Mempelajari Resep Masakan Buka Puasa Praktis Yang Enak Disantap

Posted on

ArenaWanita.com | Resep Masakan Buka Puasa Praktis – Ingin tahu resep masakan buka puasa praktis tapi enak disantap? Nah, berarti anda datang ke tempat yang tepat di waktu yang tepat. Tetap disini ya untuk membaca beberapa informasi tentang resep makanan yang lezat dan gurih untuk disantap.


Sebelum menginjak ke resep yang lebih dalam lagi, kita bahas dulu sebenarnya apa sih buka puasa itu? mungkin suda banyak yang tahu tentang buka puasa ini.

Ritual buka puasa ini adalah, makan dan minum yang dilakukan pada waktu maghrib setelah seharian berpuasa. Seharian berpuasa kan otomatis perut kruyuk-kruyuk, jadi makanan dan minuman yang tepat sangat perlu untuk disantap. Lalu bagaimana jika anda punya waktu yang sedikit untuk menyiapkan hidangan buka puasa? Nah, untuk itulah kami menyediakan informasi resep masakan yang praktis untuk hidangan buka puasa.

Pernah mendengan kata mendoan? Yap, mendoan adalah makanan khas Purwokerto dengan khas gurihnya yang lezat. Dinamakan mendoan karena mendoan ini adalah sebuah tempe dengan lapisan tepung yang digoreng setengah matang alias mendo.

Nah, mendoan ini sangat cocok sekali untuk dijadikan resep masakan buka puasa praktis yang enak sekali untuk disantap. Selain mudah untuk dibuat, mendoan ini juga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk membuatnya. Ingin tahu bahan-bahan dasarnya?

Masakan Buka Puasa Praktis

Nah, untuk bahan-bahan dasarnya itu jelas ada tempe mendoan, kemudian tepung terigu,  daun bawang, air putih secukupnya dan minyak goreng. Nah loh, udah dikit bahan-bahan dasarnya pasti mudah nih cara buatnya? Ya jelas mudah, karena memang mendoan ini kan gorengan yang dibuat setengah matang. Tapi, mendoan kan juga ada bumbunya, jadi kita juga harus membuat bumbunya yang berbahan dasarkan 4 siung bawang merah, 4 siung bawang putih, 1 sendok makan ketumbar, 5 butir kemiri, 1 cm kunyit, dan 1 cm kncur.

Sekarang, kita lanjut ke cara-cara pembuatannya. Pertama, tempe mendoan yang telah kita beli kita potong tipis lebar. Biasanya untuk tempe mendoan memang sudah dibentuk sedemikian rupa dengan ukuran mendoan, jadi tidak usah dipotong dan diris juga gak apa-apa sebenarnya.  Sebelumnya siapkan dahulu bumbu yang telah dijelaskan bahan dasarnya diatas, yaitu dengan menumbuk halus bahan-bahan dasar bumbu dan campurkan dengan terigu yang telah disiapkan ditambah air putih dan sedikit garam.

Baca juga:

Setelah itu baru celupkan tempe ke bumbu adonan yang dibuat dna gorenglah setengah matang agar terkesan mendo seperti mendoan asli. Bagaimana Mudah kan? Eitss, tapi tunggu dulu, mendoan tidak akan enak tanpa peran dari sambal yang pedas dan gurih. Tumbuk 10cabai rawit segar dan campurkan dengan 5 sendok makan kecap untuk membuat sambal mendoan yan glezat dan gurih. Nah, mungkin resep masakan buka puasa praktis ini saja yang bisa kami sajikan. Semoga bermanfaat.


Kata Kunci Halaman Ini:

resep sayur sambal praktis buat buka puasa