Beberapa Minuman Es Tradisional Indonesia yang Wajib AW’ers Jajal

Posted on

ArenaWanita.com – Indonesia selain memiliki kekayaan alam dan budaya, negeri kita ini juga terkenal dengan kulinernya. Karena terdiri dari banyaknya daerah serta suku, tentunya makanan dan minuman di Indonesia pun sangat beragam.


Dimana setiap daerah di Indonesia memiliki khas kulinernya masing-masing seperti beberapa es tradisional indonesia berikut ini.

Es Pisang Ijo

Yang pertama adalah es pisang ijo. Bagi anda penggemar es pastinya anda sudah sering mendengar bahkan merasakan nikmatnya es dari kota angin Mamiri ini. Ya, es yang sedang populer di Indonesia ini dijamin memberikan citarasa khas yang nikmat. Dimana kesegaran es rasa manis sirup dan kelegitan pisang jadi daya tarik es tradisional ini. Selain kenikmatan rasanya kandungan vitamin buah pisang juga cukup banyak.

Proses pembuatan pisang ijo ini pun termasuk mudah, bahan-bahan yang digunakan hanya pisang, tepung beras, susu dan sirup. Tapi pisangnya harus pisang raja, agar rasanya enak dan lezat. Pisang yang telah dimasak dibungkus dengan tepung beras berwarna hijau, sehingga disebut pisang ijo.

Es Pisang Ijo

Setelah dipotong-potong pisang ijo disiram dengan sirup secukupnya. Agar lebih segar tambhakan es batu dan susu kental manis, sehingga memberikan kesejukan diklongkongan saat melepas dahaga.

Es Palubutung

Selain es pisang ijo, kota Makasar juga punya es tradisional lain yang tidak kalah nikmatnya, yaitu es palubutung. Ya, seperti bahan pisang ijo es palubutung juga menggunakan pisang, bisa pisang raja atau kepok. Tapi pisang kepok lebih sering digunakan dan proses pembuatannya pun sama seperti pisang ijo. Pisangnya harus dikukus terlebih dahulu, hanya saja pisang disini polos tanpa dibungkus tepung beras berwarna hijau. Nah untuk campuran sausnya cukup tepung terigu, garam dan gula dicampur dengan santan kental. Tidak lupa diberi daun pandan, agar citarasanya semakin sedap dan wangi.

Es Palu Butung

Setelah matang pisang lalu didinginkan, kemudian giliran bahan saus yang dimasak. Hanya beberapa menit saus inipun mengental, agar merata maka perlu diaduk. Setelah dingin pisang mulai dikupas lalu dipotong-potong kedalam mangkuk dan dicampur dengan saus. Agar lebih nikmat tambahkan sirup pisang ambon atau rasa coco pandan serta susu.

Es Goyobod

Es Goyobod

Selanjuynya ada es goyobod. Nah, kalau es yang satu ini berasal dari daerah Jawa Barat. Kenapa disebut es goyobod? karena minuman segar ini berbahan dasar goyobod, yakni racikan sagu yang dicampur skoteng, santan kelapa dan pemanis sirup gula. Selain itu ada tambahan lain dalam es goyobod yakni alpukat dan kelapa muda. Kemudian bahan-bahan tersebut disiram santan dan sirup manis. Agar terasa dingin dan menyegarkan ditambahkan serutan es batu, karena manis dan menyegarkan es goyobod paling pas dinikmati dikala siang hari.

Es Kacang Merah

Lalu ada juga es kacang merah. Bisa dibilang es kacang merah adalah salah satu jenis kuliner khas Indonesia yang sangat diminati. Di Indonesia sendiri ada 2 daerah yang dikenal dengan kekhasan es kacang merahnya yaitu Palembang dan Manado. Namun ada sedikit perbedaan dari es kacang kedua daerah tersebut yakni Manado kacang merah disajikan dengan susu kental manis coklat, sementara di Palembang untuk manisnya diberi sirup merah atau coco pandan.

Es Kacang Merah

Selain rasanya yang nikmat,es kacang merah memiliki kandungan gizi yang sangat baik, karena kacang merah sangat kaya akan asam polat, kalsium, karbohoidrat kompleks, serat dan protein yang tergolong tinggi. Kandungan karbohidrat kompleks dan serat yang tinggi dalam kacang merah membuatnya dapat menurunkan kadar kolestrol darah.

Baca juga:

Nah, itulah beberapa es tradisional Indonesia. Dimana rasanya yang khas membuat es es tradisional Indonesia tersebut tidak kalah nikmat dari es modern atau hasil inovasi masa kini. Selamat mencoba.


Kata Kunci Halaman Ini:

es sirup merah sama susu, es tradisional indonesia, sirop yang digunakan pada es goyobod