Melakukan Olahraga Yoga Dengan Benar Itu Seperti Ini !! Kamu Harus Baca

Posted on

ArenaWanita.com | Olahraga yoga merupakan suatu olahraga yang mulai banyak diminati oleh banyak orang khususnya kaum wanita yang mempunyai hobby olahraga. Yoga menjadi salah satu olahraga yang ringan dan menyehatkan serta tidak memerlukan biaya yang besar.

Namun yoga juga harus dilakukan dengan cara yang benar dan tepat. Karena jika salah melakukannya, rasanya percuma saja anda melakukan olahraga yoga tersebut.

Berikut akan dibahas mengenai cara melakukan yoga yang tepat. Sehingga anda akan mendapatkan manfaat sesuai dengan yang anda inginkan dalam berolahraga. Waktu yang paling baik dan tepat dilakukan pada olahraga ini yaitu saat matahari baru saja terbit. Sekitar pukul 05.30 sampai pukul 06.30. Waktu tersebut adalah waktu yang sangat strategis dalam melakukan yoga.

Pilihlah lingkungan yang segar dan tempat yang enak serta udara yang sehat dan segar untuk melakukan yoga. Ingat juga bahwa saat melakukan olahraga ini perut anda harus dalam keadaan kosong atau belum makan apapun. Jangan dulu sarapan pagi, lebih baik anda olahraga yoga terlebih dahulu.


Jangka waktu yang tepat sebelum melakukan yoga adalah sekitar 3 jam. Jadi selama 3 jam tersebut, perut anda harus dibiarkan kosong. Anda baru diperbolehkan makan setelah yoga selesai, minimal setengah jam sesudah olahraga.

Melakukan Olahraga Yoga Dengan Benar - ArenaWanita.com

Lakukan latihan olahrga ini di atas sebuah tikar atau bisa juga karpet tipis yang tidak terlalu empuk. Mulailah dengan menarik dan menghembuskan nafas melewati hidung. Cara tersebut amat tepat dilakukan selama olahrga yoga berlangsung. Untuk anda yang masih terbilang pemula dalam olahraga ringan ini bisa mencoba beberapa paket yoga yang disebut pranayama, lalu asana, dan terakhir baru meditasi. Lalu anda bisa maju ke tahap berikutnya yang bisa dimulai dengan tahap meditasi di awal, lalu ke tahap asana dan terakhir pranayama. Teknik latihan yoga memang harus dibalik seperti itu.

Selama olahraga yoga tersebut berlangsung hendaknya anda tidak mengeluarkan suara atau berbicara selama 1 jam penuh. Dan setiap hari anda harus membiasakan diri untuk tidak berbicara selama 1 jam agar anda dapat menguatkan mental serta pikiran menjadi lebih tenang saat berfikir. Selain pada pagi hari, waktu yang tepat untuk anda melakukan olahraga ini bisa pada saat sore hari. Waktu yang tepat pada sore hari itu adalah tepat 3 jam setelah anda selesai makan siang.

Olahraga yoga merupakan olahraga yang bisa dilakukan oleh siapapun. Tidak terbatas pada usia, gender atau kalangan tertentu. Doa yang diucapkan pada saat sedang melakukan olahraga pun bisa disesuaikan dengan agama dan kepercayaan masing-masing. Namun khusus untuk wanita hamil ada beberapa gerakan yang harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Gerakannya pun terbatas karena takut mengganggu janin yang sedang dikandung. Doa yang diucapkan setelah yoga adalah doa yang dimaksudkan agar orang yang melakukan olahraga tersebut mendapat kesehatan selalu secara fisik, mental ataupun secara moral pribadi.

[Baca juga >> Tips Perawatan Rambut Rontok yang Praktis dan Alami]

Bagi para peserta yoga yang sedang sakit, sehabis sembuh dari sakit, atau juga sehabis melakukan operasi harus memberitahukan hal tersebut kepada guru yoganya agar jangan melakukan gerakan-gerakan yang berat atau dapat memberatkan si peserta. Dalam tahap asana dalam olahraga yoga ini, maka jangan harus dilakukan dengan sangat hati-hati dan dengan gerakan yang pelan karena pada tahap ini biasanya peserta yoga menemui posisi sulit.


Kata Kunci Halaman Ini:

waktu yang tepat untuk yoga, tata cara yoga, makan setelah yoga, senam yoga apa bisa di lakukan setelah makan, yoga bagus di lakukan pada jam, tahap yoga, berapa lama masing masing gerakan yoga harus di lakukan, tata cara sebelum yoga, aturan sebelum dan sesudah melakukan yoga, apakah senam yoga baik