Memantau Perkembangan Bayi Usia 0-12 Bulan

Posted on

ArenaWanita.com | Memantau Perkembangan Bayi Usia 0-12 Bulan – Memiliki bayi yang sehat adalah dambaan semua orang tua di dunia. Sejak dilahirkan bayi akan menjadi pusat fokus utama orang tua terkait dengan kesehatan dan tumbuh kembang sang bayi.

Perkembangan bayi harus terus dipantau oleh orang tua agar sang buah hati tumbuh menjadi anak yang sehat dan berkembang dengan pesat. Sebagai orang tua anda wajib memantau perkembangan bayi seiring bertambahnya usia bayi. Berikut ini ulasan perkembangan bayi menurut usianya.

1. Usia 3-4 bulan

Pada usia 3 sampai 4 bulan bayi akan tengkurap dengan sendirinya. Bayi akan mulai mampu membuat gerakan dengan miring kanan dan miring kari hingga akhirnya bayi akan tengkurap. Bayi tengkurap terjadi ketika bayi berhasil bertumpu pada perutnya dan akan bertahan pada posisi tersebut dalam beberapa saat. Namun pada usia ini kadang bayi masih membutuhkan bantuan orang tua untuk berbalik terlentang kembali.

2. Usia 4 bulan

Saat usia 2 bulan bayi mulai mampu menggerakkan kepala dan lehernya. Pada usia 4 bulan bayi sudah mampu mengangkat kepala pada posisi tengkurap. Kemampuan bayi mengangkat kepalanya membantu melatih ketajaman penglihatan bayi.

3. Usia 4-5 bulan

Pada usia ini bayi akan mulai mengeluarkan suara keras dan lantang seperti tertawa dan menjerit spontan. Pastinya bayi anda sering memekik gembira ketika ia melihat kehadiran anda atau dapat meraih sesuatu yang diinginkannya. Suara yang dikeluarkan bayi adalah cara dia berkomunikasi dengan anda atau dengan orang yang berada di sekelilingnya. Celotehan yang terlontar dari mulut bayi biasanya bersuara seperti menyebut huruf.

Memantau Perkembangan Bayi Usia 0-12 Bulan

4. Usia 7-8 bulan

Pada usia ini bayi akan mulai mampu memegang benda dengan kedua tangannya. Selain itu pada usia 7 bulan tangan bayi akan semakin terampil dengan menggunakan tangan satunya untuk memegang benda dan tangan satunya untuk mengekporasi benda lain. Coba anda perhatikan bila tangan bayi memegang mainan dan anda memberikan mainan lagi maka bayi akan meraih dan memegangnya dengan tangan satunya.

Saat mulai belajar menyangga kepala bayi akan belajar mengangkat tubuhnya. Dan saat usia 6 bulan bayi akan mulai belajar duduk dengan mengandalkan satu atau dua tangannya untuk duduk. Pada usia 7-8 bulan otot-otot punggung dan leher bayi sudah mulai kuat dan bayi mulai mampu duduk dengan sendirinya. Setelah mampu duduk bayi akan mulai belajar merangkak yang dapat menguatkan otot-otot yang akan membantunya berjalan.

5. Usia 9-12 bulan

Pada usia ini perkembangan bayi mulai maju dengan pesat mulai dari belajar makan sendiri, mengenal orang-orang disekitarnya dan takut terhadap orang yang tidak dikenalnya.

Semoga penjelasan di atas dapat membantu anda dalam memantau perkembangan sang buah hati di rumah. Salam.

Kata Kunci Halaman Ini:

bagaimana memantau perkembangan bayi, cara memantau pertumbuhan bayi, bagaimana cara memantau tumbuh kembang bayi, cara melatih bayi berbalik dari posisi tengkurap, cara memantau perkembangan bayi yang baik, mematau perkembangan anak, perkembangan anak 3 Sampai4 bulan

Baca Juga:

loading...