Memilih Bahan Seprai Yang Berkualitas Untuk Tidur Yang Nyaman

Posted on

ArenaWanita.com | Memilih Bahan Seprai Yang Berkualitas Untuk Tidur Yang Nyaman – Kualitas tidur seseorang tentu sangat dipengaruhi oleh kenyamanan tempat tidurnya. Hal yang sering kali luput diperhatikan dalam penataan sebuah kamar tidur adalah sprai. Padahal, seprai sangat menentukan kenyamanan ketika sedang tidur. Bayangkan saja jika anda tidur di atas seprai yang panas, dan kasar, pasti kualitas tidur anda juga akan terganggu.

Di pasaran sendiri, ada banyak bahan sprei yang diperjualbelikan. Tetapi, hanya ada beberapa bahan tertentu yang akan menawarkan kenyamanan yang ekstra untuk anda. Ada setidaknya lima jenis bahan perlengkapan tidur (sprei, sarung bantal, sarung guling) yang umum dan paling ideal untuk anda.

Seorang praktisi sekaligus pengamat tekstil, Yuliab Korsen, memaparkan tentang “Rahasia Kain Untuk Kenyamanan Tidur” pada acara diskusi di restoran Kembang Goela, Plasa Sentral, Jakarta Pusat, Rabu kemarin. Bahan-Bahan sprai yang mendukung kenyamanan tersebut adalah sebagai berikut.

  • Polyester

Kain jenis ini merupakan kain yang tahan lekukan, tidak mudah kusut, karena bahan ini terbuat dari semacam plastik. Jenis kain ini sangat sering digunakan untuk bahan seprai. Namun, daya serap bahan ini kurang bagus, sehingga tidak cocok digunakan di daerah yang memiliki iklim tropis.


  • Rayon

Jenis bahan kain seprai ini terbuat dari serat kayu yang tentunya memiliki daya serap yang tinggi. Tekstur bahan ini juga sangat lembut dan nyaman. Kekurangan dari bahan rayon adalah daya tahannya rendah, mudah rusak, dan cenderung tidak kuat ketika dalam keadaan basah. Oleh karena itu, seprai dengan jenis bahan rayon tidak boleh sering-sering dicuci karena akan menjadikannya menyusut dan susah kembali ke bentuknya yang semula.

Memilih Bahan Seprai Yang Berkualitas

  • Lyocell

Di Indonesia, bahan ini lebih terkenal dengan sebutan Tencel yang hanya di produksi di Negara Austria. Bahan ini terkenal sangat mudah menyerap keringat dan juga kelembapan. Teksturnya juga sangat lembut jika dibandingkan dengan sutera, dan dapat lebih dingin jika dibandingkan dengan Linen. Namun, bahan Lyocell ini sangat terbatas, sehingga tak heran jika seprai dengan bahan Lyocell ini memiliki harga yang cukup mahal.

  • Katun

Bahan ini memang paling ideal dan paling sering digunakan untuk bahan seprai. Kelebihan kain katun adalah teksturnya yang lembut, dapat menyerap kelembapan sekaligus keringat, sejuk, dan tentu saja nyaman. Katun yang berkualitas unggul memiliki kilau yang hampir mirip dengan bahan sutera. Yuliab juga mengatakan bahwa kain katun ini akan menjadi semakin baik jika sering dicuci.

Memilih Bahan Seprai Yang Berkualitas Untuk Tidur Yang Nyaman

  • Bahan Campuran Katun-Polyester

Secara keseluruhan, bahan katun ini memang menawarkan segala kenyamanan serta kemewahan untuk pemakainya. Tetapi salah satu kekurangan dari bahan katun ini adalah mudah kusut sehingga mengurangi unsur estetikanya.

Baca juga:

Nah, untuk menyiasati hal ini, beberapa produsen tertentu biasanya mengkombinasikan katun dengan bahan Polyester agar mendapatkan seprai yang berkualitas sekaligus memiliki nilai estetika.


Kata Kunci Halaman Ini:

ciri ciri bahan lyocell