Menjawab Pertanyaan Bagaimana Agar Bayi Tidak Sungsang

Posted on

ArenaWanita.com | Bagaimana Agar Bayi Tidak Sungsang – Trimester ketiga adalah saat-saat paling menegangkan bagi seorang calon ibu. Ia akan segera menghadapi persalinan untuk melahirkan si buah hati ke dunia. Jauh-jauh hari sebelumnya, tentunya ibu telah menyiapkan segalanya, misalnya nutrisi, kebutuhan pakaian, dan berbagai aspek yang menyangkut si jabang bayi.


Dalam melakukan pemeriksaan secara teratur terhadap si jabang bayi, perlu dilakukan pemantauan apakah si jabang bayi telah berada di posisinya atau sungsang.

Sungsang diartikan sebagai kelainan letak bayi, yang menempatkan posisi bokong di bawah dan kepala lebih jauh dari jalan lahir. Umumnya, bayi yang akan lahir memiliki posisi kepala di bawah.

Untuk menghindari si jabang bayi dalam posisi sungsang, terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan secara mandiri dan medis. Cara-cara ini bisa diterapkan untuk mendapatkan kembali posisi bayi dengan kepala yang berada di dekat jalan lahir.

Kemudian bagaimana agar bayi tidak sungsang? Berdasarkan pada pengetahuan medis, untuk mengindari kelahiran sungsang dapat dilakukan beberapa langkah berikut.

Bagaimana Agar Bayi Tidak Sungsang

  • Memijit perut untuk memutar posisi bayi agar kembali normal sebelum waktu kelahiran tiba. Hal ini sayangnya berisiko apabila dilakukan tanpa pemahaman dan cara yang baik dan benar. Cara memijat yang benar adalah dengan lembut, searah jarum jam, serta menggunakan tanah yang bisa merangsang sendiri ke tanah.
  • Memeriksakan kandungan dan mengeceknya dengan USG serta meminta dokter membantu memutar posisi janin yang ada dalam kandungan.
  • Melakukan knee chest sebagai bagian dari senam hamil juga pas untuk dilakukan, agar terjadi perangsangan pemutaran janin.
  • Memastikan kondisi tubuh agar hidup sehat, bahkan sebelum hamil mungkin tidak begitu penting, akan tetapi sekarang kita bisa mereflesikan itu dengan kehidupan yang telah terjadi.
  • Menghilangkan kecemasan terhadap posisi janin dan sugestikan agar janin bisa kembali ke posisi yang benar
  • Melakukan senam hamil di kolam untuk melatih otot perut sehingga janin juga memiliki ruang gerak dan mengubah posisinya.
  • Memancing perubahan posisi janin dengan menyinarkan cahaya senter ke bagian perut. Cahaya senter ini akan tertangkap rahim sehingga Anda bisa mengarahkannya pada kepala si jabang bayi ke jalan lahir. Selain cahaya, musik juga bisa dapat membantu perubahan posisi janin.

Baca juga:

Itulah beberapa cara yang tepat untuk dilakukan mengenai bagaimana agar bayi tidak sungsang. Dengan begitu, masalah tentang bagaimana agar bayi tidak sungsang pada saat-saat yang dekat dengan persalinan dapat terhindarkan. Semoga dengan adanya beberapa cara tersebut, kasus sungsang pada kehamilan tidak dipermasalahkan terlalu jauh lagi. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi calon ibu yang sedang mempersiapkan diri menuju persalinan. Dengan langkah tersebut, ibu juga bisa lebih rileks menghadapi permasalahan tersebut, kalau-kalau ia mengalaminya.


Kata Kunci Halaman Ini:

menjaga bayi agar tidak sungsang waktu melahirkan, cara alami mengatasi bayi agar tidak sunsang, cara agar jabang bayi tidak sungsang, bagaimana cara membuat agar kepala janin berada di bawah, bagaimana agar kepala bayi ada d bawah perut, bagai mna cara supaya bayi kepala berada di bawah di dlm kndungan, agar tidak sungsang saat mlhirkan, agar posisi bayi tidak sungsang, agar bayi tidak sungsang, yang harus dilakukan agar bayi tidak sungsang