam atau yet.

Martabak Bangka Campur Keju Cokelat Kacang

Martabak Bangka Keju Coklat

Di tempat asal martabak bangka ini yaitu, Bangka Belitung justru tidak dikenal dengan nama martabak bangka, tetapi justru terkenal dengan nama kue Pangkal Pinang. Kue pinang bangka atau hokklopan yaitu bahasa Cina yang berarti martabak. Untuk menikmati kelezatan martabak bangka ini, kita tidak harus pergi jauh ke Bangka Belitung. Karena memang martabak bangka ini sudah banyak ditemukan di kota-kota lain seperti, Bandung, Jakarta, Palembang dll.

Untuk jenis ukuran martabak konsumen dapat memilih martabak dengan ukuran biasa, atau martabak dengan ukuran kecil atau unyil. Sedangkan rasa yang di gunakan adalah rasa keju, cokelat, blueberry, srikaya dan durian. Martabak bangka memang pavorit banyak orang, hali ini di buktikan dengan adanya warung-warung penjual martabak bangka yang tersebar di seluruh Indinesia. Meskipun asal dari martabak bangka ini adalah kepulauan Bangka Belitung.

Martabak Bangka Keju

Martabak Har

Dan yang terakhir adalah martabak har. Sering dijadikan roti canai atau martabak sebagai cemilan sore hari. Bila anda pecinta hidangan populer asal India Selatan ini, maka anda patut berkunjung ke restoran martabak har, dengan menu utama martabak har. Umumnya, martabak di Jakarta berisi campuran daging giling, irisan daun bawang, serta telur bebek ataupun ayam. Namun martabak ala Palembang berbeda. di Palembang martabak berbeda, hanya berisi kocokan telur bebek ataupun telur ayam. Disantap dengan kuah rempa-rempah dengan campuran kentang di dalamnya.

Secara penampilan dan ukuran martabak ini, tidak jauh dengan martabak kebanyakan. Bahkan adonannya pun dengan tepung yang di putar-piutar hingga menjadi tipis dan lebar. Yang membedakan dari martabak kebanyakan adalah prosesnya. Martabak har ini agak berbeda dengan martabak telur pada umumnya. yang di campur dengan gilingan daging, bawang serta telur bebek ataupun ayam. Martabak ini hanya berisi kocokan telur bebek ataupun ayam, yang dicampur dengan kuah rempah-rempah dan campuran kentang.

Martabak Har Khas Palembang

Sajian Martabak Har

Martabak har tidak mengocok telur bebek pada sebuah wadah, tetapi telur bebek langsung di tuangkan di atas adonan tepung yang dipanaskan di dalam sebuah wajan besar, yang berbentuk ceper tanpa campuran daging ataupun sayur. lebih spesial lagi martabak yang di hidangkan diatas piring. Akan di temani dengan kuah kari kental bersama cacahan cabe rawit bercampur kecap asin. Sensasi kesegaran pedas asem manis asin akan anda dapatkan. Satu porsi martabak tebal cukup untuk membuat anda kenyang. Namun bagi anda yang masih kurang, silahkan untuk pesan lagi yaa.

Baca juga:

Kepuasaan anda menjadi nomor satu di kedai martabak har. Nah tunggu apalagi, jika anda ingin mencicipi roti canai dengan cocolan kuah kari nikmat. Serta gurihnya nasi briani yang begitu terasa bumbu rempahnhya. Segeralah ajak keluarga ataupu sahabat ke restoran martabak har. makanana yang tersdiapun beragam, selain martabak har dan martabak spesial, disini juga tersedia juga nasi minyak, nasi briani, kambing guling, kambing goreng ala har dan ayam goreng ala har.

Kata Kunci Halaman Ini:

martabak bangka keju coklat, martabak bangka, martabak har bogor, agar kulit martabak tipis, daftar menu martabak manis, foto martabak hangat, martabak keju bangka