Mengaplikasikan Desain Interior Rumah Kayu di Rumah Anda

Posted on

ArenaWanita.com | Desain Interior Rumah Kayu – banyak disukai. Pasalnya penggunaan kayu akan membuat nuansa alami dan natural di dalam rumah. Kesan elegan juga sangat menonjol dengan penggunaan kayu sebagai interiornya. Desain interior menggunakan kayu dapat diaplikasikan untuk rumah modern maupun rumah tradisional.

Perbedaaannya terletak pada gaya  modern yang cenderung berkiblat ke barat, sedangkan desain interior menggunakan kayu rumah tradisional, lebih cenderung menampilkan budaya dan kesenian lokal, terutama pahat.

Penggunaan kayu sebagai  bahan bangunan sebenarnya sudah lumrah ditemui, baik di kota maupun di desa. Hal ini dikarenakan harga bahan bakunya yang cenderung lebih murah dibanding dengan bahan bangunan rumah modern.

Sebelum anda memutuskan menggunakan desain interior rumah kayu, ada baiknya anda memutuskan untuk menggunakan model ala barat atau timur. Hal ini anda sesuaikan dengan selera, dan tebal tipisnya kantong anda.


Model interior kayu barat maupun timor dapat diapikasikan pada rummah modern, karena yang dimainkan ialah desain interiornya. Untuk desain interior kayu ala timur, anda bisa merujuk ke desain rumah tradisional Indonesia, Jepang, maupun Tiongkok.

Interior Rumah Kayu

Dimana penggunaan kayu sangat menonjol pada tiang, dinding dan lantai. Sedangkan ornamen tambahan, seperti lemari, meja, atau rak buku disesuaikan dengan kebutuhan. Detail pintu, jendela, langit-langit sangat diperhatikan, karena kesan tradisional memancar dari detailnya. Jika anda menggunakan ukiran, kesan tradisional Indonesia sangat kentara, sedangkan jika anda memainkan lekuk dan bentuk, anda dapat mengadopsi desain interior kayu seperti negeri sakura.

Sedangkan jika anda merujuk ke model interior kayu ala barat, anda akan menonjolkan interior pada kombinasi jendela dan dinding. Pada umumnya desain interior barat menonjolkan pada kaca yang cukup besar, sedangkan kayu digunakan untuk perabotan dan dinding. Persamaan keduanya adalah pemanfaatan kayu untuk langit-langit rumah, sehingga kesan natural dan tadisional sangat kentara.

Baca juga: Sifat Golongan Darah O

Hal-hal yang perlu anda perhatikan ialah perawatan dan kualitas bahan kayu. Pasalnya, Indoensia merupakan negeri tropis, dimana rayap dapat menyerang perabotan dari bahan kayu. Anda tentu  tidak menginginkan desain interior kayu anda yang indah dimakan rayap bukan? Anda bisa menggunakan tanah kapur untuk meningkatkan keasaman tanah. Rayap tidak menyukai tanah yang terlalu asam, dan untuk menghindari serangan rayap ke kayu, anda bisa menggunakan cairan anti rayap.

Anda juga dapat menambahkan alummunium pada sudut kusin untuk menghindari rayap. Untuk pemilihan kayu, pilihlah yang memiliki 12% kandungan air atau  kurang, hal ini untuk menghindari penyusutan kayu dalam jangka panjang. Anda bisa menambahkan plistur atau membiarkan kayu yang interior tetap berwarna alami, tergantung selera anda sebenarnya. Itulah beberapa hal yang harus anda perhatikan, sebelum memutuskan menggunakan desain interior rumah kayu modern.


Kata Kunci Halaman Ini:

interior rumah kayu