Mulai Hari Dengan Makanan Yang Mengandung Vitamin D

Posted on

ArenaWanita.com | Makanan Yang Mengandung Vitamin D – Kekurangan satu vitamin saja dalam tubuh bisa mendatangkan berbagai penyakit. Salah satu vitamin yang agak dikesampingkan selama ini adalah vitamin D. Hal tersebut mungkin disebabkan karena vitamin D hanya dibutuhkan oleh tulang.


Namun, pernahkan anda berpikir bahwa tulanglah yang selama ini menunjang aktivitas kita. Ketika pergi bekerja, berjalan, menaiki tangga, duduk, dan lain sebagainya semuanya ditunjang oleh tulang.

Tanpa tulang yang sehat, aktivitas tidak akan berjalan lancar. Kekurangan vitamin D juga sangat berbaya karena bisa mempercepat osteoporosis. Penyakit ini adalah pengeroposan pada tulang yang lazimnya terjadi pada orang di atas enam puluh tahun namun sekarang bisa menyerang orang paruh baya. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, mari biasakan memulai hari dengan makanan yang mengandung vitamin d.

Salah satu sumber vitamin d yang gratis dan mudah di dapat adalah sinar matahari. Memang benar sumber yang satu ini bukanlah berupa makanan tapi sering kali diabaikan. Cuaca panas di Indonesia membuat orang-orangnya berpegian dengan jaket. Tentunya budaya seperti ini mempersulit cahaya menyerap vitamin d yang dibagikan secara gratis oleh sinar matahari.

Vitamin d yang diberikan oleh sinar matahari paling baik terdapat pada jam enam pagi sampai jam sembilan. Jadi, jika anda berpegian pada jam itu, biarkan kulit bebas dan menyerap sinar matahari pagi untuk kesehatan. Beralih pada makanan yang mengandung vitamin d, ternyata telur memiliki kandungan vitamin ini cukup tinggi. Akan tetapi, kandungan vitamin d telur hanya terdapat di kuningnya saja.

Makanan Yang Mengandung Vitamin D

Selain telur, makanan yang mengandung vitamin d adalah kedelai. Tidak hanya kedelainya saja, makanan olahannya pun juga mengandung vitamin d. Jangan sekali-kali meremehkan kandungan makanan olahan seperti tempe dan tahu karena selain murah ternyata juga kaya akan vitamin d. Tentunya, anda bisa memulai hari dengan variasi makanan sehat seperti nasi dengan tempe dan tahu, atau roti dengan telur.

Baca juga:

Makanan-makanan tersebut mengandung vitamin d yang juga berfungsi untuk mencegah penyakit tulang lain seperti rakitis. Jika sarapan seperti itu dirasa terlalu berat, maka cobalah mengkonsumsi susu kedelai. Alternatif ini sangat bermanfaat terutama jika anda alergi dengan susu sapi. Faktanya, kandungan vitamin d pada susu kedelai lebih tinggi dari pada kandungan vitamin d pada susu kambing.

Nah, sekarang anda sudah tahu pentingnya mengkonsumsi vitamin d yang cukup. Selain baik untuk tulang, berbagai penyakit juga bisa dicegah. Jangan lupa untuk menyempatkan diri menyantap makanan bervitamin d setiap hari. makanan-makanan tersebut sebenarnya tidak mahal dan mudah didapatkan. Hapuskan segera makan makanan cepat saji. Memang dari segi rasa, makanan cepat saji dirasa jauh lebih enak. Namun ditinjau dari segi kesehatan, makanan yang mengandung vitamin d tentunya jauh lebih bermanfaat untuk anda kedepannya. Mulailah hidup sehat dari sekarang.