Ternyata Seperti Ini Mie Berwarna Unik yang Rasanya Lezat

Posted on

ArenaWanita.com – Makanan berbahan baku mie memang memiliki banyak penggemar dan tak pernah lekang oleh waktu. Namun sayangnya banyak pihak yang tidak bertanggung jawab yang menggunakan bahan-bahan berbahaya dalam pembuatan mie.


Buruknya pengaruh zat pewarna dan pengawet yang terkandung dalam mie, memaksa siapaun untuk berpikir ulang sebelum mengkonsumsinya.

Untungnya, tangan-tangan kreatif juru masak Indonesia berhasil menciptakan aneka mie sehat yang dibuat dari bahan baku yang sehat dan aman untuk kesehatan. Konsep mie sehat merupakan salah satu bentuk inovasi yang menarik, karena penikmat kuliner tidak hanya mendapatkan rasa yang enak. Tetapi juga yakin bahwa apa yang di konsumsinya baik untuk kesehatan. Inilah beberapa olahan mie yang berbahan dasar tumbuhan organik.

Mie Hijau

Yang pertama ada mie hijau. Makanan bertekstur kenyal ini selain memiliki rasa yang lezat tentunya juga menggugah selera dengan warna hijau yang di kandungnya. Mie hijau ini dibuat dari bahan-bahan yang sama dalam pembuatan mie seperti tepung, telur dan air. Yang membuatnya berbeda adalah penambahan sawi yang membuatnya berwarna hijau. Sayuran sawi hijau yang terkandung dalam mie hijau ini termasuk dalam pamilik rusiperae.

Sawi hijau mengandung asam oksalat yang membantu mencegah hilangnya mineral, seperti kalsium dalam proses pemasakan. Sayuran ini juga mengandung salah satu jenis vitamin B kompleks, yaitu asam nikotinik yang membantu mencegah berbagai penyakit. Bahkan berfungsi sebagai zat anti kanker. Kandungan seratnya yang tinggi juga bermanfaat sebagai pencegah konsivasi dan memperlancar pencernaan.

Mie Hijau Lezat

Mie Ungu

Untuk anda pecinta buah, mie ungu ini mungkin dapat menjadi reference kuliner anda. Warnanya yang unik karena penggunaan buah bit sebagai salah satu bahan utama dalam pewarnaan ini. Rasanya yang kenyal ditambah sensasi buah bit yang menyegarkan. Dijamin dapat menggugah selera makan anda. Tak hanya nikmat, buah bit juga mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan anda. Umbinya yang berwarna merah tua ini banyak ditanam di dataran tinggi di Indonesia.

Buah bit merupakan sumber mineral yang sangat baik. Dapat digunakan untuk menghilangakan adanya asam dalam perut serta pengobatan kantong empedu dan hati. Kandungan vitamin A dalam buah bit sangat tinggi sehingga tidak hanya baik untuk pembersihan sistem, tapi juga untuk pencernaan dan limpa. sejak tahun 50 an buah bit telah sukses digunakan untuk pengobatan beberapa jenis kanker. Namun, ada yang harus diperhatikan nih. Mengkonsumsi buah bit harus hati-hati, karena memiliki kekuatan yang luar biasa untuk menghancurkan kanker dalam tubuh. Sehingga dapat menyebabkan demam karena proses penghancuran bibit tumor yang dilakukan dengan cepat.

Mie Ungu Enak

Mie Hitam

Mie dengan warna hitam yang dihasilkan dari tinta cumi ini menjadi kreasi mie berwarna berikutnya. Walaupun warnanya yang hitam pekat kurang menarik dimata, mie ini rasanya sangat gurih. Karena adanya sensasi kepala cumi yang dihaluskan dalam adonnanya. Selain itu mie ini kaya akan kandungan gizi. Dalam pembuatan mie hitam, tinta cumi yang menjadi baha baku utama dimasukan kedalam adonan mie, dengan cara ini kita mendapatkan mie dengan citarasa tinta cumi. Tetapi gigi kita tidak menjadi hitam olehnya. Mie hitam ini semakin lezat karena ditumis dengan tambahan siput dan cabe kering yang pedas dan menggigit.

Teksturnya juga kenyal karena kandungan protein alami dari tinta cumi. Hmmm, dijamin memancing selera makan anda. Tinta cumi yang dijadikan sebagai pewarna alami ini memang mengandung asam glutamak dan asam amino yang memberikan rasa gurih dan sedikit asin seperti saos ikan. Menurut study yang dilakukan beberapa penelitian, tinta cumi juga bersifat anti angiogenic yang dapat mencegah pertumbuhan sel-sel tumor. Termasuk mencegah pertumbuhan pembuluh darah baru yang menyebabkan tumor dan sel kanker baru. Bagaimana luar biasa bukan.

Mie Hitam Enak

Mie Pelangi

Untuk anda pecinta warna, mungkin mie yang satu ini dapat jadi inspirasi kuliner anda dengan bermacam-macam warna. Mie pelangi adalah mie dengan berbagai macam campuran bahan seperti sayuran dan buah-buahan. Salah satu jenis mie ayam terobosan terbaru ini memang terlihat sekilas mirip dengan olahan mie lainnya. Hal ini karena bentuk dan komposisi penyajiannya pun sama dengan kebanyakan mie-mie yang dijual biasanya. Perbedaan yang paling mencolok antara mie pelangi dengan mie biasa terletak pada warna mienya. Mie unik ini memiliki 3 warna yaitu merah, kuning dan hijau. Mungkin itu salah satu alasan kenapa mie ayam tersebut diberi nama mie ayam pelangi.

Mie Pelangi Jogja Gurih

Dalam proses pewarnaannya, mie ayam pelangi ini tidak diberi pewarna makanan yang biasa digunakan untuk kue-kue basah. Tetapi pewarnaanya menggunakan zat-zat yang terkandung dari dalam sayur-sayuran. Warna merah didapat dari sari pati ubi, warna kuning diambil dari sayuran wortel dan warna hijau diambil dari sayuran daun bayam. Mie ini sangat cocok dikonsumsi anak-anak yang tidak suka mengkonsumsi sayur-sayuran. Tertarik untuk mencoba?


Kata Kunci Halaman Ini:

buah ungu utk mie, Mi unik pelangi, mie campuran sayur dan buah, pewarna makanan aman dan sehat untuk mie ayam, warna hijau pada mie