Mulai Saat Ini Jangan Pernah Buang Minyak Bekas Menggoreng Lagi, Berikut Ini Adalah Cara Memanfaatkannya

Posted on

ArenaWanita.com – Apakah AW’ers mempunyai minyak jelantah ataupun minyak goreng sisa? Untuk AW’ers yang punya, ada baiknya jangan terlalu cepat dibuang. Kenapa? Karena selain bahayanya yang dipakai berkali kali, limbah minyak goreng ternyata bisa merusak lingkungan jika dibuang sembarangan.

Untuk mengatasinya, AW’ers bisa mengumpulkan minyak goreng bekas tersebut kedalam wadah khusus. Kok dikumpulkan? Iya dong, minyak goreng bekas tersebut dapat digunakan untuk kebutuhan AW’ers sehari – hari loh. Kebutuhan apa saja yang bisa dimanfaat dari minyak goreng bekas ini, simak artikelnya berikut ini.

Bahan Bakar Lampu Minyak

Ternya minyak jelantah dapat digunakan untuk bahan bakar lampu minyak. Hal ini sangatlah berguna dan bisa AW’ers coba ketika tiba – tiba terjadi pemadaman listrik.

Adapun cara pembuatannya cukup mudah, siapkan wadah atau tutup kaleng yang tidak terbakar atau bocor saat terkena api. Minyak jelantah dituangkan ke dalam wadah atau tutup kaleng tersebut. Lalu ambilah sedikit kapas kemudian padatkan kapas tersebut. Simpan kapas pada bagian tengah tutup kaleng atau wadah tersebut. Diamkan beberapa menit sampai kapas menyerap dan basah akibat minyak jelantah  Terakhir, bakarlah kapas tersebut dengan memakai korek api sampai apinya muncul seperti lampu minyak.

Bahan Bakar Biodiesel

Beberapa mahasiswa yang berasal dari Universitas Islam Indonesia daerah Jogja berhasil merubah minyak goreng bekas menjadi bahan bakar biodiesel. Salah satu perwakilan kelompok mahasiswa tersebut, Kharis Pratama, mengatakan jika pemanfaatan minyak jelantah sebagai bahan bakar biodiesel mempunyai kualitas yang bagus. Hal ini dikarenakan rendahnya kandungan air didalamnya (kurang dari 1 %).

Mulai Saat Ini Jangan Pernah Buang Minyak Bekas Menggoreng Lagi, Berikut Ini Adalah Cara Memanfaatkannya

Tentu saja kelompok mahasiswa ini tidak asal membuat bahan bakar, mereka selalu berkonsultasi dengan dosen pembimbing terlebih dahulu agar dapat menemukan cara cepatnya. Setelah puluhan kali uji coba, akhirnya mereka menemukan celah yakni dengan reaksi transesterifikasi. Reaksi tersebut sangat membantu proses konversi yang memakai cara mengaliri minyak jelantah dengan listrik.

Sebelum listrik dialiri, batang logam secara khusus dilapisi terlebih dahulu dengan kitosan gel. Hasil dari reaksi transesterifikasi tersebut merubah minyak goreng bekas menjadi 2 lapisan. Dimana lapisan yang warnanya kuning keruh adalah lapisan biodiesel, sedangkan lapisan warna coklat adalah lapisan gliserol.

Sabun Cair

Limbah minyak jelantah juga ternyata bisa digunakan sebagai bahan tambahan untuk membuat sabun cair. Gregorius Rionugroho (mahasiswa Jurusan Teknik Kimia UNDIP), berhasil memanfaatkan minyak goreng bekas dan abu kulit buah kapuk menjadi sabun cair.

Kata Kunci Halaman Ini:

cara memanfaatkan parfum bekas

Baca Juga: