Beberapa Cara yang Membuatmu Memiliki Postur Tubuh Ideal, Semakin Cantik ataupun Tampan

Posted on

ArenaWanita.com | Memiliki Postur Tubuh Ideal – Perhatiin deh sebantar bentuk badanmu, Aoakah posturnya sudah benar? Atau malah membungkuk, bahu tidak seimbang, leher kaku ke depan? Itu adalah contoh dari sikap badan yang tidak benar.

Postur salah tersebut bisa disebabkan oleh leher yang ototnya lemah, posisi duduk dan tidur yang tidak tepat, hingga waktu bekerja di depan komputer terlalu lama.

Selain tidak enak dipandang, postur tubuh seperti itu berbahaya bagi saraf dan urat. Terutama bagian leher dan punggung yang memiliki saraf penting. Bisa saja kamu mendapatkan penyakit urat kejepit yang butuh terapi untuk menyembuhkannya, atau tiba-tiba mengalami kelumpuhan.

Nah bagi para pembaca sekalian yang tidak ingin mendapatkan resiko tersebut, di bawah ini udah dikumpulin beberapa sikap badan yang salah dan bagaimana caranya membuatnya kembali ideal.


  • Badan yang bungkuk kana membuatmu kelihatan tidak menarik dan kurang segar. Perbaiki dengan cara telungkup dan menekuk siku

Lemahnya sendi tulang selangka bisa menyebabkan kebungkukan. Ini membuat otot di bagian dadamu bekerja sendirian. Akibatnya bahu cenderung maju ke depan dan ubuh terlihat membungkuk.

Beberapa Cara yang Membutamu Memiliki Postur Tubuh Ideal, Semakin Cantik ataupun Tampan

Perbaiki sikap bungkukmu dengan telungkup di lantai dan merentangkan tangan ke arah samping. Kemudian tekuk sikumu menjadi sudud 90-derajat. Lalu angkat kedua tanganmu hingga tulang belikat kanan dan kirimu bertemu. Tahan selama 5 detik dan ulangi dari awal hingga hitungan 12, bisa dilakukan 2-3 kali per hari.

  • Masalah postur tubuh akan selalu menyerang kamu yang bekerja di depan komputer: leher condong ke depan

Ini adalah masalah utama yang sering menyerang para pegawai kantoran. Apalagi kamu yang kerjanya duduk menghadap komputer, alhasil leherpun akan cenderung condong ke arah depan. Kondisi tersebut disebabkan oleh otot belakang leher yang kaku. Nah buat kamu yang ingin merenggangkan kembali otot yang kaku, caranya mudah. Pertama gerakkan bagian kepala seperti saat melakukan pemanasan yaitu turunkan seperti mengangguk hingga bagian dada, tahanlah selama 5 detik. Lakukan selama 10 kali dalam sehari, jangan terlalu keras, santai saja dan perlahan.

  • Dua cara membuat panggulmu normal, walaupun asalnya condong ke depan. Lakukan peregangan pada otot kaki dan perut, panggul pun normal, perut buncit hilang!

Panggulmu maju ke arah depan dan membuat pantatmu menungging. Biasanya disebabkan oleh tulang belakang badian bawah tidak stabil. Kondisi tersebut bisa membuat lebih parah jika otot perutmu tidak terlatih.

Baca juga:

Disini kami tidak menyuruh kamu buat mengecilkan bagian perutmu, melainkan cukup melakukan beberapa gerakan yang bsia melatih otot perutmu. Caranya, pertama berlutut dengan kaki sebelah kanan mau ke depan. Selanjutnya tekan tubuh bagian depan hingga merasakan peregangan di pinggul kiri. Kencangkan bagian otot pantat hiingga pinggul ikut meregang. Julurkan tanganmu ke kiri, ke depan, dan ke kanan. Tahan lebih dari setengah menit. Nah itu baru satu sisi, lakukan dengan posisi kaki kiri di depan. Lakukan hingga 3 kali pengulangan.